Menabung untuk Mewujudkan Keluarga Merdeka Finansial? Begini Caranya

Menabung

Kekhawatiran ibu rumah tangga bukan hanya soal mengurus anak, suami dan rumah tetapi juga kondisi ekonomi. Setiap ibu rumah tangga tentunya memiliki impian untuk bisa merdeka secara finansial baik untuk keluarga dan diri sendiri. 

Menabung bisa menjadi solusi utama Anda yang saat ini menjalani hari-hari sebagai ibu rumah tangga. Anda bisa buka rekening online sebagai langkah awal menabung. Seperti upaya lengkap yang bisa dilakukan sejak dini? Langsung saja cek infonya. 

4 Upaya Merdeka Finansial dengan Kegiatan Menabung 

Tidak sedikit ibu rumah tangga yang mengeluhkan soal uang di Indonesia. Mengutip dari Kompas.com, 60% ibu rumah tangga mengalami kesulitan dalam mengatur anggaran keuangan keluarga. Sulitnya mengatur keuangan ini bisa terjadi karena faktor eksternal seperti pandemi Covid 19 yang membuat pemasukan berkurang. 

Ada juga faktor internal seperti komunikasi dengan pasangan. Misalnya ketika ingin menabung untuk tujuan tertentu dan buka rekening online Anda tidak bercerita dengan suami. Padahal jika sudah dibicarakan, Anda justru bisa menabung bersama dengan porsi yang tepat. 

Anda dan pasangan bisa mulai berkomunikasi dengan baik dan mulai menabung dengan cara yang tepat. Apa saja upaya yang bisa dilakukan, cek daftarnya berikut ini. 

  1. Menentukan Tujuan Hidup Bersama 

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menentukan tujuan hidup bersama pasangan. Layaknya sebuah keluarga, ada banyak tujuan-tujuan yang harus dicapai. Seperti memiliki rumah, biaya pendidikan anak, memiliki kendaraan yang nyaman seperti mobil dan masih banyak lagi. 

Berawal dari tujuan tersebut Anda bisa merencanakan berapa lama waktu menabung dan cara-cara meraihnya. Apakah istri harus ikut bekerja atau mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan selain gaji dari suami, dll.  

  1. Membuat Anggaran dan Skala Prioritas 

Tujuan sudah diketahui, menabung tentu jadi bagian penting. Namun berapa uang yang harus ditabung dan bagaimana soal pengeluaran? Anda bisa membuat anggaran pengeluaran per bulan dan anggaran khusus menabung. 

Merdeka finansial

Anggaran bisa dibuat berdasarkan skala prioritas. Bedakan mana kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan adalah hal yang harus dipenuhi seperti makan, transport, listrik, air, dll. Sedangkan keinginan merupakan gaya hidup seperti hiburan dengan menonton bioskop, jalan-jalan, dll.  

  1. Membuat Tabungan Terpisah 

Maksud tabungan terpisah ini adalah disesuaikan dengan tujuan menabung masing-masing. Anda bisa buka rekening online beberapa macam, seperti untuk menabung DP rumah dan satu lagi untuk kebutuhan hidup. 

Membagi rekening ini memudahkan Anda untuk mengontrol dan memastikan dana tabungan telah masuk setiap bulannya. Kebutuhan akan tujuan-tujuan pun bisa tercapai tepat waktu sesuai yang sudah direncanakan. 

  1. Jangan Ragu untuk Berinvestasi

Saat memulai berkeluarga, investasi jadi cara paling cepat untuk segera sampai pada kebebasan finansial. Apalagi sekarang investasi bisa dilakukan dengan mudah, banyak rekening yang terintegrasi dengan sistem investasi seperti Reksa Dana. 

Ketahui apa jenis investasi yang cocok mengikuti tujuan keuangan Anda. Kenali juga apa risiko dari masing-masing investasi sehingga Anda bisa mengambil langkah antisipasi risiko sejak dini. Cara daftar bank online dengan tujuan investasi pun tidak sulit, asalkan Anda memilih platform yang tepat. 

Sambil memilih jenis investasi, Anda juga perlu mencari mana platform online yang akan membantu investasi jadi lebih mudah. 

Platform Buka Rekening Online Paling Praktis 

Berbicara soal platform, Aplikasi digibank by DBS menawarkan keduanya. Anda bisa membuka rekening secara online sekaligus melakukan investasi. Cukup dengan satu platform, tujuan Anda untuk bisa segera bebas finansial akan segera tercapai. 

Secara lengkap kelebihan menggunakan aplikasi ini adalah:

  1. Pembukaan Rekening dari Mana Saja 

Aplikasi digibank by DBS menawarkan akses pembukaan tabungan tanpa Anda harus repot datang ke bank. Baik itu bank kantor pusat atau kantor cabang, karena rekening bisa dibuka dari mana saja. 

Cara daftar bank online di Aplikasi digibank by DBS lebih hemat waktu, Anda pun tidak perlu  mengisi dokumen pembukaan rekening yang berlembar-lembar jumlahnya. 

  1. Tahapan Verifikasi yang Fleksibel 

100% digital adalah tema yang diusung digibank by DBS demi memudahkan nasabahnya. Anda yang harus melewati tahapan verifikasi rekening baru hanya perlu mengandalkan kamera hp saja. 

Pada saat mengisi biodata pembukaan rekening baru, Anda hanya perlu verifikasi dengan fitur face biometric dan e-KTP.  

  1. Gratis Biaya Transfer dan Tarik Tunai 

Aplikasi digibank by DBS juga menawarkan bebas biaya transfer dan juga tarik tunai untuk 5x transaksi pertama setiap bulannya. Artinya Anda tidak perlu bingung dana tabungan tergerus biaya admin karena semuanya gratis. 

Termasuk juga dengan tarik tunai yang bisa dilakukan lewat ATM mana saja. Bebas biaya admin ini hanya perlu memenuhi satu syarat, yaitu minimal rata-rata saldo Anda Rp5 juta rupiah per bulan. 

Bagaimana, apakah Anda sudah siap untuk melewati proses menabung sampai bisa bebas secara finansial? Anda dan keluarga terutama pasangan perlu memulai komunikasi supaya kegiatan menabung berjalan lancar. 

Aktivitas buka rekening online pun juga semakin mudah dengan kehadiran Aplikasi digibank by DBS. Kesempatan ini tentu harus Anda manfaatkan, bukan hanya pasangan suami istri saja yang bisa menerapkan cara ini, setiap Anda yang memiliki tujuan merdeka finansial juga bisa memulainya. Instal Aplikasi digibank by DBS dan buka rekening baru sekarang juga. 


Komentar

Postingan Populer