Sabtu, 15 Februari 2020

FASTRON AND ENDURO EXPERIENCE, OLI MURAH TAPI NGGAK MURAHAN

Umur berapakah kamu belajar mengendarai motor hai netizen? Saya mulai belajar saat kelas 3 SMP, tapi sampai punya SIM umur 18 tahun saya baru boleh mengendarai motor ke sekolah. 

Banyak pengalaman seru selama menjadi pengendara motor tapi masih belum sadar pentingnya merawat motor. Sampai akhirnya motor jadi gampang panas dan boros bahan bakar, saat dibawa ke bengkel montir menyarankan untuk rutin ganti oli. 

"Mbaknya mending ganti oli sebulan sekali atau kalau kilometer motor kelipatan 4000. Keluar uang 40 ribuan daripada keluar uang 1,5 juta untuk turun mesin."

Saya kaget ternyata sangat penting mengganti oli motor. 

CIRI MOTOR BUTUH GANTI OLI


Pada akhirnya saya bertanya lebih lanjut kapankah motor sebaiknya harus ganti. Pertama, suara mesin kasar. 

Semakin sering digunakan, oli mengalami penurunan kualitas. Penurunan kualitas oli dapat memicu keluarganya suara atau bunyi kasar pada motor saat mengoper gigi atau saat mesin digas. 

Kedua, tekstur. Kamu bisa melihat kapan oli harus diganti dari tekstur yang berpasir.
Caranya dengan membuka penutup oli mesin dan angkat stick atau pipet. 

Coba cek, apakah cairan oli halus atau terasa kasar. Jika saat dioleskan ke jari, oli terasa kasar atau ada partikel, berarti oli sudah terkontaminasi dan harus diganti.

Ketiga, catat waktu ganti oli dan kilometer motor. Waktu terbaik motor ganti oli adalah sebulan sekali atau saat kilometer motor sudah kelipatan 4000. 

Makin sering digunakan beraktivitas maka oli motor juga sebaiknya sering diganti. Terutama jika tinggal di kota besar yang sering macet. 


FUNGSI OLI UNTUK MESIN ITU APA? 


Daritadi kita berbicara soal oli, maka mesti bicara juga fungsi untuk mesin adalah

1. Mendinginkan komponen mesin yang paling aktif bekerja. Oli akan meredam panas yang berlebihan yang dihasilkan oleh mesin.

2. Oli mesin juga bisa membantu membersihkan komponen. Pelumas memiliki zat aditif yang bisa membersihkan komponen di dalam mesin.

3. Menghaluskan suara mesin. Jika mesin motor bersuara kasar, kemungkinan berasal dari oli yang sudah lama tidak diganti. Oli ini berperan sebagai peredam suara agar membuat mesin terdengar halus.

4. Mencegah mesin berkarat. Oli memiliki aditif yang berfungsi sebagai anti karat yang efektif membantu mesin berbahan dasar logam.

JADI APA OLI PILIHANMU? 


Setelah searching dan tanya sana sini, saya mantap memilih oli keluaran Pertamina. Pertamina memiliki berbagai oli motor sesuai mesinnya. 

Motor yang saya pakai adalah bermesin 4 T jadi saya pakai Enduro 4T SAE 20W-50. Enduro 4T SAE 20W-50 adalah pelumas bermutu tinggi yang diformulasikan dari bahan dasar mineral berkualitas dan aditif-aditif pilihan, yang didesain khusus untuk motor empat langkah. 

Enduro 4T SAE 20W-50 adalah produk berkekentalan ganda yang stabil memberikan kemudahan bersirkulasi pada temperatur rendah dan tinggi. Keunggulan pelumas Enduro 4T SAE 20W-50 telah memenuhi tingkatan mutu API SJ dan JASO MA (approved) ini, antara lain memudahkan sirkulasi pelumas pada saat start up dan memberikan efek pendinginan, serta pelumasan optimal pada temperatur dan kecepatan operasi tinggi.

Enduro 4T SAE 20W-50 juga dapat mencegah slip pada kopling basah, memiliki stabilitas oksidasi dan degradasi yang sangat baik pada temperatur operasi tinggi. Selain itu, pelumas ini dapat menjaga kebersihan mesin serta memberikan perlindungan sangat baik terhadap pembentukan deposit pada piston, serta memberikan akselerasi optimal sehingga motor dapat melaju lebih cepat.

BERAPAKAH HARGA OLI PERTAMINA ENDURO?


Harga Pertamina Enduro

Oli Pertamina cukup terjangkau di kelasnya. Untuk Pertamina Enduro 4T SAE 20-50 (0,8 liter) kisaran Rp. 38.000 sementara Pertamina Enduro 4T Racing (1liter) kisaran Rp. 48.000. 

Sangat bisa dibeli semua kalangan. Jadi, tunggu apalagi yuk rutin cek keadaan oli mesinmu.

Harga Pertamina Enduro

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Back to Top