Kamis, 19 September 2019

Aku Pintar Berwudhu - Dian K.

Mengajarkan anak untuk beribadah bisa dilakukan dengan membaca buku bergambar. Salah satunya, buku Aku Pintar Berwudhu karya Dian K. Berwudhu merupakan syarat sah sholat yang jika dilakukan kurang sempurna maka sholatnya bisa jadi tidak diterima Allah SWT, Tuhan kaum Muslim. 

Sampulnya cukup menarik, menggambarkan dua anak sedang berwudhu dengan font ceria berwarna-warni dan background biru cerah mencuri perhatian. 

Di bagian belakang, terdapat sinopsis bahwa sebenarnya buku ini bercerita tentang Ferouz dan Ali yang akan menunaikan shalat maghrib bersama. Saat Ferouz ingin mengajaknya berwudhu, Ali tidak mau karena dia sudah mandi. Benarkah jika sudah mandi maka Ali tak perlu berwudhu lagi? Kalian bisa temukan jawabannya dalam buku. Terdapat juga panduan melaksanakan sholat lho! Cocok buat hadiah anak yang baru belajar sholat. 

Kertas buku cukup tebal dengan gambar mendominasi. Kalau dibuat perbandingan, tulisan dibanding gambar adalah 20 : 80. Bagus untuk menjelaskan cerita kepada anak. Sayangnya, ukuran huruf kurang besar dan dibold hanya pada bagian tertentu. Untuk anak yang baru belajar membaca akan mudah lelah matanya.

Lebih asyik jika cetakan selanjutnya, huruf dibuat lebih besar sedikit dan dibold. Tak hanya membahas pentingnya berwudhu, diajarkan juga niat berwudhu dalam bahasa Arab, latin beserta artinya.

Ada juga cara berwudhu dimulai dari membaca basmallah, sunnah dan wajib dalam berwudhu


Tak ketinggalan, dalam buku tokoh ibu membimbing para anak tersebut untuk mengucapkan doa setelah berwudhu. 

Sebagai bonus, ternyata buku Aku Pintar Berwudhu bukan hanya membahas tentang tata cara wudhu saja lho! Ada pembahasan tentang sholat fardhu mulai dari jumlah rakaat, niat yang diucapkan untuk masing-masing sholat. Bahkan bacaan untuk sholat dan tata cara sholat juga dibahas. Lengkap sekali ya...

Kita juga bisa memberikan aktivitas setelah membaca buku pada anak-anak, bagian akhir buku terdapat tiga lembar kerja yang seru.

Karya dari mbak Dian K ini sudah cukup banyak. Selain menulis buku anak, dia juga menulis buku fiksi remaja. Cara bertutur yang apik membuat beberapa bukunya diresensi pembaca di Goodreads.

Belinya dimana mbak? 
Saya dulu beli langsung ke kantor Mizan Surabaya, Jl. Karah. Cek di beberapa toko buku online masih ada.

Kesimpulan saya, Aku Pintar Berwudhu sangat saya rekomendasikan dibeli oleh para orangtua baru, guru ngaji, atau ibu bapak yang ingin memberikan hadiah bermanfaat bagi ponakan, cucu atau siapa saja yang sedang belajar sholat untuk pertama kali.

Aku Pintar Berwudhu
Penulis: Dian K
Ilustrasi : Ferry Magenta Studio
Penerbit: Qibla
Halaman: 42 halaman
Kategori: Agama Islam/
ISBN: 9789790743496

9 komentar:

  1. Bagus nih bukunya, Di Taman Baca ku belum ada. Next time mau beli ini buat koleksi

    BalasHapus
  2. Iya setuju mbak, kalau buku ini bisa dijadikan kado buat anak. Bukunya mendidik dan mudah dipahami anak-anak dengan gambar-gambarnya.

    BalasHapus
  3. saya suka tulisan ulasan buku, informatif

    BalasHapus
  4. Pas banget kemarin Jumat saya kasih materi tentang bersuci ini, Mbak. Memang wudhu itu vital dan mesti disampaikan kepada anak-anak karena jadi syarat sah shalat. Kalau belajar lewat buku begini jadi asyik deh, penuh gambar warna-warni bikin anak betah belajar. Ditambah paktik langsung pasti joss!

    BalasHapus
  5. Emang ya mbak, desain buku yang warna-warni bisa menarik minat anak dalam membacanya. Anak juga jadi nggak gampang bosan karna ilustrasi gambar yang lucu. Apalagi isinya bermanfaat banget.

    BalasHapus
  6. https://guslitera.wordpress.com/2019/10/07/sensasi-kenyal-dawet-bathil-bu-yana/

    BalasHapus
  7. Ini bukunya terbitan baru mbak? Bagus nih buat keponakan yang masih SD

    BalasHapus
  8. Bagus ya bukunya..
    Ih nama penuslisnya sama seperti namaku..
    Hehe

    BalasHapus
  9. Wah jadi dapat ide untuk ngasih hadiah , segera cari ah

    BalasHapus