Siapa Sangka, 6 Manfaat Konsumsi Kopi Aceh Ini Bisa Anda Dapatkan dengan Mudah

Kopi Aceh merupakan salah satu kopi yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Tapi bukan hanya di Indonesia saja, melainkan di luar negeri kopi di sini juga sudah dikenal dan banyak digandrungi. 
Aceh memang merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbesar yang ada di Indonesia. Jenis kopi yang ditanam di daerah ini antara lain yaitu kopi arabika dan kopi robusta. Berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika mengonsumsi kopi asal Aceh ini.
1. Mencegah Terjadinya Depresi
Sebuah penelitian dilakukan terhadap Kopi dari Aceh dan mendapatkan hasil bahwasannya orang yang mengonsumsi kopi setiap hari akan mempunyai tingkat depresi yang jauh lebih rendah jika dibanding dengan orang-orang yang tidak mengonsumsi kopi tersebut. 

Karena memang ketika Anda mengkonsumsi kopi ini, maka mood Anda akan jadi seperti semula. Hal tersebut dimungkinkan karena adanya kandungan antioksidan serta kafein yang terdapat pada kopi.

2. Membantu Regulasi Hati

Manfaat selanjutnya yaitu kopi ini memiliki khasiat dalam membantu regulasi hati. Dengan Anda mengkonsumsi kopi secara teratur dan rutin setiap hari, akan menurunkan risiko terjadinya penyakit autiomun sclerosingcholangitis yang bisa menyebabkan gagal hati sirosis hati bahkan penyakit yang lebih parah lagi yaitu kanker. 

Penelitian lain yang juga pernah dilakukan didapat data bahwa dengan mengonsumsi kopi akan lebih rendah risiko bagi Anda terkena sirosis alkoholik.

3. Meningkatkan Stamina


Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi nyatanya memiliki hasiat dalam menambah stamina serta semangat tubuh. Oleh karena itulah di sini Kopi Aceh bisa dijadikan sebagai minuman untuk menambah stamina Anda secara alami. Bagi Anda yang hendak melakukan ujian ataupun presentasi, maka sangat disarankan untuk mengonsumsi kopi ini terlebih dahulu.

4. Mampu Mengurangi Risiko Diabetes


Dengan mengonsumsi kopi setidaknya 4 cangkir sehari akan mampu menurunkan risiko terserang diabetes tipe 2 hingga 25%. Hal itu tentunya disebabkan oleh kandungan asam klorogenik serta alkaloid yang terdapat pada Kopi Aceh sehingga mampu menurunkan penyerapan glukosa di dalam tubuh.

5. Mencegah Kanker Kulit

Kopi yang berasal dari dataran tinggi Aceh sudah dipercaya mampu untuk mencegah terjadinya kanker kulit. penelitian mengenai hal tersebut telah dilakukan dan diperoleh data serta fakta bahwasannya para wanita yang lagi mengonsumsi kopi ini akan mampu untuk terhindar dari serangan kanker kulit dibandingkan para wanita yang sama sekali tidak pernah mengonsumsi kopi tersebut. 

Oleh karena itu bagi Anda yang tidak ingin terserang kanker kulit, maka tidak ada salahnya untuk mengonsumsi kopi yamg berasal dari Aceh ini mulai dari sekarang.

6. Mengurangi Risiko Terjadinya Penyakit Alzheimer

Manfaat terakhir yang dimiliki oleh kopi ini yaitu membuat daya pikir serta ingatan Anda semakin tajam. Banyak para peneliti yang menyatakan bahwasanya peminum kopi rata-rata mempunyai risiko 60% jauh lebih rendah untuk terserang penyakit alzaimer dan demensia. 

Penelitian lain juga membuktikan bahwasannya penyakit parkinson juga mampu dicegah serta risikonya akan menurun hingga 60% jika rutin mengonsumsi kopi ini. Hal tersebut dikarenakan protein menurunkan protein beta amyloid yang umumnya menumluk di bagian otak para penderita alzheimer.

Itulah tadi 6 manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi Kopi Aceh. Kopi tersebut selain memberikan cita rasa yang nikmat, tapi Anda juga akan mendapatkan banyak sekali keuntungan ketika rutin mengkonsumsinya. Golongan-golongan tersebut seperti yang telah disebutkan di atas. Oleh karena itu bagi Anda para pecinta kopi sebaiknya mulai mencoba untuk mengonsumsi kopi dari Aceh ini.



21 komentar

  1. kopi aceh emang the best ya mak, aku suka sama taste-nya, mau pure atau pakai susu juga sama enaknya.. dan ternyata manfaatnya banyak juga

    BalasHapus
  2. Aku tuh sukaaaa bgt minum kopi mba
    sayangnya, kudu dipadukan dgn gula :(
    Jadi khasiat kopi utk cegah diabetes, kayaknya ga berlaku buat penggemar minuman kopi manis kayak diriku yha
    hiks hiks.

    BalasHapus
  3. Saya penikmat kopi, Kpi Aceh salah satunya. Dulu saat tinggal di Sumut, sering beli varian ini karena fresh ada di toko kopi. Kini beli online biasanya. Baru tahu kalau manfaat Kopi Aceh ini bagus sekali

    BalasHapus
  4. hah, seriusan konsumsi kopi 4 gelas sehari menurunkan risiko diabet? wah suamiku seneng dong karena banyak minum kopi. Eh tapi sebenarnya ada takaran per gelasnya berapa cc supaya ga berlebihan?

    BalasHapus
  5. Saya belum pernah minum kopi aceh, tapi iparnya tetanggaku itu orang aceh dan sering cerita kalau kopi aceh emang mantul.

    BalasHapus
  6. Wah, jadi penasaran nih, kopi aceh ada hubungannya dengan regulasi hati. Yuk ah nyeruput kopi aceh hehe.

    BalasHapus
  7. Aku suka kopi buat ngilangin ngantuk..kopi aceh enaaa ya mba apalagi minumnya jg pas di aceh.. Eh tapi baru tau yg kopi poin 6. Bisa cegah pikun yaa. Noted. .

    BalasHapus
  8. Kata suami, kopi aceh emang rasanya beda dibanding kopi dari daerah lain. kalau bagi saya, rasanya ya sama aja. Ternyata banyak ya manfaat yang didapatkan tubuh jika rutin mengkonsumsi kopi aceh

    BalasHapus
  9. Masih ingat rasa senangnya ketika dibawain oleh² kopi Gayo dari atasan. Saya habiskan minum satu bungkusnya. Ternyata minum kopi memang banyak manfaatnya ya asal diminum dengan porsi yang pas.

    BalasHapus
  10. Saya rasa, kopi dari daerah manapun di seluruh dunia, selama masih mengandung kafein, pasti bisa mencegah depresi dan meningkatkan stamina, selama minumnya tidak lebih dari 8 cangkir sehari.

    BalasHapus
  11. Ketahuilah, orang yang tidak suka dengan kopi perlu dipertanyakan kewarganegaraannya atau bisa juga kemanusiaannya!"

    Ingat quote ini, aku jadi tersenyum geli.

    Beberapa tahun terakhir aku juga jadi penikmat kopi. Kopi susu, tepatnya.
    Di Balikpapan, ada satu kedai kopi Mantauw namanya. yang kopi es susunya, mantul!
    Aroma dan campuran susunya, endeus!
    Dijamin bikin good mood.

    Untukku, manfaat kopi yang ini, bikin good mood, yang paling sering aku nikmati!

    BalasHapus
  12. AKu masih punya kopi robusta Aceh dikasi teman.
    Ternyata manfaatnya bagus ya buat kesehatan, dari muali penyakit dalam sampai kecantikan kulit, cegah kanker...
    Selama ini tahunya buat ngilangin ngantuk hehe

    BalasHapus
  13. aku suka dgn kopi aceh, kopi gayo
    enak dan ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan ya mbak

    BalasHapus
  14. Sebagai pecinta kopi, saya suka kopi Aceh. Baik yang Aceh Gayo (arabika) maupun Robusta. Ternyata manfaatnya banyak ya. Nggak cuma menghilangkan kantuk tapi juga bisa mencegah diabetes. Tapi saaya cuma bisa minum satu gelas sehari.

    BalasHapus
  15. Aku termasuk orang yang selalu stok kopi dari Aceh, karena emang suka minum kopi. Rasanya tuh kalau gak minum kopi bisa oleng gitu, hahahahaaaa

    BalasHapus
  16. Dah lama banget sih gak icip-icip kopi Aceh..Pengen deh cobain lagi rasanya emang khas ya Kopi Aceh ini..

    BalasHapus
  17. Aku itu deg2an kalau minum kopiiu
    Entah kenapa dari dulu masih saja ga bisa kopi

    Padahal minum seteguk tapi pusing ama deg2an bisa lama. Enak juga btw kayaknya kopi aceh ini buat suami

    BalasHapus
  18. Wah menarik nih aku baru tau kalau kopi bisa mengatasi alzheimer. Namun mesti dalam batas wajar kan Mak, kafeinnya itu agak khawatir sih kalau konsumsi berlebihan

    BalasHapus
  19. Wah...ini deja vu banget.
    Baru aja aku cerita kalau paling gak bisa minum kopi Aceh yang strong banget... Ternyata ada tulisan kak Hanifah.
    Manfaatnya banyak yaa...

    BalasHapus
  20. Waaw baru tau manfaat kesehatan konsumsi kopi Aceh banyak banget. Tapi akutu nggak terlalu suka kopi mbak, seringnya kalo dibeliin nggak pernah abis. Btw, nice info. Hehe.

    BalasHapus
  21. Aku pecinta kopi tapi belum pernah sekalipun nyobain kopi Aceh. Biasanya sih kopi hitam yang ada di pasaran.

    BalasHapus