Cewek Harus Tahu! Bagian Motor Ini Perlu Cek Rutin

Waktu ayah masih ada, beliau selalu stand by tiap pekan menyempatkan bawa motor saya ke bengkel untuk diservice. Namun, ketika ayah meninggal saya cukup kebingungan soal mana saja bagian motor yang harus dicek. Akhirnya beberapa kali dapat masalah di jalan. Syukur kalau pas dekat dengan bengkel, kalau enggak ada bengkel atau mesti jalan jauh pasti akan buang waktu dan tenaga. 

Jangan Malas Servis Motor Agar Tak Susah di Jalan

Salah satu masalah yang sering saya alami adalah mesin sulit dinyalakan. Harus berkali-kali distarter. Ternyata akibat busi kotor jarang dicek. Padahal bagusnya busi dicek ketika sudah memasuki jarak tempuh sekitar 6 ribu km dan harus diganti jika sudah berubah kecoklatan, tarikan yang kurang prima, sepeda motor susah dihidupkan, suara motor tersendat, bahkan bisa buat motor terhenti sesaat. 

Menimbulkan potensi bahaya bagi pengendara lain jika kendaraan berhenti mendadak. Tentu kerugian akan makin besar kalau terjadi kecelakaan. Amit-amit deh! Makanya jangan malas untuk memberikan perhatian minim 2 bulan sekali untuk service motor. 

Apalagi di momen lebaran, motor sering digunakan sebagai transportasi mudik maupun warawiri silaturahim ke kerabat atau teman. Kondisinya harus prima untuk memperlancar kegiatan tersebut. Hati pun gembira bertemu orang tercinta. 

Bagian Motor Yang Perlu Dicek Saat Service

Beberapa cewek mungkin bingung kalau disuruh bawa motor ke bengkel. Maka perlu mengandalkan tenaga montir ahli seperti di Planet Ban. 

Nah, saya mau berbagi soal apa saja bagian kendaraan yang perlu dicek agar performa tetap baik untuk mendukung kegiatan harian. Jangan sampai malah tekor karena kurang paham tentang motor kita sendiri. Sebab kadang ada montir nakal yang meminta kita mengganti semua spare part padahal tidak ada masalah. 

1. Oli Mesin

Planet Ban

Bagian penting yang harus rutin diganti adalah oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Disarankan per 2500 km dilakukan penggantian agar mesin tetap terjaga kinerjanya. Kalian harus menyiapkan biaya oli sesuai merk dan biaya jasa.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli

2. Oli Gardan. 

Untuk kalian pengguna motor matic selain oli mesin, perhatikan juga penggantian oli gardan. Oli gardan melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

3. Busi

Nah, ini yang jadi masalah motorku. Busi kotor sehingga kendaraan tidak berfungsi dengan baik padahal busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Untuk itu diperlukan penggantian busi secara berkala.

4. Kampas Rem

Bagian yang cukup penting di sebuah kendaraan adalah rem. Sangat berpengaruh pada keamanan dan keselamatan. Jika kampas rem sudah tipis, rem jadi kurang pakem dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah pentingnya mengecek kondisi kampas rem saat melakukan service motor.

5. Filter Udara

Sama halnya akuarium yang punya filter udara, kendaraan juga ada. Fungsinya menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar tidak ada kotoran yang bisa menyumbat sistem injeksi dan karburator. Mekanik akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum memutuskan apakah filter udara pada kendaraan perlu diganti atau tidak. 

6. Aki atau Accu

Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

7Ban

Pemeriksaan ban juga penting lho dan perlu dilakukan secara berkala. Bahkan seharusnya, kamu memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan motor. Daripada dalam perjalanan nanti kamu harus menuntun kendaraan jauh karena ban bocor bahkan mungkin ganti ban dalam. 

Pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

8. Tune up Motor Rutin

Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepadamu. Kalau kamu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.

Service Motor ke Planet Ban Aja! 

Planet Ban

Sudah sejak lama saya tahu Planet Ban karena cabangnya ada di mana-mana, bahkan di pelosok Lamongan. Walau judulnya Planet Ban dia melayani service untuk berbagai masalah motor. Bahkan menjanjikan servis mesin rasa baru. 

Servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis service motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.



Komentar

  1. Bener, meski nggak ngerti permesinan, paling nggak kita ngerti kapan jadwal motor kita perlu servis, ganti oli, dsb.

    BalasHapus
  2. Aq termasuk yang nggak rutin servis motor mbak, makanya sebelum bulan puasa kemaren eh motor abis banyak pengeluaran karena banyak trouble nya.

    BalasHapus
  3. Aku sepakat sih. Soal servis ini harus dipahami benar sama cewek. Soalnya pengaruhnya pada performa motornya. Sekalipun saya nggak bisa naik motor, loh ya. Hahaha

    BalasHapus
  4. Kadang lupa mau ganti oli padahal ngaruh banget ke performa mesin.

    BalasHapus
  5. Baru inget sekarang kudu ganti ban, mau coba ke Planet Ban ah....

    BalasHapus
  6. Biasanya urusan ganti oli, service dsb urusan laki-laki dirumah. Paling yang bisa aq lakukan sebagai perempuan ya periksa kondisi ban dan juga isi bensinnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer