Ingin Rumah Tampil Kinclong? Ketahui 7 Manfaat Karbol untuk Kebersihan Rumah!

Karbol

Setiap orang pasti menginginkan rumahnya tampil kinclong, bersih, dan wangi. Biasanya, orang menggunakan karbol, yaitu cairan pembersih yang mengandung desinfektan untuk membersihkan lantai rumah. Padahal manfaat karbol atau cairan desinfektan tersebut sangat banyak dan terbukti ampuh membunuh kuman penyebab penyakit yang bersarang dan berkembang biak di dalam rumah Kamu.


Manfaat Karbol untuk Kebersihan Rumah


Tidak banyak orang tahu, sebenarnya karbol berbeda dari pembersih lantai biasa. Karbol terbuat dari arpus atau sisa penyulingan getah pohon pinus. Arpus berwarna putih pekat, coklat susu, atau kehijauan, dengan aroma yang tajam dan sangat menyengat. Arpus bersifat desinfektan yang dapat membunuh kuman, sehingga dimanfaatkan sebagai bahan utama cairan pembersih. Selain untuk mengepel dan membersihkan lantai, berikut ini manfaat karbol untuk kebersihan rumah Kamu.


Membersihkan Kamar Mandi


Kuman penyakit berkembang biak dengan cepat di area lembab seperti kamar mandi. Kuman juga penyebab bau tak sedap di dalam kamar mandi. Kamu bisa memanfaatkan karbol wangi untuk membersihkan kamar mandi. Lakukan pembersihan kamar mandi secara rutin agar kuman hilang dan bau tak sedap bisa dinetralisir. Jika diperlukan, cairan karbol bisa digunakan langsung tanpa harus dilarutkan dalam air. Kamar mandi Kamu akan tampil lebih bersih, kinclong, dan wangi. 


Sparkle

Membersihkan Lantai Rumah


Mengepel lantai, mulai dari teras hingga ke seluruh ruangan menggunakan karbol bisa membuat lantai kesat, bersih, dan bebas kuman. Ini adalah manfaat karbol yang paling banyak diketahui orang. Namun, karbol berbeda dari pembersih lantai biasa, senyawa yang terkandung dalam karbol  ampuh membasmi kuman penyakit. Kamu dan seluruh anggota keluarga bisa beraktivitas dengan nyaman di lantai tanpa perlu khawatir. Untuk penggunaan di dalam rumah, Kamu bisa memilih karbol dengan aroma buah-buahan, bunga, atau serai agar tidak terlalu menyengat di hidung dan mengganggu pernapasan.


Mengusir Serangga


Seringkali rumah masih dipenuhi serangga, seperti nyamuk, lalat, semut, atau kecoa, meski Kamu sudah membersihkan rumah. Hal ini bisa terjadi, jika rumahmu berdekatan dengan got, tanah yang luas dan banyak pepohonan, dekat area penampungan sampah sementara, atau di pemukiman padat penduduk. 


Gunakan karbol untuk menjauhkan serangga yang ada di rumahmu. Aroma karbol efektif mengusir serangga, terutama yang memiliki kandungan minyak serai. Senyawa desinfektan juga sangat ampuh menjaga rumah Kamu bebas serangga dan tetap higienis sepanjang hari.


Membuat Aroma Ruangan Lebih Wangi dan Segar


Manfaat penggunaan karbol lainnya adalah membuat aroma ruangan dalam rumah lebih wangi dan segar. Aroma arpus yang tajam dan menyengat akan menghilangkan bau tak sedap, sehingga aroma ruangan kembali netral dan fresh. 


Kamu bisa menggunakan karbol dengan campuran aroma buah, bunga, atau serai dalam cairan karbol membantu aroma ruangan dalam rumah lebih wangi dan segar sepanjang hari. Aroma segar dan wangi akan membuatmu dan anggota keluarga lainnya betah dan nyaman di rumah.


Membersihkan Bak Cuci Piring


Bak cuci piring sering kotor akibat tumpukan sisa makanan yang menempel atau tertinggal di sana. Sisa makanan berkerak membuat bak cuci piring terlihat menjijikkan dan sulit dibersihkan. Padahal Kamu bisa membersihkan bak cuci piring dengan mudah menggunakan karbol. Bahkan bau tak sedap yang ditimbulkan penumpukan sisa makanan juga bisa dihilangkan sekaligus. 


Lakukan pembersihan setiap kali selesai menggunakan bak cuci piring agar kotoran tidak menumpuk. Gunakan karbol dan sikat kawat agar kerak bisa terangkat dan bak cuci piring bersih dan kinclong kembali.


Membersihkan Kandang Hewan


Kalau Kamu pecinta hewan dan memiliki peliharaan seperti anjing, kucing, atau kelinci di rumah, tentu paham bagaimana kotor dan bau kandang hewan peliharaan. Kandang hewan yang kotor dan bau juga menyebabkan kuman penyakit mudah berkembang biak dengan cepat di dalamnya. 


Untuk mengatasi masalah tersebut, bersihkan kandang hewan peliharaanmu dengan menggunakan karbol wangi secara rutin. Gunakan karbol aroma pinus agar bau tak sedap bisa dinetralisir dan hewan peliharaan juga nyaman berada di dalam kandang.


Membersihkan Permukaan Barang Elektronik


Tidak banyak yang tahu jika karbol juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan permukaan barang-barang di dalam rumah, termasuk furniture dan elektronik. Agar rumah tampil kinclong dan bebas kuman penyakit, Kamu bisa menggunakan karbol untuk membersihkan seluruh isi rumahnya. 


Gunakan kain lap microfiber yang lembut dan larutkan karbol dalam air untuk membersihkan permukaan furniture dan elektronik dari kontaminasi kuman penyakit. Lakukan secara rutin, agar rumah Kamu bersih higienis.


Setelah mengetahui manfaat karbol untuk membersihkan rumah sehari-hari, Kamu bisa menemukan produk yang tepat di Blibli. Marketplace terbesar di Indonesia ini menyediakan aneka kebutuhan rumah tangga dengan lengkap. 


Dengan melakukan pemesanan karbol secara online di Blibli, Kamu juga bisa menghemat anggaran belanja dengan menggunakan promo cashback, diskon, dan gratis ongkir. Belanja online jadi lebih praktis dan menyenangkan di Blibli. Yuk, checkout keranjang belanjamu sekarang juga!


Komentar

  1. kalo diperhatiin banyak banget checklist biar rumah jadi bersih dan sehat

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer