Dua Tahun Serius Ngeblog

Hosting murah bayar bulanan

Kegiatan menulis sudah saya lakukan sejak lama. Sebelum blog hadir, segala aktivitas dicatat dalam buku harian. Sesekali saya juga suka membuat cerpen dan puisi. Platform blog saya kenal sekitar tahun 2008-2009 ketika kuliah. 

Waktu itu, masih iseng membuat akun multiply yang saat ini sudah non aktif. Tulisannya hanya sekadar opini pribadi tentang hal-hal yang terjadi di keseharian.

Lalu 2012 membuat akun di blogspot dan wordpress. Wordpress berisi review makanan sementara blogspot diisi resensi buku. Karena kesibukan bekerja dan menikah, blog-blog tersebut saya tinggalkan sampai yang wordpress lupa password. Tahun 2018 kembali diajak teman untuk ngeblog dan memang rasanya kangen menulis lagi. Akhirnya saya lanjutkan tulisan-tulisan dalam blog ini sampai sekarang. 

Manfaat Setelah Serius Ngeblog

Pakai domain id

Wah kalau sejak 2018 berarti mestinya 4 tahun serius ngeblog judul tulisannya? Jadi, tahun 2018 blog saya belum menggunakan Top Level Domain alias masih pakai layanan gratis. Baru sekitar pertengahan 2020, saya disarankan seorang teman untuk mulai berani lebih profesional membayar domain. 

Pilihan domain ada beragam, selain domain com kalian bisa pakai domain id. Untuk nama web sesuaikan saja dengan keinginan. Kalau saya, agar mudah diingat pakai nama. Setelah beralih ke blog TLD, saya merasakan beberapa manfaat

1. Lebih Termotivasi Merawat Blog

Tidak dipungkiri pastinya, tiap blogger yang sudah mendaftarkan domain ingin blognya ramai dikunjungi. Rasa bangga dan bahagia jika website ada di mesin pencari. Tentu perawatan harus dilakukan untuk menarik pembaca seperti mengganti template agar menyenangkan dilihat, mengecek kecepatan akses web, menyajikan tulisan bagus, dan lain sebagainya. 

2. Mendapatkan Penghasilan 

Nah, jika sudah ramai pengunjung ada dua cara mendapatkan penghasilan lewat blog. Pertama, mendaftarkan AdSense nantinya blog kita bisa disisipi iklan. Tiap iklan yang dilihat pengunjung bisa mendatangkan komisi. Kedua, lewat kerjasama penulisan review produk. 

3. Menjalin Komunitas dengan Sesama Blogger

Dari ngeblog secara serius saya juga mendapat jalinan pertemanan yang lebih luas. Sehingga saat bepergian ke luar kota menyempatkan bertemu untuk silaturahim. Selain itu juga dapat memperkuat branding sebagai konten kreator. 

Pentingnya Memilih Domain dan Web Hosting Terpercaya

Pengalaman Ngeblog

Domain, adalah alamat situs kita. Sementara Web Hosting adalah penyedia ruang penyimpanan untuk semua file kita. Hosting juga berpengaruh pada performa website. Penggunaan server dan data center berkualitas dapat meningkatkan kecepatan website. 

Hosting ada bermacam-macam sesuai kebutuhan 

1. Shared Hosting

Hosting yang biayanya murah sebab setiap situs web akan berbagi sumber daya dengan web lain dalam satu server. Kelemahannya adalah jika salah satu web mengalami peningkatan traffic dapat berimbas pada kinerja kecepatan web lain di server yang sama. 

2. VPS Hosting

Jenis hosting ini, server utama dibagi menjadi beberapa server virtual, dan setiap server didedikasikan untuk masing-masing situs web individual yang dapat disesuaikan sepenuhnya berdasarkan kebutuhan pengguna.

Hosting jenis ini membuat kinerja web lebih baik pagi pengguna dengan lalu lintas sedang. Sebab jika terjadi gangguan pada web lain, tidak akan terlalu mempengaruhi yang lainnya. Untuk harga biasanya tentu lebih mahal dibanding shared hosting tapi lebih murah dibanding dedicated hosting. 

3. Dedicated Hosting 

Jenis hosting ini disewa secara eksklusif oleh satu klien. Karena hanya ada pengguna tunggal yang tidak perlu berbagi sumber daya dengan klien lain, situs web akan dapat beroperasi pada kinerja yang optimal dengan tingkat keamanan yang tinggi. 

4. Cloud Hosting

Cloud hosting hadir melalui beberapa server jarak jauh dengan tanggung jawab yang berbeda-beda. Dengan demikian, jika satu server memiliki masalah, server lain akan mengambil alih tanggung jawab tersebut. Dengan server cloud, situs web akan memiliki kinerja tingkat tinggi karena tingkat uptime yang lebih tinggi, dan kesalahan server yang diminimalkan.

Sebenarnya ada beberapa jenis lagi yaitu email hosting dan wordpress hosting. Namun, paling umum digunakan adalah tersebut di atas. 

Nah, setelah paham jenis-jenis hosting dan pengertian domain. Saatnya memilih penyedia domain dan hostingnya. Salah satu yang terpercaya adalah Domainesia. Memiliki berbagai keunggulan yaitu
- NVMe SSD Super Cepat
- Cloud Backup
- Unlimited Bandwidth
- Garansi Uang Kembali
- Passionate Support
- Instant Deploy
- Mendukung IPv6
- Gratis Domain dan gratis SSL
- 5 lokasi server yang bebas pilih ada di Indonesia, Singapore, Jepang, Inggris dan Amerika. 

Domainesia adalah hosting murah bayar bulanan jadi tidak terasa berat. Selalu ada diskon 30% lebih murah dari lainnya. Terbukti dengan harga Rp 30.100 per bulan atau Rp361.200 per tahun bisa untuk unlimited website, unlimited bandwidth, unlimited email, sudah gratis domain dengan space 2GB. Sementara di tempat lain harganya bisa mencapai Rp720.000.

Kesimpulan
Ngeblog adalah kegiatan menyenangkan buat saya. Apalagi di tengah pandemi yang memaksa orang berdiam diri di rumah. Kegiatan ini selain bisa mengisi waktu juga bisa menghasilkan uang. 

Supaya terlihat lebih profesional, sebaiknya blog memiliki domain dan hosting pribadi. Banyak pilihan penyedia hosting dan domain tapi menurut pengamatan, Domainesia yang memiliki harga terbaik. 

Komentar

Postingan Populer