Hendra Coco: Cara Ampuh Dibayar Lebih, Upgrade Skill!

Hendra Coco

TikTok saat ini memiliki banyak pengguna, apalagi karena platform tersebut menyediakan aneka fitur yang berbeda dibanding media sosial lain, seperti adanya keranjang kuning untuk jualan dan live dengan peserta 6-9 orang. Fasilitas tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Lendra Cikicow dan kawan-kawan, mereka yang menamai diri Galigo Art melakukan siaran langsung tiap hari pukul 20.00 WIB.

Pembahasan live seputar kondisi sosial dan budaya Indonesia yang dikemas dengan situasi santai dan penuh guyonan. Salah satu co-host dalam live tersebut adalah Hendra.Coco, pria kelahiran Palembang, 28 Mei 1994 tersebut terlihat selalu hadir menghibur para followernya. Beberapa waktu lalu saya sempat mengobrol dengan beliau, berikut adalah rangkumannya:

Hi Koh Hen, aku penasaran nih apa sih yang membuat Koh Hen tertarik dengan live Lendra Cikicow dan memutuskan menjadi bagian dari co-hostnya?

Hi kak Hanifah, awal mulanya saya scroll TikTok dan di saat itu memang sedang ada masalah jadi butuh hiburan, tanpa disengaja konten kak Lend lewat di fyp (konten comedy) dan buat saya penasaran. Saya pun masuk ke beranda beliau lalu melihat konten-konten lama serta follow TikTok kak Len (di saat itu saya lagi anti medsos dan tidak berani menggunakan nama asli dan foto asli, followers pun belum ada)

Setelah kira-kira 1bulanan, saya ingin coba ikutan gabung livenya Lendra Cikicow. Perjuangan banget tuh kak, karena saya mesti cari 1000 followers sebagai syaratnya. Setelah terkumpul followers, saya komen di roomnya menanyakan cara ikutan live, ternyata rezeki langsung di-notice dan diundang gabung.

Sejak itu, saya rajin mengikuti livenya Kak Len dan beberapa kali gabung akhirnya jadi co-host hingga sekarang.

Wah,seru banget koh! Merasa ada perubahan nggak sebelum dan sesudah jadi seleb TikTok?

Umm, cukup banyak perubahan yang saya rasakan ya. Dulu saya orang yang sangat introvert, susah bergaul dan pemalu. Berkat sering live, saya jadi lebih percaya diri dan bisa mengurangi sifat pemalu. Paling penting sih, lebih tahu arti berbagi dan bersyukur.

Bisa ceritakan dengan singkat kesibukan Koh Hen selain live TikTok sehari-harinya?

Saya bekerja di sebuah perusahaan es cream daerah Bekasi setiap Senin sampai Jumat. Pekerjaan saya terkait dengan Bahasa Mandarin, data statistik dan menjadi asisten kepala departemen. Malamnya baru live, yang bisa dibilang pekerjaan juga karena saya enjoy jalaninnya hehehe.

Koh Hen,aku pernah lihat satu episode di konten kak Len tentang kondisi terendah koh Hendra mau makan mie nggak bisa, titik baliknya koh Hendra bisa bangkit dan sukses seperti sekarang?

Banyak stigma bahwa keturunan Tionghoa itu orang kaya ya kak Han, padahal nggak semua. Saya bukan dari keluarga berada (walau saya keturunan orang Tionghoa). Dulu papa bekerja menjadi buruh lepas harian dan mama mencuci baju dari pintu ke pintu. Di masa itu kami semua masih sekolah (5 orang anak). Hidup serba dicukup-cukupkan. Sekolah SD, SPP dan uang buku selalu telat bayar.

Kalau mau ujian selalu dapat nomor bednya hari H ujian karena ortu menghadap ke sekolah buat kasih janji akan dibayar ketika pembagian raport atau dibayar spp yang menunggak waktu hari H ujian.

Demi meringankan beban orang tua, waktu SMP saya memilih masuk negeri karena bebas biaya SPP. Saya juga sambil kerja agar bisa punya uang saku, saya bantu-bantu tetangga di warung dan jaga anak pemilik warung tersebut. Saya kerap dibully karena dianggap minoritas tapi saya tidak berani mengadu ke orang tua karena tahu bukan dari kalangan berpengaruh jadi percuma saja.

Menuju kelulusan, saya pun bertekad masuk SMK negeri, lagi-lagi karena ingin bebas biaya SPP. Waktu SMK saya kembali sekolah sambil kerja di salah satu industri rumahan pembuatan roti dan pia sampai lulus. Ketika lulus, saya langsung berpikir untuk mencari pekerjaan.

Tak ketinggalan menambah skill belajar Mandarin agar bisa mendapkan sallary lebih. Tidak semua Chindo bisa Bahasa Mandarin. Syukurlah saya diterima di perusahaan yang saya tempati hingga sekarang dengan penghasilan yang cukup.

Seru sekali menyimak ceritanya,kalau ada yang tanya enakan mana ngelive sama ngantor? Kokoh jawab apa?

Enak jadi bos hahahaha. Untuk saat ini dijalanin semua dulu. Kalau suruh pilih ya tetep pilih keduanya sih karena sama-sama menghasilkan hahaha.

Nah, pertanyaan terakhir pasti banyak juga mungkin yang kepo, sebenarnya sekarang lagi ada hubungan spesialkah dengan seseorang?

Untuk saat ini lagi single aja kak, belum kepikiran cari pasangan. Masih mengikuti alur aja.

Kalian yang masih penasaran dengan sosok Hendra, bisa cek media sosialnya di IG @hendra.coco94 atau langsung ke TikTok @hendra_xiaoyu.

Komentar

  1. Mantaaaap ya perjuangan kokoh
    Terus semangat
    Terus jadi positif vibes *dengan ketawanya yang nular banget ☺🤭
    Sehat selalu untuk kokoh dan seluruh temen" di cikicow ☺

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer