Selasa, 27 Oktober 2020

Cetak Foto Kekinian di ID Photobook

Melihat isi album ID Photobook

Bicara tentang cetak foto, ingatan saya kembali ke masa kecil saat negative film masih berjaya. Satu rol bisa untuk 36 kali ambil gambar.

Kekurangannya, hasil foto tidak selalu memuaskan. Kadang gelap, kurang fokus, posenya tidak pas. 

Hal tersebut yang membuat kenangan melekat, jadi lucu sebab selalu ada cerita di baliknya. Ibu saya yang rajin sekali mengumpulkan negative film lalu mengenalkan pada kami, anak-anaknya profesi tukang foto yang bertugas mengubah semua rol menjadi lembaran gambar.

Namanya anak kecil, waktu itu kami takjub sekaligus penasaran bagaimana caranya. Ternyata proses pengerjaan cukup rumit, harus menyediakan ruang gelap, berkutat dengan bahan kimia, harus hati-hati agar screen tidak robek saat pembilasan. 

Wajar jika harga per foto 3R antara 1000-1500. Cetak satu rol berarti Rp36.000. Profesi ini sampai sekarang masih ada sih, namun sudah banyak tukang foto beralih ke media digital.

Menumpuknya Album Foto Masa Kecil 


Ada satu lemari khusus di rumah saya tempat menyimpan album foto keluarga mulai saya bayi, merangkak, TK, SD, SMP juga album foto berbagai moment adik pertama. Sedangkan adik kedua adalah anak era digital yang foto-fotonya tersimpan dalam handphone.

Satu sisi bahagia, mengingat kenangan indah ketika masalah hanya seputar lupa mengerjakan PR. Sisi lain, menyadari album foto transformasi dari negative film cukup memakan tempat. 

Selain itu, terkesan kurang praktis karena kita mesti menata manual lembar demi lembar foto dalam album. Album foto pun jika mau agak bagus beli dulu, harga bervariasi sekitar Rp 30.000-Rp 50.000. Dari tukang foto kita hanya dapat album yang bentuknya seperti ini.

Album foto jadul

Cover terbuat dari kertas, hingga rawan basah dan rusak. Kalau rusak, maka harus cetak ulang asal klise negative film masih ada. 

Sangat berbeda dengan kondisi saat ini, kita bisa mengambil foto lewat smartphone, menghapus gambar yang tidak perlu, memilih gambar yang diperlukan untuk dicetak sehingga lebih efisien. Album pun berisi foto berkualitas bagus.

Photobook, Album Foto Era Kekinian


Menurut Wikipedia, Photobook atau buku foto adalah buku yang isinya terdiri dari foto-foto. Buku foto dapat memiliki atau tidak memiliki isi berupa tulisan. 

Pertama tahu istilah ini sejak tahun 2017, iklan ID Photobook muncul di facebook beberapa kali. Cukup menarik hati, melihat layout lucu serta kepraktisan hanya perlu kirim softcopy dari rumah, album foto akan dikirim.

Namun, baru sekarang akhirnya saya merasakan pengalaman pesan di ID Photobook. Unduh aplikasinya di playstore, daftar, pilih paket album sesuai keinginan, check out dan bayar, pilih foto untuk diupload, tinggal tunggu deh tim ID Photobook verifikasi foto kita dan kirim album fotonya ke rumah.

Halaman utama aplikasi ID Photobook
Halaman Utama 
Aplikasi ID Photobook

Mudah dan cepat. Di aplikasi juga tercantum panduan lengkap, memudahkan kalian para pengguna baru mengetahui langkah-langkahnya. 

Dalam proses produksi, kita akan mendapat update informasi lewat e-mail sampai tahap mana album dikerjakan. Jadi bisa memperkirakan kapan kita menerima barangnya.

Update informasi dari ID Photobook
E-mail ID Photobook

Ada juga layanan pelanggan yang siap membantu jika mengalami kesulitan. Ramah, sabar, dan ceria adalah value dari setiap customer service di sini. Saya merasa sedang mengobrol dengan sahabat saat dilayani.

Harga Photobook di ID Photobook


Tenang saja soal harga, cukup terjangkau dan bervariasi. Antara 200 ribu hingga 1 jutaan. Tergantung paket yang dipilih.

ID Photobook juga melayani pembelian educard, kalender 20R spiral, cetak foto frame 20R, kalender meja portrait 2021, phototiles 30x30. Saya kemarin memesan Hardcover Large Portrait 48 halaman seharga Rp 325.000 yang muat untuk 100 foto.

Asyiknya, selama bulan Oktober ini ada promo gratis kalender 20R berisi foto-foto kita. Rencana kalender ini mau saya hadiahkan untuk neneknya anak-anak sebagai pelepas rindu. 

Bonus kalender ID Photobook bulan Oktober
Yay! Bonus Kalender

Tidak hanya itu fasilitas yang diberikan. Gratis ongkos kirim pengiriman wilayah Jawa-Bali. Saya suka sekali kualitas premium dari kertas fotonya. 

Anak-anak pun gemar membolak balik album dari ID Photobook. Mereka berkomentar bagus. 

Waktu saya cerita bahwa mesin printing yang digunakan seharga 5 Milliar untuk mendapat hasil terbaik. Rasa kagum terpancar di wajah mereka. Terima kasih ID Photobook, kami sangat puas! Tertarik membuat photobook juga silakan berkunjung ke ID Photobook

Hasil album foto ID Photobook
Hasil Cetak Foto ID Photobook

14 komentar :

  1. iya, jaman dulu itu udah seneng-seneng bergaya, eh filmnya belum di pasang. Film udah dipasang, pas di cuci ternyata kebakar semua, hitam aja jadinya.

    Sekarang mau berapa pose pun tinggal jepret aja, jadi jarang cetak foto.
    Lihat hasil cetakan di id photobook jadi pengen sortir foto juga buat di cetak

    BalasHapus
  2. Hasilnya kerennn...
    Pingin ah beri hadiah seperti itu untuk anak anakku
    Harus cari foto fotonya dulu nih

    BalasHapus
  3. Jaman skg banyak foto di berbagai lokasi tapi akhirnya cmn disimpan di memory hp atau kompi. Hahaa, bagus nih pake photobook aplg dicetak ukuran gede

    BalasHapus
  4. iya nih, daripada repot2 nyetak sendiri, kan mending pake jasanya id photobook ya
    langsung beres seketika
    kita tinggal terima hasil yang cantik

    BalasHapus
  5. Saya pernah menggunakan jasa IDPHOTOBOOK untuk membuat buku company profile dari jenama perhiasan saya.

    Hasil foto dan layout nya keren banget. Meskipun prosesnya makan waktu.

    BalasHapus
  6. Saya pernah menggunakan jasa IDPHOTOBOOK untuk membuat buku company profile dari jenama perhiasan saya.

    Hasil foto dan layout nya keren banget. Meskipun prosesnya makan waktu.

    BalasHapus
  7. Ya ampun masih inget aja mb 1 rol 36 film, ahahahah jadi terkenang saya pun. Sekarang cetak foto sih udah sekedipan mata ya mb gampang dan mudah banget salah satunya di ID Photobook ini nih, biar kita bisa simpen kenangan masa lalu dengan rapi dan indah.

    BalasHapus
  8. Pengen nyetak kayak gitu juga mbak, hasil fotonya bagus dan bakal awet sampe tua nanti.. Hihi

    BalasHapus
  9. wah da lama g nyetak foto..
    tapi klo di cetak di ID Photobook jadi kece ya mbak hasilnya

    BalasHapus
  10. Kalau ada foto dokumentasi yang tersusun cantik di album memang lebih dapat feel nya, makanya daripada menuhin memori hape memang baiknya di cetak ya hehe

    BalasHapus
  11. Desain bagus, kualitas ok, lebih awet dan menarik dilihat, tentu jadi keunggulan yang harus dicoba oleh banyak orang untuk menyimpan foto terbaiknya. Di sekolah anakku buku tahunan anak sudah pakai ini, foto-foto kenangan anak sekolah satu angkatan jadi lebih keren.

    BalasHapus
  12. Wah, bahas album foto, beneeer kita tuh cuma dapat album foto yang lembarannya dari plastik gitu terus jilidannya mudah sekali lepas, ya nggak? Hahaha ...

    Makanya, suka beli album yang hardcover meski agak mahal. Nyusunnya pun harus bener-bener pas sama momennya. Kadang udah ditempel, eh ditarik lagi karena mau dipindahkan ke halaman lain.

    Sekarang sih bisa pakai jasa ID Photobook aja ya kalau mau punya kenangan dalam bentuk fisiknya.

    BalasHapus
  13. wah mantep banget, cetak foto gratis kalender :D

    BalasHapus
  14. Saya menggunakan jasa IDPHOTOBOOK untuk membuat company profile dari jenama perhiasan saya FIBI Jewelry. Hasilnya bagus banget. Sampe bukunya diambil oleh Bapak Mentreri Koperasi. Buat contoh company profile yang representatif menurut beliau. Alhamdulillah

    BalasHapus

Back to Top