Senin, 20 Juli 2020

2 BLOGGER INDONESIA HARUS KALIAN KENAL

Menjadi blogger Indonesia sebenarnya telah lama saya lakukan. Blog dulunya wadah untuk saya menyalurkan hobi menulis. Sekitar tahun 2010-2011 saya pernah mengikuti kelas menulis resensi buku bersama beberapa tutor seperti pak Suparto Brata, pak Muhidin M. Dahlan, Diana AV Sasa. Kalian bisa baca salah satu resensi buku hasil kelas di tulisan Komunitas Tionghoa Surabaya

Seiring waktu, ternyata aktivitas nge-blog tidak bisa dianggap remeh karena mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah hingga puluhan juta per bulan jika ditekuni dengan serius. Maka dari itu, saya sempat mencoba berbagai cara untuk menaikkan DA karena saat ini tawaran job membutuhkan kualifikasi DA tertentu. Hingga saya menemukan kelas yang diampu oleh mas Pewe, mas Irwin, mas Bahrul Ilmi, mas Ilham Sadli. Kalian jika berminat bisa ikutan kelas berbayarnya.

Jago SEO dalam 2 minggu

Tak terasa 20 hari Kelas Naik DA gelombang 2 berlangsung. Banyak yang sudah dipelajari dan menyadari selama ini kurang maksimal mengoptimasi blog sehingga DA maupun viewers tidak berkembang. Alhamdulillah blog hanifahnila.com mengalami kenaikan DA cukup signifikan, sekitar 7 poin yang awalnya masih 3 sekarang sudah DA 10. 

Syarat kelulusan kami adalah jika DA mencapai 15 poin. Setelahnya akan lebih mudah mendapat tawaran sponsored post atau content placement saat DA mencapai angka tersebut. Di artikel ini, saya ingin menceritakan sedikit dari mereka yang telah sukses mengoptimasi blognya juga. Selain itu, saya akan mengungkap tips, kiat, panduan, apapun itu istilahnya agar kalian para pembaca dapat mengembangkan blog milik kalian dan bisa lebih paham bagaimana menerapkan hal yang sama di blog pribadimu.

RAHASIA PARA BLOGGER INDONESIA SUKSES NAIK DA

Sebenarnya apa rahasia saya dan teman-teman bisa mengalami kenaikan DA sedemikian drastis? Saya memperhatikan ada dua faktor kuat yaitu kualitas konten dan perhatian pada aspek teknis.

Hal pertama, kualitas konten tentu saja berpengaruh untuk jumlah kunjungan ke blog kalian sehingga blog menjadi populer dan berpotensi menaikkan DA. Pilih topik blog menarik yang kamu kuasai sekaligus memiliki peluang disukai pembaca. Selanjutnya, kalian bisa kembangkan menjadi konten yang lebih personal dibumbui cerita unik khas kalian seperti blog ini, selain meresensi buku, bercerita juga tentang jalan-jalan ke perpustakaan dan keluarga.

Kedua, perhatian pada aspek teknis. Pegang prinsip SEO karena SEO adalah kunci utama untuk menjadikan blog anda menyenangkan diakses mesin pencari maupun pembaca manusia. Menggunakan top level domain, jika blogmu sudah TLD (memakai akhiran .com, .co.id, dll) akan ada kemungkinan besar menempati posisi atas dalam hasil pencarian Google. Perhatikan juga layout dan desain blog termasuk memilih tema yang mobile friendly, pengunjung akan betah berlama-lama di blogmu jika tampilannya menarik dan memanjakan mata.

DUA BLOGGER INDONESIA YANG MENGINSPIRASI, TEMAN DI KELAS NAIK DA 


Nah, saya akan mengenalkan pada kalian dua blogger diantara 18 orang bertahan yang menemani saya selama belajar di kelas. Dapatkan inspirasi dari mereka ya!

YANTIANI.COM


Sebuah blog lifestyle

Berkunjung ke blognya, kalian akan disuguhi template perpaduan putih, hitam dan hijau dengan font cantik berwarna hijau kuning sebagai judul. Kalian bisa juga mampir ke sosial media kak Yanti, demikian saya menyebutnya, dengan mudah sebab tepat di bawah judul blog terdapat tombol yang mengarah ke Facebook, Twitter, Instagram maupun WhatsApp beliau. Layout blog begitu rapi disertai infografis terkait tulisan.

Kak Yanti memilih niche lifestyle blog dengan pembahasan kesehatan, keuangan, traveling, kuliner, film dan buku, serta kecantikan. Ada pula cerita beliau tentang keluarga, review dan opini terhadap masalah sosial yang terjadi di sekitarnya. Paket komplit untuk kalian yang butuh inspirasi namun tak punya banyak waktu blogwalking.

Gajah mati meninggalkan gading, Harimau mati meninggalkan belang, Manusia mati meninggalkan nama, pepatah yang jadi pegangan kak Yanti saat mulai membuat blog. Kak Yanti tergerak ingin berkontribusi berbagi pengalaman serta pengetahuannya kepada netizen. Sang anak memiliki hobi menulis turut memotivasi beliau untuk belajar lebih dalam tentang blog.


Saat saya tanya, tidak ada waktu khusus disediakan buat nge-blog. Kapan bisa dan jika ada deadline blog maka disediakan waktu tapi tetap prioritas utama keluarga karena anaknya adalah homeschooler. Harapannya, blog jadi sumber penghasilan di hari tua nanti.

FILIASUKANULIS.COM

Blog tentang keseharian

Nama asli pemiliknya adalah kak Sri Wahyuni, alamat blog memakai filiasukanulis karena secara etimologis, filia berasal dari bahasa Yunani phileo, yaitu kasih yang setara atau identik dengan ikatan pesaudaraan (brothership), kesukuan (comradeship), dan kewarganegaraan (citizenship). Tampilan blog  beliau sangat memanjakan mata, latar warna putih dengan font judul lucu berwarna coklat. Kak Filia membuat sendiri gambar menarik di tiap postingannya. 

Topik pembahasan seputar lifestyle, traveling, review. Kak Yuni, menulis untuk melepas penat namun punya harapan bahwa blognya bisa menyajikan info bermanfaat yang lebih banyak lagi syukur-syukur berpenghasilan dari blog. Menurutnya ikut kelas DA jadi mengembalikan fokus. Harus bekerja keras untuk mendapat hasil yang maksimal. Kak Yuni jadi lebih bersemangat. 

"Kalau terasa sulit pasti lihat teman lain. Kalau mereka bisa, kenapa saya harus menyerah," ujarnya.


KESIMPULAN

Siapapun bisa menjadi blogger, tapi jika kalian ingin blog kalian menghasilkan uang tentu mesti diiringi kerja keras untuk menghasilkan konten yang diminati pembaca juga menerapkan prinsip SEO agar jumlah kunjungan dan peringkat blog kita tinggi. Semoga kalian terinspirasi ya.

20 komentar :

  1. Senang ya mbak bisa masuk kelas ini trus kenal lebih dekat dengan mbak2 blogger seperjuangan.
    Rasanya udah jadi sodara ketika susah senang dikelas bersama.

    BalasHapus
  2. Baru kenal Mbak sama dua bloger yang Mbak Hani tulis. Makasih ya jadi bisa kenalan dan tambah teman, semoga tambah semangat ngeblognya. Makin meningkat DA-nya.

    BalasHapus
  3. Buka blognya Mbak Yanti jadi ingat mau ganti template. PR banget nih buat naikin DA yang terseok. Ga naik naik hehe. Kudu konsisten nulis dan perbaiki struktur blog. Makasih ya Mbak.

    BalasHapus
  4. Tak kenal maka tak sayang ya mbak. Ternyata menambah relasi juga bisa untuk menambah wawasan. Belajar di kelas menaikkan DA misalnya. Bisa saling koreksi apa yang kurang dari kontent yang kita tulis. Begitu ya Mbak. Hehehe

    BalasHapus
  5. Saya yang belum jadi ibu rumah tangga gini jadi malu karena masih banyak alasan buat memperbaiki blog.
    Kudu belajar lagi nih. Untuk sekarang saya belajarnya otodidak sih, soalnya kalau berbayar masih belum sanggup he..he...
    Berharap juga suatu hari nanti blog jadi kantor di hari tua😁

    BalasHapus
  6. Wah menarik sekali kelasnya. Kalau ada kesempatan, saya pengen bergabung, karena da saya jongkok banget, hehehe...
    Asyik ya, di kelas jadi punya banyak teman seperjuangan... Tapi, saya tuh pendiam kalau di online. ehhmmm, di offline juga deng...
    Semoga kalau ada kelas baru saya bisa ikut. Bai de we, info tentang kelasnya dapet dari mana yaa???

    BalasHapus
  7. di Blogwalking juga banyak blogger inspiratif yang membuat saya masih satu garis untuk menulis, meskipun belum dapat menghasilkan rupiah hehe

    BalasHapus
  8. Makasih banyak kak, sudah bahas blog aku. Tapi, aduh agak malu ini sama judulnya "harus" terlalu berat euyy di bahu

    BalasHapus
  9. Keren2 ya blogger nya jadi tambah menginspurasi nih buat perbaiki blog dan nulis semangat deh

    BalasHapus
  10. Bisa kenal plus share pengalaman sama 2 Blogger yang udah lama terjun ke dunia menulis pasti senang deh.
    Siapa tau ilmu beliau bisa aku terapkan biar DA ku juga ikutan naik deh, apalagi kalau ada tawaran job memiliki kualifikasi tertentu yang kadang bikin minder sendiri.

    BalasHapus
  11. Selamat, mbaaaa... Keren banget itu dari DA 3 langsung melesat ke angka 10. Luar biasa!

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah, aku juga seneng banget bisa gabung di kelas ini mbaaak. See you on the top.

    BalasHapus
  13. Content is King dan perhatian yg serius terhadap SEO on page nya yaa Mbak Hanifah. Noted, tfs

    BalasHapus
  14. Wah, hebat2 euy. Inspiring
    Memotivasi supaya bekerja keras dan belajar SEO. Tq ya

    BalasHapus
  15. Ini kelasnya ada lagi kapan ya? aku masih perlu belajar banyak tentang SEO nih...

    BalasHapus
  16. Wah, alumni kelas ini makin kece semua. Salut buat Duo Coach, Mas Punto dan Mas Irwin. Semoga next time bisa lolos masuk kelasnya. Amiin.

    BalasHapus
  17. Masih belajar nulis dulu. Sambil jalan pengen belajar juga tentang bagaimana menaikkan DA. Pengen Istiqomah nulis yg baik dulu...
    Terima kasih artikelnya

    BalasHapus
  18. ahh keren bet mbak hani, aku kemaren daftar ga keterima loh mbak. mau ikut kelas berbayar maju mundur wkwk

    BalasHapus
  19. Sampai sekarang saya sedang belajar memperbaiki kualitas konten dan tentang SEO. Semoga bisa nyusul temen-temen yang DA blognya dah tinggi. Amin.

    BalasHapus
  20. wah DA nya bisa naik 7 point, keren mbak. Usaha ekstra keras nih naikin DA sebanyak itu dalam waktu singkat. Jadi penasaran pengen ikut kelasnya juga

    BalasHapus

Back to Top