Selasa, 13 Oktober 2020

Indomilk Susu Bubuk, Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

Indomilk Susu Bubuk, bantu anak tumbuh tinggi, tangguh, tanggap - Sejak diberlakukan belajar di rumah 6 bulan lalu otomatis semua kegiatan dilakukan online dengan tetap berkomunikasi pada gurunya. Tahun ini, kakak naik kelas dua. Awal diberitahu kalau dia akan punya wali kelas baru, antusiasnya sangat tinggi.

Sayangnya, April lalu kegiatan belajar mengajar dihimbau untuk dilaksanakan jarak jauh. Hanya seminggu sekali kakak masuk sekolah mengumpulkan tugas, tidak lupa menaati protokol kesehatan ketat pakai faceshield dan masker, bawa tisu basah serta handsanitizer, juga saya berpesan menjaga jarak saat bersama teman-temannya.

Untuk kegiatan rumah, kakak Fira terbatas hanya mengaji. Sekarang sudah sampai juz 3, mungkin diantara anak seusianya terbilang rata-rata tapi di sekolahnya Fira mendapat peringkat dua dan membuat bangga karena jadi anak yang tumbuh tinggi, tangguh, tanggap.

Selain itu, saya juga melatih life skillnya selama karantina. Tiap pagi kami punya agenda masak bersama minimal dia sudah paham cara membuat tahu crispy dan telur dadar. Masakan karya kakak lainnya yang saya suka adalah roti bakar. Tentu saja dibuat dengan peralatan sederhana yang memudahkan kakak bergerak di dapur yaitu teflon anti lengket, mentega, selai strawberry, roti.

Kalau saya sedang mencuci pakaian dan menjemur, dia tak ketinggalan turut membantu. Orang sekitar berpikir saya memaksanya melakukan pekerjaan rumah padahal murni keinginannya. Dalam tulisan ini saya ingin mencoba berbagi tips bagaimana agar anak tumbuh tinggi, tangguh, tanggap secara optimal.


1. Biasakan Membaca Buku

Kami punya waktu khusus membaca buku sebelum tidur. Tema bacaan bisa disesuaikan selera anak-anak. Biasanya kakak suka kisah nabi dan rasul serta cerita para sahabat muslim. 

Dilansir dari Children Healthcare of Atlanta, menurut American Academy of Pediatric dalam penelitiannya tahun 2014, ada banyak manfaat baca buku untuk anak. Membaca memberikan pengaruh positif pada otak anak yang sedang berkembang. Bahkan, pengaruhnya juga bisa didapatkan sejak bayi saat mereka masih belum bisa membaca, tapi dibacakan cerita oleh orangtuanya.

Dalam buku terdapat muatan hikmah cerita yang bisa diajarkan pada anak agar mereka berperilaku lebih baik. Merangsang mereka memecahkan masalah dan menggunakan logika. Buku-buku fiksi juga menjadi pilihan kami. Saat ini judul buku fiksi favorit adalah, Kue Pai Lola yang bercerita tentang seorang gadis pintar memasak punya impian menjadi koki terbaik.

Baca juga

Studi yang dilakukan oleh Emory University di Atlanta menunjukkan bahwa buku-buku fiksi merangsang anak untuk mengenali emosinya sendiri serta orang-orang di sekitarnya. Usahakan waktu membaca buku tidak dilakukan bersamaan kegiatan lain seperti memainkan handphone agar terbangun ikatan antara anak dan orangtua.

2. Ajarkan Sikap Disiplin

Mulai usia 7 tahun beri tugas sederhana seperti mandi sendiri, mengambil makan dan meletakkan alat makan ke tempat cuci piring, ajarkan di mana harus meletakkan pakaian kotor, serta merapikan peralatan belajarnya. Saat anak melakukan tugas, pujilah dengan tulus. Jika lupa, ingatkan agar melaksanakannya. Pakai bahasa yang menyenangkan agar anak tidak terbebani.

Sikap disiplin di rumah bisa membiasakan anak untuk tangguh dan tanggap di luar rumah. Selain itu, sikap disiplin mengajarkan anak bertanggung jawab, melatih pengendalian emosi, tahu kapan harus membuat keputusan.

3. Memberikan Lingkungan yang Baik

Stimulasi dari luar penting untuk tumbuh kembang. Hal ini bergantung pada lingkungan sekitar. Ajak mereka ke tempat-tempat yang memicu rasa ingin tahunya, misal ke museum, perpustakaan, ke taman. Jika tidak memungkinkan karena pandemi, stimulasi bisa dilakukan dengan menonton video atau googling informasi terkait sesuatu yang membuat anak penasaran.

Saat belajar ciptakan suasana kondusif agar merasa aman dan disayangi. Anak pun lebih percaya diri dan tumbuh secara optimal.

4. Cukupi Kebutuhan Istirahat dan Bersenang-senang

Anak usia sekolah perlu tidur 10-11 jam per hari untuk mendukung daya ingat dan kreativitas. Jika kurang tidur maka kemampuan berkonsentrasi bisa menurun dan kesulitan dalam menyerap informasi. 

Ajaklah berdiskusi tentang apa sedang dirasakan dan segala sesuatu yang menarik minatnya.  Hal ini melatih kemampuan berkomunikasi anak. Jadikan waktu berkualitas minimal 30 menit per hari, melakukan kegiatan favorit bersama mereka. Selain menjadi pelepas stres, bisa meningkatkan ikatan dengan anak. Kita juga dapat mengetahui potensi anak sampai sejauh mana.

5. Beri Nutrisi yang Cukup


Pastikan memberi asupan makanan sehat seimbang tiap hari pada anak, Asupan nutrisi memadai sangat penting membantu tinggi, tangguh, tanggap. Perpaduan antara karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin diperlukan dalam masa pertumbuhan.

Tak ketinggalan saya beri susu bubuk untuk anak agar melengkapi kebutuhan kalsium. Yayasan Osteoporosis Amerika Serikat merekomendasikan untuk mengkonsumsi kalsium antara 1,000 hingga 1,200 mg per hari. Kesehatan pertumbuhan tulang dan perkembangan tinggi badan harus dijaga sejak dini. Selain zat di atas, Omega 3 dibutuhkan juga untuk meningkatkan kesehatan mata, menurunkan resiko penyakit jantung, mencegah penyakit autoimun, mencegah obesitas, dan banyak lagi. 

Oleh sebab itu,saya pilih Indomilk Susu Bubuk yang mengandung Optinutri yaitu Omega 3, Sumber Protein dan Kalsium Tinggi. Indomilk Susu Bubuk sangat direkomendasikan sebagai susu bubuk untuk anak karena rasanya enak dan mudah didapatkan di minimarket terdekat. 

Susu bubuk untuk anak yang sedang kami konsumsi ukuran 400 gram, harganya cukup terjangkau Rp 35.000 saja. Ada kemasan lebih besar 800 gram, sekitar Rp 67.000 harga bisa bervariasi di tiap wilayah. Tersedia dalam 3 varian rasa yaitu Instant Coklat, Instant Plain (bebas gula), dan Full Cream (bebas gula).

Saat membeli, tips dari saya cek dulu Indomilk Susu Bubuk untuk usia berapa saja cocoknya, agar sesuai dengan kebutuhan anak. Walaupun manfaat susu bubuk ini banyak, dari mulai kandungan nutrisi hingga bisa bertahan lama dan tidak mudah basi, namun Anda harus tetap cermat dalam memilihnya. Jadi, jika ditanya Indomilk Susu Bubuk untuk usia berapa? Maka saya akan menjawab manfaat susu bubuk ini baik untuk anak usia 5-12 tahun.

14 komentar :

  1. Bumi udah lumayan bagus semangat membaca buku, Mbak. Cuma soal disiplin kadang masih harus diingatkan, terutama olahraga pagi. Pas pagi malah asyik ngomik aja, malas berjemur. Pas banget gini ya beli susu Indomilk yang kandungan omega 3-nya cocok buat perkembangan otak mereka, juga jaga kesehatan biar ga gampang sakit.

    BalasHapus
  2. Wah, Indomilk makin inovatif aja ya, Mbak. Baru tahu loh mereka rilis susu bubuk. Cocok banget buat anakku yang aktif tapi jarang mau makan sayur. Biar bisa tinggi dan otaknya tetap cerdas. Thx infonya ya, sangat membantu.

    BalasHapus
  3. Indomilk ini sudah dikenal sejak saya masih SD. Sampai sekarang masih sangat banyak yang minum susu ini. Makin inovatif dengan adanya susu bubuk dengan harga terjangkau. Pas sekali untuk anak yang sekarang sedang masa tumbuh kembang dan memerlukan asupan dan gizi lengkap ya Mbak Hani.

    BalasHapus
  4. Selain makanan yang cukup dan istirahat, anak memang butuh asupan nutrisi dari susu agar lebih maksimal, sehat terus dedeknya kak.

    BalasHapus
  5. Tahu crispy juga aku baru cba-coba belakangan ini karne apenasarna ok kalau beli bisa kriuk, banyak kegiatan bisa dilakukan di rumah bersama anak ya mbak. Untuk nutrisi anak serahkan ke ahlinya, ada susu indomilk bubu supaya anak busa tumbuh tinggi, tangguh, dan tanggap

    BalasHapus
  6. Memberikan yg terbaik bagi anak merupakan investasi jangka panjang. Sperti mengonsumsi susu Indomilk, pertumbuhan anak akan menjadi baik karena nutrisi yg terkandung dlm susu memang bagus utk pertumbuhan

    BalasHapus
  7. Semua ibu pasti akan memberi asupan makanan sehat seimbang tiap hari pada anak karena asupan nutrisi memadai sangat penting membantu tinggi, tangguh, tanggap.

    BalasHapus
  8. Indomilk yaa aku berikan zaman anak-anak masih kecil. Emang merek udah terkenal lama. Betul sekali tugas Ibu memastikan memberikan asupan gizi terbaik untuk putra-putrinya.

    BalasHapus
  9. Mengajarkan disiplin ke anak-anak memang cukup susah. Dan memang benar ya, Mbak. Diajarkan sejak dini.

    Sedangkan untuk menunjang tumbang kembangnya, saat ini sudah ada susu Indomilk.

    BalasHapus
  10. Omong-omong membaca buku sebelum tidur dan cerita rasul, lagi ada lomba video bercerita kisah Rasul tuh. Kan bisa menyalurkan hobi bercerita. Si kecil juga pasti seneng :))

    BalasHapus
  11. Susu bubuk Indomilk ini banyak yang suka ya. Selain varian rasanya beragam, kandungan nutrisi nya juga bagus untuk tumbuh kembang anak. Bikin anak tumbuh tinggi, tangguh dan tanggap

    BalasHapus
  12. Dengan susu bubuk yang tepat dan bisa melengkapi kebutuhan gizi anak tentun kan membuat ibu tenang untuk memberikan kepada anak. Apalagi kalau rasanya disukai anak

    BalasHapus
  13. Wah kakak Fira rajin, suka bantu ibunya di rumah. Ternyata rahasia tinggi, tangguh, tanggapnya dari tips yang mbanya bagikan ya, termasuk minum Indomilk Susu Bubuk Optinutri untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak :) Noted tipsnya buat nanti belajar jadi seorang ibu

    BalasHapus
  14. setuju banget nih Mbak, membiasakan anak disiplin dari rumah agar dia bisa jadi anak yang tanggap tangguh, untuk urusan tinggi saya juga percayakan kecukupan nutrisinya lewat Indomilk ini :)

    BalasHapus

Back to Top