Kamis, 11 April 2019

Awali Kecerdasan Anak dengan Stimulasi Pijat Bayi

Setiap ibu pasti ingin yang terbaik untuk tumbuh kembang optimal ananda. Begitu juga ibu Wynne Lukman, Branch Manager Johnson’s Baby. Beliau bercerita walau bekerja selalu menyempatkan waktu untuk memijat sendiri sang anak. Kalau tidak bisa, ada asisten yang menggantikan dengan dilatih terlebih dahulu. Memberi stimulasi berupa sentuhan termasuk pijat bayi banyak manfaatnya. Saluran pencernaan bayi menjadi lancar dan makanan lebih dapat diserap dengan baik. Meningkatkan kesehatan psikologis bayi, juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas dan kepadatan mineral tulang.

Wynne Lukman

       Oleh karena itu, Johnson’s berkomitmen menyebarkan kampanye sentuhan cinta. Program ini mendorong para Ibu di Indonesia untuk mendukung pentingnya stimulasi sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya selama periode emas yaitu 1000 hari pertama kehidupan. Dalam menjalankan kampanye tersebut, Johnson’s bekerja sama dengan Habitat For Humanity untuk membangun pusat kesehatan anak (Posyandu) di Desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur.

                Johnson’s mengajak para Ibu di Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam program tersebut dengan cara berdonasi melalui pembelian produk sebagai berikut :
-      Setiap pembelian produk Johnson’s di Alfamart dan Shopee senilai minimum Rp 25.000

-      Setiap pembelian Johnson’s Oil 125 ml atau Top-To-Toe Bath 400 ml atau baby lotion 200 ml di toko-toko lainnya yang berpartisipasi dalam program sentuhan cinta.

Dari transaksi di atas, para ibu secara otomatis dapat menyumbangkan Rp 500,- (lima ratus
rupiah) guna membantu pembangunan Posyandu di Randusongo, Gresik, Jawa Timur agar bayi dapat tumbuh sehat dan berkembang secara optimal. TIdak berhenti disitu saja, untuk memastikan bayi Indonesia mendapatkan perawatan terbaik. Johnson’s melakukan roadshow edukasi pelatihan pijat bayi ke 15 kota di Indonesia bersama 22 orang Tim Edukasi Profesional dari Johnson’s. Sebelum di Surabaya, 6 April 2019 tepatnya di Ibis Styles Hotel, kampanye Sentuhan Cinta telah terselenggara di Desa Onan Runggu, Sumatera Utara, Tapanuli Utara, Sumba Tengah, dan Ambon.

dr. Dyah Retno

                Dokter Dyah Retno Wulan S.PA menjelaskan pentingnya 1000 hari pertama kehidupan yaitu sejak pertemuan sperma dan ovum sampai 2 tahun setelah itu. Ada hal-hal yang tidak bisa diulang contohnya pembentukan struktur otak. Sehingga pemerintah sangat concern terhadap ini.

Praktek Pijat Bayi

                
Salah satu kebutuhan dalam periode emas tersebut adalah stimulasi, aktivitas yang harus dilakukan dua arah. Stimulasi inilah yang akan jadi bekal kecerdasan anak. Stimulasi pertama saat bayi baru lahir yaitu IMD, skin to skin contact. Jenis stimulasi ada banyak. Sikap orangtua juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan anak secara jangka panjang dan bagaimana nantinya anak mampu menghadapi tekanan. Stimulasi sensorik selama pijat telah terbukti membantu otak bayi untuk berkembang dan bekerja lebih cepat.


                Bayi yang terbiasa dipijat, cenderung lebih mudah untuk bersosialisasi, mereka cenderung melakukan kontak mata jika bertemu dengan orang lain, senyum dan berbicara dengan ramah. Sesering mungkin sebaiknya dilakukan stimulasi. Waktu maksimal melakukan stimulasi adalah saat mandi. Ritual mandi dan pijat dengan menggunakan produk yang tepat untuk bayi adalah waktu ikatan antara orang tua dan bayi. Hal tersebut dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur bayi.


                Tips dari dokter Dyah untuk memastikan bayi sehat, nyaman dan happy, sehat adalah saat sejak bayi dilahirkan, ia akan menggunakan inderanya untuk melanjutkan bonding yang dimulai dari kandungan.  Kebersihan, orang tua harus menjaga kebersihan yang menempel di kulit bayi ( baju, handuk) juga kebersihan peralatan yang digunakan (alat makan, mainan). Bayi juga membutuhkan kasih sayang dan keamanan. Pastikan jangan membuat bayi tidak nyaman karena bau tajam, suhu ekstrim, tekstur kasar, suara keras, dan cahaya yang terlalu terang.

2 komentar:

  1. Seru juga ya mb, belajar pijat bayi.. Kita jadi tahu tekniknya, juga tips2 seputar pijat memijat debay

    BalasHapus
  2. saya juga menyediakan layanan pijat dewasa www.alirochmad.com

    BalasHapus