Rekomendasi Buku NgabuBookRead yang Bisa Temani Ngabuburitmu

Mendengar nama Falcon, ingatan saya tertuju pada beberapa karya yang memikat hati masyarakat Indonesia. Dari Falcon Pictures lahir film Dilan 1990, Warkop DKI Reborn, Si Doel, Benyamin Biang Kerok, dan lain sebagainya. Falcon Pictures didirikan pada 1 Februari 2010 oleh HB Naveen dan Frederica. Falcon Pictures juga memiliki anak perusahaan, Max Pictures

Saya yakin, kalian sudah pernah menonton satu diantara banyak film yang dihasilkan mereka. Kalau saya, masih gagal move on dari trilogi Dilan. Relate dengan kehidupan anak SMA pada masanya dan saat ini. Kualitas sinematografi dan pemilihan kru jangan ditanya, mereka selalu berhasil memukau penonton sehingga rata-rata menjadi box office mampu mencetak angka penjualan tiket yang bagus.

Pada Desember 2016, Falcon Pictures merambah industri penerbitan dengan membuat Falcon Publishing. Seperti diketahui, Falcon Pictures terkenal spesialis produksi film adaptasi novel atau remake film lawas. Adanya penerbitan, mempermudah sinergi dari novel diubah ke film atau sebaliknya film dirupakan novel.

Momen Ramadan 2021, Falcon Publishing menggelar event ngabuBookRead. Membuka pre order 10 buku pilihan dengan gratis ongkir dan bonus tanda tangan penulis serta berlangganan 2 bulan website film streaming Klikfilm. Sayang sekali kalau dilewatkan, apalagi buku-bukunya jenis bacaan ringan yang cocok menemani saat santai menanti adzan Maghrib.


Saya berkesempatan membaca preview dari kesepuluh buku tersebut. Nah, dalam tulisan ini saya ingin berbagi cerita singkat tiga buku yang menurut saya menarik. Kalian mesti simak sampai akhir ya!

1. Istri Kedua Gus - Anisa AE



Excited waktu tau cerita ini dibukukan, berawal dari grup Komunitas Belajar Menulis ternyata Istri Kedua Gus disukai banyak orang akhirnya sang penulis mencari penerbit mayor. Ternyata berjodoh dengan Falcon Publishing dan dalam waktu dekat, kisah Istri Kedua Gus akan difilmkan. 

Apa sih yang membuat Istri Kedua Gus berbeda dengan cerita novel kebanyakan selain latarnya yang pesantren?

Di dalam novel ini, menceritakan sosok Khoirun Nisa, seorang wanita yang buruk rupa karena luka di wajahnya saat kecil. Luka itu yang membuatnya dibully hingga tak ada yang melamarnya sampai dewasa.

Akhirnya datang Ning Miftah, pengantin yang baru menikah untuk melamar Nisa sebagai madunya. Tanpa diketahui oleh Nisa, ijab kabul telah dilaksanakan pada hari itu juga karena permintaan Gus Azzam, sang suami.

Di sini terjadilah pergolakan batin antara Nisa dan Ning Miftah. Nisa yang tak mau dijadikan istri kedua karena merusak rumah tangga orang lain, juga Ning Miftah yang terkejut karena sang suami yang tiba-tiba ingin menikah hari itu juga.

Tentang Ning Miftah, sang istri pertama, tapi tidak mendapatkan malam pertama suaminya. Juga tentang kisah cinta pertama yang akhirnya bermuara. 

Nah, bagaimana kisah selanjutnya? Yakin nggak penasaran? Berisi 40 part dengan jumlah halaman 340+. Ada 47.000+ kata di dalamnya. 



2. Filosofi Endog - Arnold Poernomo


Melalui karya pertamanya ini, Chef Arnold memberikan gambaran bagaimana mental yang seharusnya kita miliki untuk menghadapi naik turunnya kehidupan. Dan juga resep hidup untuk tangguh bergelut di dunia nyata maupun dunia maya. Dengan gaya bahasa Chef Arnold yang medok khas Suroboyo, saya seolah sedang diajak mengobrol. 

Dua puluh lima tahun berasal dari kota sama, membuat saya memahami gaya bertutur Chef Arnold dalam masterchef maupun buku Filosofi Endog yang kata orang luar Surabaya kasar padahal dalam hati orang Surabaya baik lho. Seperti beberapa YouTuber yang membuat buku, Filosofi Endog coba menampilkan sisi lain Chef Arnold yang tidak ditemui pada vlog memasaknya. Lantas, apa hubungannya endog (telur) dengan buku ini? Makanya kalian harus beli dan baca buku Filosofi Endog sendiri. 

3. Si Juki Anak Kosan


Kalau dunia nyata punya Dilan, maka komik punya Si Juki. Bocah tengil dengan berbagai cerita ajaibnya. Si Juki adalah karakter komik karya Faza Ibnu Ubaidillah yang lebih dikenal dengan nama terkenal Faza Meonk. Kegelisahannya terhadap perkembangan karakter lokal yang dianggap kurang populer di masyarakat memotivasinya untuk mengembangkan si Juki agar dikenal oleh masyarakat luas. 

Baru genap setahun, komik Si Juki sudah mendapat respon yang cukup baik. Bahkan tahun 2017 akhirnya dibuat film Si Juki The Movie sukses mencatat box office dengan total penjualan tiket lebih dari 500 ribu penonton. Film animasi lokal pertama yang bisa mencapai rekor tersebut. 

Si Juki anak Kosan berkisah tentang kehidupan Juki saat kuliah dan berkumpul dengan teman-temannya dalam rumah kos. Mengundang tawa sebab ada saja kelucuan yang terjadi, baca sendiri ya dijamin suka.

So, tunggu apalagi segera ikut pre order di toko buku online di atas atau cek instagram Falcon Publishing untuk update terbaru kapan buku-buku tersebut masuk toko buku offline. 







9 komentar

  1. Chef Arnold kreatif banget ya. Saking cintanya sama masak sampe ada filosofi makanan kaya endog ini

    BalasHapus
  2. Mupeng sama Filosofi Endoh, selama ini Chef Arnold eksis di medsos dengan meme dan persona yang ngegas. Apakah beneran seperti itu? Bisa dibaca di bukunya, ga sabar.

    BalasHapus
  3. Aku kepo sama Filosofi Endog nya Chef Arnold kayaknya bakalan nemu banyak insight kalau baca ntu Buku

    BalasHapus
  4. Kalau denger kata Falcon yg di kelala aku malah My Stupid Boss.. cerita paling favorit terus dibuat film pemerannya Reza Rahadian.

    BalasHapus
  5. Keren nih Anisa AE kawan blogger yang novelnya diterbitkan dan bakal jadi film layar lebar ya..

    BalasHapus
  6. Seru seru semua buku buku falcon. Penasaran euy buat baca

    BalasHapus
  7. Bisa samaan banget si mbak ketiganya di review aku juga ngereview ini.
    Seru semuanya dan memberikan banyak warna

    BalasHapus
  8. Si Jukiii, pasti ceritanya tingkahnya akward banget ya sebagai mahasiswa plus anak kosan Indonesia pula, pasti relate banget dengan kehidupan nyata yang rada nyeleneh

    BalasHapus
  9. Oo aku baru ngeh bahwa ternyata Falcon publishing itu anak perusahaan Falcon ...pantesan berasa familiar dg nama Falcon. Pantesan buku2nya keren keren banget ini

    BalasHapus