Tips Menjaga Kesehatan Mental Untuk Ibu

Belajar dari rumah

Anak-anak dan orang tua jadi golongan rentan terserang virus. Seluruh kegiatan mereka sebaiknya dibatasi di rumah saja atau jika terpaksa keluar, laksanakan protokol kesehatan dengan benar. Hingga saat ini, PPKM terus diperpanjang dengan harapan angka penyebaran penyakit berkurang khususnya usia anak dan orang tua. 

Sekolah pun dilakukan daring, otomatis yang menjadi guru para orang tua. Hal tersebut merupakan tantangan tersendiri bagi wali murid tanpa latar belakang pendidik. Ibu mesti belajar lagi materi sekolah anaknya. 

Padahal tugas ibu sudah cukup banyak. Mulai dari memasak, membereskan rumah, mencuci baju, mencuci piring dan aneka pekerjaan domestik lain. Belum lagi kalau ibu adalah seorang pekerja work from home atau punya bisnis online. Maka tingkat stresnya tentu akan lebih tinggi. 

Beberapa ciri bahwa ibu sedang mengalami kelelahan mental :

1. Sensitif atau Mudah Marah
2. Mengalami Insomnia
3. Kehilangan Semangat
4. Daya Tahan Tubuh Menurun 
5Menstruasi Tidak Teratur

Jika ada tiga atau lebih gejala yang menghampiri, berikut tips dari saya untuk menjaga kesehatan mental. Tips ini diambil dari berbagai sumber ahli, sebab tak hanya kesehatan raga saja perlu dijaga tapi kesehatan mental juga. 

1. Me Time

Tak perlu mahal atau pergi ke tempat jauh untuk melakukan me time. Ibu bisa menonton drama kesukaan ketika anak-anak sudah tidur ditemani secangkir teh dan kudapan. Pasti sangat menyenangkan.

Bisa juga dengan mengerjakan hobi seperti berkebun, mendekorasi ulang rumah, belajar menjahit dan lain sebagainya. Dengan me time, ibu dapat relax sejenak dari rutinitas yang sama tiap hari. 

2. Mendelegasikan Tugas

Seorang ibu hanya manusia, suatu saat pasti pernah lelah. Ibu mesti menyadari hal tersebut dan jangan sungkan berkomunikasi dengan pasangan. 

Berbagi tugas rumah selain mengurangi beban pikiran juga meningkatkan kualitas hubungan anggota keluarga. Apalagi kalau ada anak usia sekolah, mengerjakan pekerjaan domestik melatih skill mereka. Sekarang makin banyak jasa laundry dan catering harian harga terjangkau dapat dimanfaatkan supaya ibu terhindar dari kelelahan fisik dan mental. 

Memasak bersama anak

3. Beristirahat Cukup

Ambil waktu 1-2 jam untuk tidur siang bersama anak. Memaksa diri menyelesaikan semua pekerjaan ketika tubuh telah capek malah berpotensi memicu emosi tidak stabil. Akibatnya ibu jadi gampang marah dan stres.

Rumah sesekali berantakan adalah hal wajar tandanya anak sehat dan aktif, keluarga terjamin kebutuhannya. Berpikir positif seperti itu membantu ibu lebih tenang lho. 

4. Take A Fresh Air

Pandemi memaksa kita berada di rumah saja. Namun, bukan berarti sama sekali tidak bisa menghirup udara luar yang segar. 

Satu kali seminggu jadwalkan jogging 🏃 atau bersepeda sambil belanja kebutuhan rumah tangga. Tetap jaga protokol kesehatan ya mom. 

Banyak sekali manfaat menghirup udara segar seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu mendapatkan pikiran yang lebih tenang, membantu penyembuhan. 

5. Menggunakan Konsultasi Psikologi Online Riliv

Kemarin saya baru saja menemukan aplikasi sangat berguna mungkin akan berguna juga bagi kalian. Namanya Riliv. Aplikasi ini dapat ditemukan di playstore google atau appstore. 

Di dalamnya terdapat fasilitas konsultasi online dengan psikolog, belajar meditasi untuk menenangkan pikiran, bahkan disediakan journal misal kita sungkan cerita masalah ke orang lain. Ada pilihan free access dan berbayar pada menu meditasi. 

Dengan berlangganan, mom bisa mendapatkan akses ke 500+ konten meditasi dan cerita lelap serta meditasi eksklusif yang didesain oleh Certified Mindfulness Practitioner. Cocok untuk terapi paranoid terhadap sesuatu juga. 

Kehadiran Riliv cukup membantu di kondisi sekarang terbatas ruang gerak tapi butuh teman berbagi. Selain semua alasan di atas, ini adalah poin-poin mengapa harus pakai Riliv :
 

Fitur yang User Friendly


Riliv menyediakan panduan meditasi sesuai tujuan. Tersedia reminder yang bisa diatur waktu notifikasinya. Sehingga pengguna diarahkan konsisten dalam latihan. 

Loading untuk masuk ke aplikasi cepat. Ada berbagai artikel terkait kesehatan mental yang menambah pengetahuan. 

Setiap Individu Unik, Riliv Menyadarinya

Ketika aplikasi konsultasi psikolog lain terasa sangat umum, Riliv membuatnya personal. Sebelum konsultasi kita dapat memilih topik masalah yang ingin dibantu. Selain itu yang saya suka dari sesi konsultasi online di sini, kita dapat memilih apakah ingin berkonsultasi dengan konselor berlatar pendidikan S1 Psikologi, harga lebih terjangkau tapi telah mendapat izin konseling HIPMI. 

Untuk masalah lebih rumit ada psikolog dengan latar pendidikan S2 Psikologi yang lebih ahli dan berpengalaman. Pilihan media konsultasi pun beragam bisa via chat, call atau video call. 

Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi website riliv di https://riliv.co











1 komentar

  1. Canggih banget yaa..
    Ada aplikasi yang bisa membantu konsultasi psikologi begini. Apakah ada biayanya?

    BalasHapus