Tips Merawat Mobil Agar Terlihat Baru, Awet Jangka Panjang, Simak!

Merawat Mobil
Sumber gambar : google

Tips merawat mobil agar memiliki mesin seperti baru dan terlihat kinclong memang menjadi idaman. Meskipun mobil jarang digunakan, namun tetap membutuhkan perawatan di bengkel mobil terdekat. Hal ini menjadi keharusan baik mobil matic maupun manual.

Sebenarnya melakukan perawatan dapat dimulai secara mandiri di rumah. Namun jika Anda tidak memiliki waktu maka Anda bisa membawanya secara berkala di bengkel umum. Kondisi mobil yang sehat serta terjaga memberikan kepuasan tersendiri dan mampu meningkatkan performa mesin yang semakin halus bahkan mulus saat berkendara.

Baca juga

6 Kota Tujuan Road Trip Menarik

Beli Karpet Online di 109 Pillow

Rajin Menyetrika Berkat Panasonic Cordless Iron

Ketahui Tips Merawat Mobil yang Benar dan Tepat

Bagi Anda yang belum mengetahui cara merawat mobil yang benar, Otoklix.com punya petunjuk yang bisa Anda terapkan.

Perawatan mobil
Sumber gambar : google

Cek Oli Secara Rutin

Pengecekan oli secara rutin umumnya dilakukan saat mobil sudah menempuh jarak 5000 km. Namun karena kesibukan, terkadang hal ini jarang dilakukan.

Dalam petunjuk manual, setiap pengendara melakukan pengecekan oli selama 6 bulan sekali atau mencapai jarak 10.000 km. Jika jarang keluar, namun untuk intensitas penggunaan sehari-hari minimal 5000 km.

Cara cek oli sangat mudah. Anda tinggal hidupkan mesin kemudian lihat indikator oli pada dashboard. Jika indikator olinya mati maka oli masih baik. Hanya saja Anda harus melakukan tips merawat mobil agar lebih akurat. Matikan mesin dan tunggu hingga 10 menit.

Selanjutnya buka kap mesin, dan tarik stick oli. Lakukan pembersihan ujung stick dengan lap. Untuk melakukan pengecekan maka masukkan stick tersebut dan tarik kembali.

Perhatikan stick untuk melihat apakah oli rendah, normal atau malah kebanyakan. Apabila oli berada pada bagian L atau 1 maka berkurang. Begitu juga saat berada di F atas 3 alias terlalu banyak. Selain itu, mesin yang terasa kasar terutama warnanya menghitam dan encer maka segera ganti.

Periksa Aki

Selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan pada aki. Level yang semestinya aki berada diantara garis batas penanda. Anda ukur tegangan aki dengan volt meter.

Cek Kopling dan Rem

Tips merawat mobil lain adalah memeriksa kendaraan saat memasuki 10.000 hingga 50.000 km. Selain itu, lakukan pemeriksaan pada amplas kopling.

Pastikan tidak aus karena membuat perpindahan gigi semakin berat. Kemudian periksa kondisi rem mobil minimal mengganti minyak rem setiap 20.000 km.

Periksa Tekanan dan Ban

Hal penting lainnya adalah memeriksa tekanan ban. Meskipun terlihat sepele namun hal ini memiliki pengaruh terhadap keselamatan.

Pemeriksaan dapat dilakukan setiap sebulan sekali maupun saat akan bepergian jauh. Pastikan Anda mengerti tekanan standar ban melalui petunjuk buku manual.

Untuk mengetahui tekanan maka Anda bisa lakukan tendangan pada ban. Jika bunyi yang dihasilkannya keras dan pantulannya kuat maka tekanan terlalu tinggi. Begitu juga sebaliknya maka tekanan Anda berkurang anginnya.

Tips merawat mobil adalah jangan lupa mengecek kondisi ban. Jika sudah gundul atau ada yang aneh mulai dari sobek, retak, rusak maka sebaiknya segera ganti.

Oleh karena itu Anda harus mengerti bagaimana melepas dan memasang ban sehingga saat terjadi kerusakan pada ban dapat menggantinya secara cepat dan lancar.

Isi Air Radiator dan Air Wiper

Mengganti air radiator menjadi sangat penting. Selain itu penggantiannya tidak sembarangan. Karena menunjang performa mobil saat berkendara di jalan.

Menambahkan air wiper juga perlu Anda perhatikan. Fungsinya untuk membersihkan permukaan kaca. Isi dengan air biasa atau washer fluit.

Periksa Lampu dan Kabel

Untuk kenyamanan dan tidak mendapati masalah saat perjalanan sebaiknya Anda cek lampu dan kabel. Periksa apakah ada yang putus atau rusak sehingga membuat penerangan menjadi redup. Ganti spare part sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Mobil terawat
Sumber gambar : Google

Rutin Mencuci Mobil

Tips merawat mobil lainnya adalah rutin mencuci mobil agar selalu kinclong dan bersih dari kotoran atau debu yang menempel pada body. Noda yang menempel jika tidak dibersihkan maka nantinya akan sulit dibersihkan terutama body yang berwarna putih. Lakukan pembersihan sesuai prosedur pencucian. Melindungi mobil dari panas dan lembab dengan menggunakan penutup.

Selain itu Anda juga perlu membersihkan bagian dalam mobil. Mulai dari kebersihan jok setelah penggunaan baik dari debu maupun keringat dan kabin dari tumbuhnya jamur. Sehingga terbebas dari bau apek, noda jamur pada kabin atau atap mobil.

Gunakan Bahan Bakar Sesuai Anjuran Pabrik

Mengisi bahan bakar yang beroktan tinggi serta sesuai dengan rekomendasi pabrik merupakan salah satu bentuk perawatan. Menggunakan bahan bakar yang kotor akan mempengaruhi kinerja mesin. Bahan bakar ini memberikan kinerja mulus pada kendaraan. Menjaga performa mesin selalu halus dan terlindungi.

Anda tak perlu datang ke bengkel resmi. Karena bengkel umum juga memiliki kualitas yang baik. Selain harga perawatan mobil lebih murah, konsultasi dengan mekanik akan lebih mudah. Untuk mendapatkan tips merawat mobil hingga berita otomotif lainnya. Bahkan berlangganan dengan bengkel umum yang berkualitas, Anda bisa mewujudkannya di Otoklix.com. 

Baca juga

Pengalaman Belanja SGM di Alfagift

Tips Memilih Jasa Fotografer Profesional

5 Ide Kegiatan Seru di Rumah

Komentar

Postingan Populer