Faktor yang Mempengaruhi Naik Turunnya Harga Reksadana Pasar Uang

 

Reksadana

Saat memutuskan investasi di Reksadana Pasar Uang, Anda harus mengetahui beberapa faktor penting yang sangat berpengaruh terhadap naik turun harga produknya. Pasalnya hal tersebut juga akan membantu Anda memutuskan akan menjual atau membeli produk Reksadana nantinya, dan berapa besar potensi keuntungan atau return yang bisa Anda dapatkan.

Reksadana Pasar Uang merupakan sebuah investasi yang kelolaan dananya 100% dialokasikan pada instrumen pasar uang. Anda bisa menemukannya dalam berbagai bentuk seperti Sertifikat Bank Indonesia, obligasi yang memiliki masa jatuh tempo 1 tahun, hingga deposito.

Inilah 5 Faktor yang Berpengaruh Penting Terhadap Reksadana Pasar Uang

Investasi

Jika Anda merupakan investor yang ingin lebih teliti sebelum memulai berinvestasi, pastikan untuk memahami beberapa faktor yang mempengaruhi kenaikan serta penurunan harga Reksadana Pasar Uang seperti berikut ini :

1. Pembayaran bunga/kupon

Berikutnya, pengaruh bisa dari naik turunnya Reksadana Pasar Uang terkait dengan pembayaran bunga maupun kupon. Hal ini dikarenakan Reksadana Pasar Uang merupakan sebuah investasi yang seringkali digunakan sebagai instrumen utang jangka pendek. Biasanya berbentuk obligasi yang jatuh tempo kurang dari 1 tahun.

Deposito dan obligasi merupakan salah satu bentuk instrumen investasi yang kebanyakan dilakukan dalam jangka pendek. Hal tersebut menyebabkan grafik perekonomian tidak menentu. Tetapi, hasil dari pembayaran bunga yang dilakukan oleh obligasi dan deposito merupakan hal positif sebab dapat memberikan peningkatan harga Reksadana Pasar Uang. Apabila terus terjadi kestabilan pembayaran bunga atau kupon. Peningkatan harga Reksadana akan terus mengalami kestabilan.

2. Inflasi

Inflasi merupakan suatu kenaikan harga terhadap barang maupun jasa secara berkelanjutan dalam periode waktu tertentu. Hal tersebut mendorong kenaikan pada beberapa sektor dan membawa banyak dampak kepada investor.

Pasalnya, apabila inflasi terus mengalami peningkatan lebih dari ekspektasi. Hal tersebut akan mendorong pemerintah untuk melakukan kenaikan tingkat suku bunga acuan. Di mana proses ini nantinya akan berpengaruh terhadap bunga kredit bank.

Jika kejadian tersebut benar dilakukan, maka perasaan percaya investor terhadap pemerintah akan berkurang dan menimbulkan sentimen negatif. Apabila sentimen terus terjadi maka kinerja dari instrumen investasi akan mengalami penurunan termasuk pada Reksadana Pasar Uang.

3. Suku bunga 

Reksadana Pasar Uang banyak dipilih beberapa orang sebagai bentuk investasi jangka panjang sebab memberikan suku bunga lebih besar. Namun, Anda juga perlu mengetahui bahwa adanya suku bunga ini sangat berperan penting dalam kenaikan serta penurunan harga dari kinerja instrument.

Apabila suku bunga dari bank yang diberikan cukup tinggi. Maka biasanya nilai suku bunga dari deposito dan Reksadana Pasar Uang juga sedang mengalami kenaikan pesat. Tetapi, apabila Anda mendapati penurunan suku bunga. Maka nilai dari deposito dan saham sedang mengalami kenaikan yang menyebabkan Reksadana saham dan pendapatan tetap mengalami peningkatan.

4. Biaya Manajer Investasi

Dalam konsep investasi menggunakan Reksadana, selalu terdapat Manajer Investasi yang akan membantu Anda dalam mengelola dana. Dimana pekerjaan pengelolaan dana menjadi surat berharga tidak dilakukan secara gratis.

Anda akan dikenakan biaya Manajer Investasi, biaya marketing, back-office serta beberapa potongan lainnya. Hal ini sangat penting diketahui sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi. Sebab, biasanya besaran biaya pada tiap Manajer Investasi berbeda-beda. Tergantung dari segi pengalaman dan keberhasilannya dalam mengelola.

Tetapi, hal tersebut juga tidak menjadi patokan. Beberapa Manajer Investasi dengan biaya penanganan tinggi, juga tidak memberikan jaminan keberhasilan pengelolaan dana dari yang telah Anda masukkan. 

5. Arus Kas Investasi

Faktor lain dari pengaruh kenaikan serta penurunan harga Reksadana terletak pada pelaku investasi. Sebab hal ini tergantung pada dana yang dimiliki oleh investor. Apabila terdapat suatu surat berharga dengan nilai cukup bagus untuk dikelola beberapa tahun ke depan. Dan pihak investor agresif dalam mengakuisisi sektor, maka keuntungan menjadi lebih besar untuk didapatkan.

Namun, apabila Reksadana yang dipilih tidak begitu diminati oleh investor. Sedangkan dana pengelolaan juga terbatas maka Manajer Investasi akan mengelola seperlunya saja, Sehingga, nilai dan tingkat investasi menjadi lebih sedikit.

Nikmati Kemudahan Transaksi Investasi Reksadana di DBS Treasures

Untuk memulai berinvestasi, tentunya Anda membutuhkan platform untuk investasi Reksadana Pasar Uang terbaik. Salah satu perbankan yang wajib Anda jadikan pilihan adalah DBS Treasures.

Pasalnya, dengan memanfaatkan DBS Treasures Anda dapat memperoleh beberapa keuntungan yang memudahkan proses investasi. Beberapa di antaranya dapat Anda simak dalam pembahasan berikut ini :

1. Pengelolaan oleh Profesional

Tidak bisa dipungkiri bahwa peran Manajer Investasi dalam Reksadana sangat penting. Pemilihannya juga harus dilakukan dengan tepat agar hasil yang diberikan maksimal. Bersama DBS Treasures, semua dana investasi Anda akan dikelola oleh Manajer Investasi yang akan membantu Anda mengoptimalkan investasi.

2. Mendapat Fasilitas Panduan Berinvestasi

Bagi Anda yang memiliki cukup modal untuk investasi tapi bingung untuk memulainya, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, DBS Treasures memberikan fasilitas panduan untuk berinvestasi. Tentunya didukung oleh tim ahli finansial yang handal serta proaktif dalam memberikan wawasan terkait analisa pasar dan peluang terkini.

3. Kelolaan Dana Dilakukan Secara Diversifikasi

Mengurangi faktor risiko dari peletakkan dana dalam satu tempat. Dengan DBS Treasures Anda bisa mengelola investasi Anda dengan sistem diversifikasi. Di mana, dana akan disebar ke dalam beberapa aset investasi.

Memilih DBS Treasures sebagai media berinvestasi merupakan pilihan sangat tepat. Pasalnya, Anda akan mendapat berbagai fasilitas seperti kemudahan bertransaksi. Prosesnya juga sangat cepat yaitu memanfaatkan Aplikasi digibank by DBS.

Anda dapat memulai berinvestasi dengan melakukan proses analisa yang didukung oleh data infovesta sehingga memudahkan proses jual, beli, maupun switching Reksadana. Bahkan, bagi investor baru di DBS Treasures juga bisa registrasi langsung untuk mendapatkan SID (Single Investor Identification) yang dikeluarkan langsung oleh KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) melalui Aplikasi digibank by DBS sebagai syarat memulai investasi.

Jadi, tunggu apalagi langsung saja daftarkan diri Anda untuk memulai investasi bersama DBS Treasures. Dapatkan berbagai fasilitas dan kemudahan transaksi disini.


Komentar

Postingan Populer