Kamis, 16 Juli 2020

5 TIPS BELAJAR SEO ON PAGE MUDAH

Sejak awal Juli saya berkesempatan mengikuti kelas 30 hari naik DA secara gratis. Pematerinya sangat berpengalaman, ada coach Irwin, coach Bahrul Ilmi, coach Pewe. Salah satu materi yaitu belajar SEO On Page.

Kegiatan mengoptimasi web agar mendapat peringkat bagus di mesin pencari
Belajar SEO On Page dengan ahlinya

Ternyata beberapa hal di bawah ini cukup berpengaruh pada peningkatan peringkat web kita dalam mesin pencari.

1. Research Keyword

Sepertinya sepele, namun keyword yang kurang tepat membuat website kita sepi pengunjung. Padahal menulis blog tujuannya dibaca orang. Lakukan research keyword sebelum menulis. Misal kalian ingin mengambil tema "drama korea bagus". Ketik kata kunci tersebut dalam mesin pencarian google, nanti akan muncul juga beberapa kata kunci turunan yang bisa dimasukkan ke artikel. Selain google, kalian bisa menggunakan ubersuggest untuk mencari kata kunci.


Kegiatan mencari kata kunci artikel
Research Keyword

Keyword sebaiknya diletakkan pada judul blog, heading tag, meta description, paragraf pertama artikel. Tapi jangan berlebihan. Saya baru tau lewat kelas ini bahwa sebaiknya judul artikel juga harus diatur jumlah karakternya agar kekuatan di mesin pencari tak terpengaruh.

2. Optimasi Tag Heading

Idealnya, susunan heading tags yaitu H1 sebagai judul lalu diikuti H2. H2 diikuti H3, H3 diikuti H4, H4 diikuti H5 dan H5 diikuti oleh H6. Tapi umumnya yang dipakai hanya H1-H3. Dalam heading tag sebaiknya juga menggunakan kata kunci. 

Paling penting adalah bagaimana H1 atau judul. Jika judul menarik maka orang bisa klik artikel kita di mesin pencarian dan membaca sampai habis. Namun, saat judul saja kurang menarik kemungkinan besar calon pembaca akan melewatkan artikel kita.

H2-H6 merupakan sub judul yang bisa kita letakkan kata kunci turunan. Sehingga artikel kita terindex mesin pencari.

3. Optimasi Gambar 

Gambar diperlukan dalam artikel untuk mempermanis agar pembaca tidak bosan. Tapi jangan lupa menuliskan alt image dan title image di bagian properties (teman-teman bisa klik gambar setelah diupload, cari pilihan properties). Usahakan antara title image dan alt image berbeda penjelasan supaya tidak dianggap duplikat oleh google.

Tambahkan juga caption di foto dengan kata kunci yang sudah kita cari saat mulai menulis artikel. Kalau gambar kita mengambil dari google teman-teman bisa cantumkan sumber pada caption foto. Sangat baik jika foto adalah hasil jepretan sendiri, selain terhindar dari klaim hak cipta juga mengurangi resiko terbaca google sebagai menjiplak web orang lain.

Pastikan juga nama file yang semula berupa IMG104053 sudah diganti dengan kata kunci yg kita inginkan.

4. Menggunakan Internal Link

Link yang dipasang di tulisan mengarah ke artikel lain dalam blog kita, disebut internal link. Penggunaan internal link sebaiknya relevant dengan topik yang sedang dibahas. Sebenarnya kita juga bisa menggunakan outbound link, yaitu link yang mengarah ke web orang lain.

Namun, penggunaan outbound link terlalu banyak bisa mengganggu kesehatan blog kita. Misalkan kita membuat tulisan tentang resensi buku, internal link dapat diarahkan ke resensi buku dengan genre sejenis di web kita lalu outbound linknya adalah web tempat pembelian buku. Internal link mampu menurunkan bounce rate, persentase pengunjung yang langsung meninggalkan website setelah membuka satu halaman saja. Makin rajin kita menanamkan internal link, memperbesar peluang bounce rate kecil.

5. Submit ke GSC dan Share ke Sosmed

Maksimalkan semua social media yang kita punya. Membagikan artikel ke social media tidak hanya menambah views tapi juga social signal supaya artikel kita masuk halaman pertama dengan mudah. Social signal tersebut juga berpengaruh dalam kenaikan domain authority (DA).

Jika mengalami artikel kita lama terindex google ajukan link artikel ke Google Search Console (GSC) lalu lakukan permintaan indexing. Pastikan sudah memasukkan sitemap ke GSC sehingga bot google mengetahui update artikel terbaru kita.

Materi Belajar SEO On Page di atas disampaikan oleh coach Bahrul Ilmi, seorang blogger, freelance content writer, dan SEO assistant. Web content editor di indoblognet.com. Berdomisili di Pontianak dan merupakan high quality jomblo. Lulusan dari jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI). 

28 komentar :

  1. Benar banget, Mbak semua poin yang ditulis di atas. Aku juga kalau nulis blogpost selalu perhatikan kata kunci. Minimal dipakai di paragraf pertama, tengah, dan akhir. Heading juga kumainkan dg kata kunci agar mudah muncul di mesin pencarian Google. Internal link juga gitu, sebisa mungkin ada biar promosi sekalian. Untuk GSC belum kupake karena aku pake wordpress.com yang ga bisa terkoneksi. Tapi so far teknik SEO on page tadi terbukti efektif. sebagian blogpost-ku masuk page one, Alhamdulillah. DA juga stabil. Sekarang berjuang cari page view dengan artikel yang populer.

    BalasHapus
  2. Ternyata eh ternyata saya masih kurang optimasi, pantesan kurang greget dan DA stagnan. Makasih tipsnya

    BalasHapus
  3. sebelumnya aq gak terlalu mikirin poin2 itu mbak, taunya hanya nulis aja. tapi alhamdulillah bisa ikut kelas ini jadi banyak berbenah

    BalasHapus
  4. Menulis blog post emang satu kata : concern pada kata kunci.

    Ya ga semua sadar sih, menggunakan kata kunci atau penting apa engga terindeks google. Termasuk aku tentunya!


    Sejak DA PA yang jadi acuan, aku sadar pentingnya teknik SEO on page tadi! Semoga one day bisa ikutan kelas mas Pewe

    BalasHapus
  5. Wuah gini toh cara menaikkan DA. Poin 3,4, dan 5 masih diusahakan. Sebenarnya masih belom paham sih dengan heading. Ya walaupu pernah baca juga. Nanti bisalah belajar cara memasukkan kata kunci ke dalam blog ya kan.

    BalasHapus
  6. Sebelum kelas ini saya taunya nulis doang sama aplud foto. Ternyata eh ternyata kalau dipelajari lebih dalam SEO itu luas sekali bahasannya

    BalasHapus
  7. saya juga blogger baru yg g ngerti apa2, baru ngerti ini seo iti apa

    BalasHapus
  8. Baca ini jadi belajar lebih banyak lagi tentang SEO, selama ini gagap kalau mikir SEO, hehe.
    Makasiih mbaa

    BalasHapus
  9. Riset keyword sih yang saya sering lupa, suka asal aja gitu nulisnya
    Padahal justru penting banget ya riset keyword dulu itu ��

    BalasHapus
  10. Perlu dipraktikkan ya tips SEO on page agar tulisan kita lebih kuat kedudukannya di mesin pencari

    BalasHapus
  11. Jadi banyak belajar ya mbak di kelas ini. Materinya daging semua. Mantap banget. Apalagi kalau yang ikut kelas SEO premiumnya pasti lebih OK lagi

    BalasHapus
  12. Kelas ini bener-bener memberin pencerahan. Awalnya, tahunya ngeblog cuma nulis doang. 😅😅

    BalasHapus
  13. perlu praktek tips seo lagi nih buat aku. taunya sekedar nulis
    dikit-dikit jadi tau heuu

    BalasHapus
  14. Lebih enak nih dibacanya. Punyaku kurang screenshoot untuk contoh aja nih. Thanks mbaa

    BalasHapus
  15. Masya Allah mba, pembahasannya detail banget yaa mba. Kelas gratis ya aja gitu apalagi kelas berbayarnya. Pastinya lebih nampol ya mba ilmunya

    BalasHapus
  16. Senang Banget lho aku ikut kelas ini, dapat ilmu SEOnya dan DA naik juga.

    BalasHapus
  17. materinya memang baru sih kalau buat saya yg newbie... dan beruntung bisa ikut kelas naik DA itu. Materi SEO Onpagenya juga oke punya ya

    BalasHapus
  18. Detail sekali mbak penjelasannya, keren! Jadi paham kenapa DA saya stuck, karena sudah jarang memperhatikan poin-poin di atas ketika update -_-

    BalasHapus
  19. Duh ngiriiiii...
    Pasti asyik banget ya?
    Sayang saya gak lolos, hiks

    BalasHapus
  20. Punya blog tuh bener ya kak bukan hanya tulis trus selesai masih Ada pe-er selanjutnya seo, keywords,bewe, share medsos

    BalasHapus
  21. Daku yang optimasi tag heading suka lupa, haha. Padahal itu penting banget ya ternyata buat dijadikan kata kunci turunan

    BalasHapus
  22. Yg no 2 sepertinya di blog WP ya Mbak Hanifah. Kl di BP istilahnya judul utama, judul, subjudul, judu kecil dan normal. Tfs Mbak, yg semangat belajar seo nya ya

    BalasHapus
  23. Makjos jleb banget ini pelajaran SEO-nya. Buat aku yg masih newbie dalam hal SEO tentunya bermanfaat banget. Makasih yaaaa. Aku terapin 1 per 1 u.blogku.

    BalasHapus
  24. Thanks tipsnya mbak. Mau terapkan juga ah nanti di blog sendiri. Aih bermanfaat banget ini ilmunya.

    BalasHapus
  25. Aku kurang banget pengetahuanku tentang SEO mbak. Makasih ya mbak tipsnya bermanfaat banget...

    BalasHapus
  26. Wah makasih sharingnya, bisa kupraktekkan agar DAku melonjak drastis wkwkwk...

    BalasHapus
  27. Selama ini nulis di blog hanya mikirin bagaimana menulis konten yg baik dan bagus. Ternyata perlu juga memperhatikan teknik agar kualitas blog makin baik.Thanks banget sudah berbagi ilmu seo nya mba.

    BalasHapus
  28. Dulu di awal awal aku belum begitu paham mengenai SEO ON dalam penulisan, tau nya yang penting nulis dan perlahan benahin tulisan biar lebih rapi supaya banyak yang mampir ke Blog ku.
    Next semoga juga bisa ikut class mas irwin dan mas pe-we juga

    BalasHapus

Back to Top