3 Fakta Seputar Silsilah Siti Atikoh, Istri Ganjar Pranowo

Silsilah Siti Atikoh

Di balik kesuksesan pria, ada sosok wanita hebat yang mendampingi. Maka begitupun sebaliknya agar pernikahan berjalan baik dan saling menghargai. Setelah diumumkannya, calon presiden dan wakil presiden 2024 banyak orang ingin mengetahui keluarga maupun pasangan dari mereka.

Salah satunya, Ganjar Pranowo. Ada sosok wanita lembut Siti Atikoh dan sang putera yang mendukung sampai beliau mencapai titik sekarang. Ganjar menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Ia adalah anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Ganjar Pranowo lahir pada tanggal 8 Juni 1969 di Semarang, Jawa Tengah. Sebelum menjabat sebagai gubernur, ia memiliki pengalaman politik yang cukup panjang, termasuk sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI). Terdapat beberapa fakta silsilah Siti Atikoh, istri Ganjar yang cukup menarik dan harus diketahui.

1. Silsilah Siti Atikoh, Berasal dari Kalangan Ulama Jawa Tengah

Atikoh adalah anak dari pasangan Akhmad Musodik Supriyadi dan Astuti Supriyadi. Sang ayah, Akhmad adalah anak dari Kiai Hisyam. Beliau adalah pendiri Pondok Pesantren Roudlhotus Solichin Sholichat Sukawarah, Kalijaran, Karanganyar, Purbalingga, Jawa Tengah. 

Kiai Hisyam juga dikenal sebagai Rais Syuriah PCNU Purbalingga tahun 1973-1983. Sementara paman Siti Atikoh, KH. Mustaid pengasuh Ponpes Kalijaran. Ada pula KH. Muzammil, kakak KH, Mustaid adalah salah satu pengelola tareqat Naqsabandiyah di Sokaraja.

Selain di pondok pesantren, keluarga Ganjar dan istri juga banyak berkecimpung di organisasi Islam. Diantaranya menjadi pengurus Muslimat NU Kabupaten Purbalingga. Kakak Siti Atikoh, Hj Nurul Hidayah juga sekarang menjabat sebagai pengurus DPW PPP Jateng. Selain itu, dari keluarga nenek Siti Atikoh, Hj Rumiyah juga berasal dari kalangan pondok pesantren.

Saat ini, keluarga Hj Rumiyah masih aktif mengelola Pondok Pesantren Nurul Quran Bukateja. 

2. Jatuh Cinta Saat Kuliah

Atikoh dan Ganjar mengaku cinlok alias cinta lokasi. Mereka saling jatuh hati pada pandangan pertama di momentum kuliah kerja nyata (KKN).

Saat itu mereka sama-sama mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Atikoh merupakan adik tingkat Ganjar yang berbeda 3 tahun. Ganjar lebih dulu mengambil skripsi dan keduanya bertemu saat KKN.

Kala itu, Ganjar ialah seorang aktivis kampus yang memiliki jiwa kepemimpinan dan bijak. Lantaran itulah, Atikoh menaruh hati kepadanya.

Di sisi lain, Ganjar pun juga jatuh hati kepada Atikoh sejak pandangan pertama. Ganjar pun memberanikan diri untuk mengajaknya menjalani hubungan yang serius. Pada 1999, dua insan lulusan UGM ini resmi menjadi sepasang suami istri.

3. Dikaruniai Seorang Putera

Muhammad Zinedine Alam Ganjar atau yang kerap disapa Alam Ganjar merupakan putra tunggal dari pasangan Ganjar Pranowo dan Siti Atikoh. Dia lahir di Semarang, Jawa Tengah pada 14 desember 2001.

Pemuda berusia 21 tahun tersebut memilih masuk Fakultas Teknik jurusan Teknik Industri UGM. Ia telah menempuh pendidikan tersebut sejak tahun 2020 lalu. Putra Ganjar Pranowo tersebut memiliki sejumlah prestasi yang cukup membanggakan. 

Alam bersama timnya juga berhasil meraih prestasi di Filipina. Mereka berhasil memboyong juara 3 dalam ajang 2019 Junior Achievement (JA) Asia Pacific Company of the Year Competition yang diselenggarakan oleh JA Asia Pacific di Manila, Filipina, 10-14 Maret 2019.

Di bidang e-sports juga memiliki segudang prestasi, karena hobi. Terbaru pada 17 September 2023, Alam Ganjar bersama Thariq Halilintar dan sejumlah influencer yang tergabung dalam The House of Revolutions (THR) Group terjun langsung membersihkan Kali Ciliwung di Jawa Barat. Itulah silsilah Siti Atikoh, istri dari calon presiden Ganjar Pranowo yang bisa Anda ketahui. 


Komentar

Postingan Populer