Kumpulan Tips Menggunakan Bunga Pinjaman Bank Yang Wajib Anda Tahu!

Bunga Pinjaman Bank

Memulai sebuah bisnis tentulah memerlukan modal besar. Sayangnya, tidak semua orang memiliki modal yang cukup untuk membuka bisnis impian mereka. Oleh sebab itu, banyak lembaga dan perbankan menyediakan pinjaman dengan syarat dan ketentuan tertentu untuk membantu para nasabahnya mendapatkan modal pinjaman bisnis. 

Namun, sebelum menggunakan bunga pinjaman bank sebagai modal bisnis, jangan terlalu terburu-buru dulu memilih produk kredit perbankan. Anda tetap perlu memahami seluk-beluk kredit perbankan terlebih dahulu. 

Kumpulan tips di dalam artikel berikut mungkin bisa membantu Anda dalam memilih sekaligus memanfaatkan bunga kredit bank. 

Baca juga 

Program Referal Komunal Deposito BPR

Sampoerna Mobile Banking, Solusi Keuangan Gen Z

Tips Memilih Asuransi Mobil

Kiat-kiat Menggunakan Bunga Pinjaman Bank

Mengetahui Jenis Bunga

Bank pada umumnya menawarkan berbagai jenis bunga kepada nasabah. Beberapa jenis bunga pinjaman tersebut dapat berupa bunga efektif, flat atau bunga tetap. Sebelum memilih jenis bunga kredit, ada baiknya untuk mengetahui jenis-jenis bunga tersebut. Anda juga bisa berkonsultasi langsung kepada pihak bank agar tidak salah memilih bunga bank untuk kebutuhan pinjaman.

Dengan mengenal jenis-jenis bunga bank maka Anda pun tidak akan terjebak dalam pembayaran angsuran yang menumpuk. Seperti yang diketahui, setiap jenis bunga bank memiliki kalkulasi berbeda-beda. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara menghitung bunga pinjaman bank. 

Mintalah kepada pihak bank untuk melakukan simulasi kredit. Dengan begitu, Anda dapat memiliki gambaran tentang jumlah bunga kredit bank yang wajib dibayarkan setiap bulannya. 

Memilih Bunga Pinjaman Bank Yang Kompetitif

Bunga Bank

Pastikan pula untuk memilih suku bunga yang kompetitif saat mengajukan kredit. Hal ini penting dilakukan agar Anda tidak terlalu terbebani saat harus membayar bunga pinjaman bank setiap bulannya. Oleh sebab itu, para nasabah dituntut untuk mengetahui detail bunga bank yang dipilihnya agar tidak terjebak dengan berbagai jenis penawaran kredit bank. 

Jangan terlalu mudah menerima tawaran bunga kredit yang menarik dari perbankan ataupun lembaga kredit lainnya. Beberapa lembaga kadang memberikan penawaran bunga kredit rendah. Namun, bunga selanjutnya kadang memiliki nilai yang lebih tinggi. Pelajari cara menghitung bunga pinjaman bank secara lebih saksama. 

Sebagai referensi, Anda bisa menggunakan pinjaman KTA dengan bunga rendah. Pada umumnya, bank-bank ternama seperti DBS memiliki penawaran suku bunga rendah untuk para nasabah. 

Melakukan Pembayaran Secara Dengan Cepat

Beberapa bank kadang menawarkan opsi pembayaran bunga pinjaman bank secara berbeda-beda. Ada yang memberlakukan kebijakan untuk membayar cicilan secara umum ada pula yang memiliki peraturan untuk pelunasanan kredit secara lebih cepat. Tentu pihak bank yang memiliki program pembayaran kredit lebih cepat dari jangka waktu kredit bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang mempunyai uang lebih.

Beberapa nasabah akan merasa terbantu dengan hadirnya opsi pelunasan cepat ini. Namun, pada umumya, pembayaran yang dilakukan dengan cepat juga bisa dikenakan denda. Oleh sebab itu, penting untuk nasabah dalam mengetahui cara menghitung bunga pinjaman bank serta denda yang harus ditanggung hingga masa pinjaman berakhir.

Jika nilai denda yang dikenakan terbilang lebih rendah dari bunga yang wajib dibayarkan, maka akan lebih baik untuk segera melakukan pelunasan. Di samping itu, Anda juga wajib membayar angsuran kredit secara rutin setiap bulannya. Jika melakukan pembayaran secara tidak tepat waktu, maka pihak perbankan akan memberikan Anda denda.

Mencari Informasi Sebanyak-banyaknya

Saat mengajukan pinjaman KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah, pihak bank biasanya akan mengenakan bunga tetap di awal 2 tahun pertama. Selanjutnya, pihak perbankan akan memberlakukan bunga efektif. 

Salah satu tips untuk menyiasati besarnya tingkat suku bunga di sisa tahun selanjutnya ialah dengan mencari detail informasi tentang tingkat suku bunga yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia (BI). Jika bunga di pasar mengalami penurunan, maka bunga cicilan seharusnya juga ikut menurun. Namun, jika bunga kredit yang harus Anda bayarkan tidak mengalami penurunan silahkan mengirimkan surat notifikasi penurunan bunga kepada pihak pemberi kredit. 

Hal ini penting Anda lakukan karena terkadang beberapa pihak perbankan tidak menyadari adanya penurunan jumlah bunga pinjaman bank di pasaran. Jadi, Anda bisa mengirimkan surat resmi sebagai bentuk pemberitahuan sekaligus pengingat. 

Mengalihkan Kredit Ke Bank Lain

Mengalihkan kredit ke bank lain yang memiliki tingkat suku bunga yang lebih rendah bisa menjadi salah satu tips untuk mengurangi beban bunga pinjaman bank. Oleh sebab itu, sangat perlu mencari tahu setiap detail produk pinjaman yang ditawarkan dari bank lain. Jika merasa terdapat perbedaan pembayaran kredit yang signifikan, maka silahkan mengajukan pemindahan kredit.

Sebelum memutuskan untuk memindahkan kredit, pastikan pula untuk menghitung beban biaya saat melakukan pengalihan kredit. Jangan sampai beban biaya pengalihan kredit lebih tinggi dibandingkan keuntungan bunga kredit yang ditentukan oleh bank yang digunakan sebelumnya. 

Pengajuan Kredit Dengan Bunga Rendah Dengan Menggunakan DBS KTA

Modal Kredit Mencapai 300 Juta

DBS KTA memberikan penawaran kredit hingga 300 juta. Modal kredit yang besar ini sangat cocok dimanfaatkan sebagai modal bisnis, renovasi rumah, modifikasi kendaraan, pendidikan dan edukasi, atau kebutuhan lainnya.

Tersedia Bunga Flat Mulai Dari 0,88%

DBS KTA menyediakan bunga pinjaman bank sistem flat mulai dari 0,88% setiap bulannya.

Angsuran Hingga 36 Bulan

DBS KTA menghadirkan jumlah pembayaran cicilan selama 36 bulan kepada para nasabah. 

Nah, demikianlah informasi tentang tips-tips memanfaatkan bunga pinjaman bank. Jika Anda sedang mencari modal kredit dalam jumlah besar tapi dengan nilai bunga yang rendah, silahkan mengajukan kredit lewat DBS KTA. 


Komentar

Postingan Populer