Menghilangkan Rasa Pahit di Mulut Akibat Asam Lambung

Gerd

Penyakit asam lambung adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan rasa ketidaknyamanan atau nyeri yang terjadi pada perut bagian atas setelah makan atau minum. Gangguan tersebut dikenal juga dengan istilah sakit maag, indigestion, ataupun dispepsia.

Penyebab Asam Lambung

Penyebab masalah asam lambung biasanya karena berbagai hal yaitu :

Luka pada lapisan lambung

Penyebab asam lambung yang pertama adalah adanya luka pada lapisan lambung, atau biasa di sebut tukak lambung. Tukak lambung adalah luka yang muncul pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung. Luka ini juga berpotensi muncul pada dinding bagian pertama usus kecil (duodenum) serta kerongkongan (esofagus)

Konsumsi minuman dan makanan yang mengiritasi lambung

Penyebab munculnya penyakit asam lambung umumnya berkaitan dengan konsumsi makanan atau minuman. Misalnya, minuman beralkohol, berkafein (kopi, teh, cokelat), atau minuman lain yang mengandung soda.

Sementara itu untuk makanan, pemicu tersering adalah yang mengandung tinggi lemak dan asam (seperti jeruk dan tomat). Jenis makanan dan minuman tertentu tersebut dianggap bisa memicu produksi asam lambung berlebih yang kemudian mengiritasi permukaan dalam lambung.

Stres

Selain makanan dan minuman, pikiran stres dan kecemasan juga dapat memicu naiknya asam lambung.

Begadang

Siapa disini yang sering begadang? Nah hal ini juga dapat memicu asam lambung kita naik loh, yuk perbaiki jam tidur dan istirahat kita.

Infeksi bakteri

Infeksi lambung umumnya disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori. Bakteri ini cenderung menyerang dinding lambung hingga menimbulkan luka pada lambung dan usus kecil.

Gejala Asam Lambung

Beberapa tanda dan gejala khas yang mengindikasi asam lambung tinggi adalah :

  1. Rasa nyeri, disertai rasa terbakar, rasanya tidak nyaman sama sekali pada perut atau tepatnya bagian atas yaitu (ulu hati)

  2. Tiba- tiba timbul rasa pahit pada mulut kita

  3. Rasa mudah kenyang saat makan

  4. Perut rasa begah tidak nyaman saat makan berlebihan

  5. Mual kemudian muntah

  6. Perut kembung

Gejala yang membutuhkan penanganan khusus

Di samping beberapa ciri-ciri di atas, beberapa tanda berikut ini membutuhkan perhatian khusus dan harus segera dievaluasi penyebab asam lambung naik :

  1. Mual parah muntah berkali kali hingga kehabisan cairan

  2. Penurunan drastis berat badan tanpa jelas penyebabnya

  3. Kesulitan menelan

  4. Disertai anemia 

  5. Benjolan di area perut

  6. Adanya muntah darah atau BAB darah

  7. Keluhan di atas berulang dan terjadi pada usia penderita di atas 55 tahun.

Faktor Risiko

Beberapa faktor risiko yang berkaitan dengan munculnya asam lambung adalah :

  1. Orang yang mengalami obesitas

  2. Kehamilan

  3. Konsumsi obat tertentu 

  4. Menderita penyakit tertentu seperti, Kanker lambung, tukak lambung

  5. Kebiasaan merokok

Pengobatan Asam Lambung

Tentunya dalam penanganan atau pengobatan asam lambung ini bergantung pada penyebab dan tingkat keparahan. Beberapa perawatan yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah antara lain :

  1. Sebisa mungkin hindari faktor risiko pemicu asam lambung naik

  2. Mengurangi hingga berhenti merokok (stop smoking)

  3. Jalani pola makan dan hidup sehat, makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, serta rutin berolahraga

  4. Makan secara pelan-pelan dalam mengunyah, usahakan makan sedikit namun sering

  5. Jaga berat badan agar ideal

  6. Kurangi begadang dan atur waktu istirahat

Cara Mengatasi Rasa Pahit di Mulut Akibat Asam Lambung

Rata-rata warning kalau asam lambung kita naik yaitu mulut kok terasa pahit ya? Alasan kenapa mulut terasa pahit yang cukup umum yakni asam lambung naik atau penyakit gastroesophageal reflux (GERD). Kondisi ini bisa terjadi saat otot atau klep di bagian atas lambung melemah, sehingga asam lambung dari pencernaan naik ke kerongkongan.

Nutriflakes

Cara efektif atasi mulut/ lidah yang pahit karena asam lambung naik

Ada beberapa hal yang bisa Sobat lakukan untuk mengurangi mulut yang terasa pahit. Bahkan Sobat juga bisa mengobatinya di rumah, lho! Berikut ini cara yang bisa Sobat lakukan untuk mengatasi mulut yang terasa pahit

Asupan Air putih

Cara pertama yaitu Konsumsi dan penuhi Asupan air putih secara teratur dan cukup, hal ini dapat menyebabkan produksi air liur meningkat. Nah, jika sedang tidak memungkinkan minum air putih, Kalian bisa mengunyah permen karet bebas gula untuk meningkatkan produksi air liur.

Menjaga kebersihan Mulut dan Gigi

Usahakan untuk membuat Mulut dan Gigi dalam kondisi bersih setelah konsumsi berbagai makanan yang masuk dalam mulut. Menyikat gigi secara rutin hingga bersih adalah salah satu cara yang bisa kalian lakukan setiap hari. Dengan menyikat gigi yang rutin, hal ini bisa menghindarkan kita dari kondisi mulut pahit.

Pola makan 

Agar tidak mengalami mulut pahit yang disebabkan oleh GERD, Kalian perlu menjalani pola makan yang sehat. Makanlah di waktu yang tepat dengan porsi yang juga tepat. Jangan sampai terlalu banyak dan menyebabkan GERD menjadi kambuh, Sobat!

Nah, Kalian juga perlu menghindari stres yang berkepanjangan karena kondisi tersebut bisa mempengaruhi kondisi lambung.

Periksakan ke Dokter

Jika Sobat mengalami mulut pahit yang berkepanjangan dan penyebabnya tidak bisa diketahui dengan jelas, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter ya.


Asam lambung adalah kondisi yang normal terjadi, untuk meminimalisir gejala asam lambung kita harus mampu meningkatkan imun dan juga daya tahan tubuh.

Salah satunya adalah konsumsi makanan bergizi dan kaya nutrisi, rekomendasi dan opsi yang tepat yaitu dengan konsumsi sereal asam lambung yang bermanfaat bagi kesehatan.

Gerd

Nutriflakes Sereal Asam Lambung adalah pilihan yang cepat dan tepat. Sereal untuk asam lambung yang memiliki manfaat bagi kesehatan bisa jadi pilihan cerdas kalian. Sesuai dengan namanya yaitu Nutri, Mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kita, khususnya untuk masalah lambung atau GERD ini.


Dengan kandungan nilai gizi berupa energi, lemak, karbohidrat, serat pangan, dan kolesterol. Nutriflakes merupakan makanan asam lambung bisa dijadikan sebagai asupan sarapan di pagi hari. Tidak hanya di pagi hari, sereal lembut berwarna hijau muda ini juga bisa dikonsumsi pada malam hari sebagai pengganti makan malam.

Yuk kenalan lebih dekat sama sereal Ajaib satu ini. Sereal asam lambung satu ini terbuat dari bahan herbal yang pasti terjamin kualitas yang mengambil unsur alami. Sereal asam lambung berbahan herbal ini juga dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya yaitu masalah gangguan pencernaan, karena berbahan dasar seperti umbi garut, susu etawa, dan kelor timor, dan gula aren aman dikonsumsi mulai dari anak-anak usia 2 tahun ke atas.

Wih Aman banget ya untuk anak - anak, bagi kalian yang belum cukup familiar sama produk sereal ini sayang banget untuk dilewatkan.

Lalu apa sih bedanya Nutriflakes dengan sereal lain yang beredar dipasaran?

Jelas lebih kaya akan manfaat yaa, yang membedakan Nutriflakes dengan sereal lainnya adalah kandungan psyllium husk. 

Psyllium husk merupakan nutrisi yang berperan sebagai laksatif untuk meredakan konstipasi atau nyeri pada lambung. Demikian, serat ini dapat menyerap air dan menjaga kelembaban feses sehingga lebih mudah meredakan nyeri pada lambung yang menyiksa.

Manfaat Mengkonsumsi Nutriflakes

Sereal dengan segudang manfaat yang patut kita jadikan alternatif baru untuk mengatasi nyeri asam lambung. Manfaat dan khasiat mengkonsumsi Nutriflakes ini diantaranya adalah :


  1. Mengatasi asam lambung ( mengobati rasa pahit di mulut/ lidah akibat dari gejala yang ditimbulkan)

  2. Maag kronis

  3. Gerd tanpa efek samping

  4. Meringankan gejala nyeri

  5. Begah

  6. Perut Kembung

  7. Membantu proses pembentukan antibodi

  8. Pembentukan energi serta

  9. Memperbaiki sel - sel yang rusak


Manfaat lain yang bisa Konsumen dapatkan adalah memperkuat organ pencernaan, sebagai terapi penyembuhan asam lambung, memenuhi kebutuhan serat harian, sebagai makanan pengganti bagi yang menderita asam lambung, serta dapat mengurangi ketergantungan pada obat kimia.

Produk ini aman untuk dikonsumsi dan sudah terdaftar di Industri Pangan Rumah Tangga (PIRT) dengan nomor registrasi 730721064647242021. Nutriflakes juga telah memiliki izin dari Dinas Kesehatan dengan nomor NJP003072021.

Dikemas dalam dus 280 gram, sereal ini dapat bertahan selama satu tahun jika masih kemasannya belum dibuka. Namun, sebelum mengkonsumsinya, perhatikan juga tanggal masa simpannya yang tertera pada kemasan.

Cara Penyajian Nutriflakes:

  1. Tuangkan Nutriflakes setara 3 sendok makan ke dalam gelas

  2. Tambahkan Air panas 150 ml kemudian aduk hingga merata

  3. Tunggu hangat dan Nutriflakes pun siap kita santap 

  4. Simpan Sereal Nutriflakes di wadah khusus, kering, dan suhu ruangan yang sejuk.


Bosen saat mau mengkonsumi sereal ini, boleh gak sih Nutriflakes ini dicampur dengan makanan lain? Bisa banget Loh, Nutriflakes juga bisa dinikmati dengan menambahkan potongan buah segar sebagai topping seperti buah pisang, kiwi, atau buah-buahan lainnya. Ini agar rasanya tambah nikmat dan segar untuk dikonsumsi. Cukup simple cepat, dan Mudah bukan cara menyajikannya? Tidak butuh waktu lama dan anti ribet.

Jangan tunggu asam lambung semakin nyeri parah ya, ketika sudah banyak gejala yang ditimbulkan alangkah lebih baiknya segera dilakukan perawatan atau pengobatan.

Gangguan pencernaan seperti asam lambung naik pun tidak akan kambuh dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh akan terpenuhi. Oleh karena itu, hidup sehat bisa diawali dengan mengkonsumsi sereal umbi garut Nutriflakes.

Keamanan Nutriflakes

BPOM sendiri merupakan badan pemerintah nonkementerian yang mengawasi peredaran obat dan makanan di Indonesia. Oleh karena itu, Nutriflakes sudah terjamin aman dan sehat untuk dikonsumsi. Sehingga, konsumen tidak perlu khawatir dan ragu lagi untuk mengkonsumsi dan mendapatkan manfaat sereal Nutriflakes ini. Nutriflakes dapat dipesan melalui akun Instagram resmi di @nutriflakes.official dan marketplace Nutriflakes Shopee. Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung.    


Selamat mencoba, Salam Sobat Sehatku….😊

Komentar

Postingan Populer