4 Fakta Menarik Zaizatun Nihayati, Istri Mahfud MD Cawapres 2024

Zaizatun Nihayati


Peta perpolitikan Indonesia mnuju pemilu 2024 tampak makin jelas. Telah diumumkan beberapa kandidat capres dan cawapres yang akan melenggang untuk memperebutkan kursi lembaga eksekutif itu. Salah satunya adalah Mahfud MD.

Mahfud MD merupakan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) pada kabinet presiden Jokowi. Pada tanggal 18 Oktober 2023 lalu, Mahfud MD resmi diumumkan menjadi cawapres diusung oleh Perindo yang akan mendampingi Ganjar Pranowo dari PDI-P.

Di balik kesuksesan tersebut tentunya ada sosok pasangan yang mendampingi dan mendukung dalam segala situasi. Beliau adalah ibu Zaizatun Nihayati. Ada beberapa fakta menarik yang harus diketahui, berikut ulasannya:

1. Merupakan Putri dari Santri Gontor

Zaizatun Nihayati lahir di Jember pada 18 November 1959 dari pasangan H. Sya'roni dan Hj. Shofiyah, sang ayah adalah juragan tebu di Jember sementara sang ibu adalah seorang ibu rumah tangga. Ayah Nihayati adalah seorang tokoh masyarakat Semboro, Jember. 

Selama bertahun-tahun beliau dikenal sebagai Direktur Kelompok Koperasi. Haji Sya'roni pernah jadi santri di Pondok Pesantren Bumiayu dan kemudian melanjutkan ke pesantren Modern Gontor. Setelah lulus beliau pindah ke Jember dan menikah dengan Hj. Shofiyah. Dari pernikahan tersebut dikaruniai 8 orang anak dan Zaizatun Nihayati merupakan anak kedua.

2. Cinta Bersemi di UII Jogja

Mahfud MD dan Zaizatun Nihayati saling mengenal sejak masih mengenyam pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Jogja. Ketika masih menjadi mahasiswa tahun 1978, Mahfud MD dan Zaizatun Nihayati tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Karena sering bertemu di kampus maupun dalam organisasi muncul benih-benih cinta. 

Kala itu, banyak yang ingin mendekati ibu Zaizatun Nihayati termasuk Mahfud MD. Sampai akhirnya Mahfud MD yang terpilih memenangkan hati ibu Zaizatun Nihayati sebab pak Mahfud MD memperkenalkan identitasnya sebagai orang yang berprestasi.

Mahfud MD menyukai yatie, panggilan akrab ibu Zaizatun Nihayati karena memiliki kepribadian berbeda, dianggap memiliki temperamen yang percaya diri, dan punya pandangan positif terhadap masa depan. 

Ada kejadian unik di tengah proses pendekatan mereka, Yatie yang berasal dari keluarga mampu, saat teman-teman lain berjalan kaki atau naik sepeda ke kampus, Yatie mengendarai sepeda motor vespa. Karena memiliki motor sendiri inilah Yatie sering ditugaskan mengantar undangan pada para senior dan pak Mahfud MD membantu. Motor vespa pun jadi perantara kedekatan mereka.

3. Sebelum Menikah Sempat Jadi Guru SMA

Walau lulus sebagai sarjana hukum, Zaizatun Nihayati memilih profesi sebagai guru. Yatie sempat mengajar siswa SMA sampai menikah. 

Lalu ketika Mahfud MD menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia (Menkopolhukam) sejak 2019, Zaizatun Nihayati meninggalkan pekerjaannya dan pindah ke Jakarta menemani sang suami.

4. Dikaruniai 3 Orang Anak

Sampai saat ini, Mahfud MD dan Zaizatun telah menjalani pernikahan 41 tahun sejak 1982 dan telah dikaruniai 3 orang anak. Pertama, Mohammad Ikhwan Zein lahir 15 Maret 1984 merupakan alumnus Fakultas Kedokteran UGM. Anak kedua bernama Vina Amalia lahir 15 Juli 1989 yang merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Unair.

Sementara putra bungsu mereka bernama Royhan Akbar lahir 8 Februari 1991 lulusan S2 Bisnis Internasional Jurusan Hukum Columbia University, New York, Amerika Serikat. Identitas anak Mahfud MD sengaja dirahasiakan dari publik. Mereka diajarkan untuk sederhana, saking sederhananya kerap tak dikenal sebagai anak menteri. 

Komentar

Postingan Populer