Minggu, 12 Januari 2020

PERPUSTAKAAN BAWAH TANAH MASJID AGUNG SURABAYA

Hallo pecinta buku!

Sudah lama tidak menyapa dengan postingan tentang resensi buku dan review perpustakaan di berbagai daerah. Kalau kalian main ke Surabaya, jangan lupa mampir ke Masjid Agung Surabaya terutama untuk kalian yang muslim. Masjid Nasional Al Akbar (atau biasa disebut Masjid Agung Surabaya) ialah masjid terbesar kedua di Indonesia yang berlokasi di Kota SurabayaJawa Timur setelah Masjid Istiqlal di Jakarta. Posisi masjid ini berada di samping Jalan Tol Surabaya-Porong. Ciri yang mudah dilihat adalah kubahnya yang besar didampingi 4 kubah kecil yang berwarna biru. Serta memiliki satu menara yang tingginya 99 meter.


Masjid Agung Surabaya

Masjid ini selesai dibangun pada tahun 2000, diresmikan oleh KH. Abdurrahman Wahid. Namun, pembangunannya sudah berlangsung sejak 1995, sempat berhenti karena krisis moneter dan berlanjut di tahun 1999. Masjid Agung Surabaya mampu menampung  59.000 jamaah. Jika ingin melihat indahnya kota Surabaya dari atas, kalian bisa naik menara dengan lift yang dapat memuat sekitar 30 orang. 


Fasilitas masjid ini tidak hanya seputar peribadatan saja. Berputar di sekitar area masjid kalian akan menemukan TK dan PAUD yayasan Masjid Al-Akbar. Hall yang terletak di lantai dua masjid bisa digunakan untuk resepsi atau acara lain. Sebelah TK ada tangga menuju lantai dasar. Saya menyebutnya bawah tanah karena letaknya berada di bawah masjid. Ada poliklinik dengan bermacam spesialis bidang : dokter gigi, dokter umum, bekam maupun ruqyah. 

Lalu terdapat radio SAS FM, kantin, dan tentu saja perpustakaan. 



Tertulis Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin. Foto terlihat gelap karena seperti saya bilang di awal perpustakaan ini ada di basement atau lantai dasar. Buka hari Senin- Jumat pukul 08.00-14.00 sementara Sabtu buka pukul 08.00-12.00. Bagian depan terdapat rak sepatu yang aman untuk tempat alas kaki kalian. 

Saat masuk kita wajib mengisi daftar hadir digital seperti ini


Katalog online juga tersedia, ada beberapa komputer digunakan mengecek katalog online. Sayang, waktu saya ke sana fitur katalog online sedang tidak bisa jadi saya belum mencoba. 

Komputer Katalog Online

Terdapat etalase untuk memajang buku. Saya tidak yakin apakah buku-buku tersebut dijual atau hanya digunakan sebagai "pagar" dari ruang registrasi ke rak buku. Tidak ada petugas berjaga di meja registrasi yang bisa ditanya. Mungkin karena itu hari Sabtu, pengunjung tidak seberapa ramai. 


Etalase Buku
Ciri khas keislaman terasa sekali saat melihat dinding perpustakaan. Dipasang beberapa kaligrafi indah mengingatkan pengunjung masih berada dalam kawasan Masjid Agung Surabaya. 

Kaligrafi
Koleksi buku cukup bervariasi. Tidak hanya seputar buku Islam tapi ada buku pengetahuan umum. Untuk novel mayoritas berlatar Islam atau penulis muslim seperti The Girls From Riyadh, Ketika Cinta Bertasbih, Ayat-ayat Cinta, dll. 


Koleksi Buku Perpustakaan Masjid Agung Surabaya

Ruang bacanya nyaman dan kita bisa memilih ruang baca privat dengan sekat atau ruang baca lesehan untuk berdiskusi.


Area Baca Privat
Untuk kalian yang membawa anak, tenang saja perpustakaan ini ramah anak kok. Tersedia ruang baca luas dengan koleksi bacaan Islam berkualitas dari usia balita hingga remaja. Area baca ruang anak lesehan, ibu dan anak bisa nyaman. 


Tempat membaca ruang anak

Ruang Baca Anak



Beberapa hal yang mesti teman-teman perhatikan jika akan berkunjung ke perpustakaan Masjid Al-Akbar dihimbau untuk memakai busana muslim, jangan membawa makanan dan minuman, tidak usah membawa tas yang terlalu besar karena nanti masuk loker. Saya bisa bilang perpustakaan Masjid
Al-Akbar adalah alternatif mengajak anak liburan selain naik menara.

28 komentar:

  1. Siapa sangka masjid yang selama ini hanya untuk beribadah saja, ternyata menyimpang sarana edukasi yang dapat mencerdaskan masyarakat. Apalagi ada Katalog online yang tersedia. Mungkin bisa ditiru oleh rumah ibadah lainnya

    BalasHapus
  2. Oo, nyaman sekali kalo bawa anak ke ruang baca di perpustakaan ini ya Mba soalnya ruang baca khusus anak terasa banget aura kids friendly nya

    BalasHapus
  3. Nyaman banget ya itu perpustakaannya, bisa berlama - lama banget disini bacanya yah, bawa anak juga pasti anaknya ga akan rewel.

    BalasHapus
  4. Ya Allah kok keren banget sih ada perpustakaan bawah tanahnya, jadi penegn mampir kalau nanti ke Surabaya..nice info mbak...

    BalasHapus
  5. Wah Keren banget
    Karena berada di ruang bawah tanah Masjid besar, aktivitas nya hidup banget
    Di Bandung juga ada, nama masjidnya Istiqomah, dekat gedung sate

    BalasHapus
  6. Masya Allah... ini keren banget .. bisa dipakai contoh masjid lain. Supaya masjid bisa menjadi sumber peradaban. Mencetak generasi kuat ilmu dan wawasan. Alhamdulillah

    BalasHapus
  7. Alhamdulilah perpustakaan masjid agung bisa memberikan manfaat luar biasa. Kalau di tempatku perpustakaan masjidnya udah nggak jalan lagi. Padahal banyak kenanganku di sana

    BalasHapus
  8. Wah, keren-keren. Harus masuk ke list nih kalau jalan-jalan ke Surabaya. Soalnya anak-anakku senang banget kalau diajak ke Masjid dan tempat yang banyak bukunya gitu.

    BalasHapus
  9. Perpustakaannya cukup modern, ya Mbak? Kalau aku tinggal disitu pastilah bakal sering-sering datang kesana.

    Kelar baca bisa sekalian ibadah di Masjidnya.

    BalasHapus
  10. Perpustakannya bagus banget mbak, kmjadi pengen kesana. Baru kali ini tau adanya perpustakaan bawah tanah. Apalagi perpusnya dekat masjid,

    BalasHapus
  11. Aku baru tahu mbak..
    Makasih ya mbak, infonya..
    Ini dekat rumahku, jadi aku bisa ajak anak main kesini

    BalasHapus
  12. Pernah mampir ke masjid al-akbar Surabaya ini dan ke ruangan bawah tanahnya tahu sih ada perpustakaan tapi saya tidak mampir karena kebetulan waktu itu juga Ditunggu oleh keluarga jadi ya cuma lihat luarnya saja dan pepotoan tentunya

    BalasHapus
  13. Sayangnya saya bukan warga sana jadinya tidak bisa ajak Palung liburan ke perpustakaan. Balubur Limbangan termasuk kota kecil.
    Keberadaan perpustakaan yang unik anak juga bisa sebagai tempat main sekaligus belajar bagi mereka.
    Semoga saya sekeluarga bisa mengunjungi perpustakaan di masjid agung Surabaya itu. Keren banget.

    BalasHapus
  14. Mbak, saya tinggal fi Sidoarjo, tapi barusan tahu kalau Masjid Agung ada perpustakaan bawah tanahnya.

    Parahnya saya pun belum pernah naik menara.

    BalasHapus
  15. asli saya baru tahu kalau ada perpustakaan di sana. biasanya cuma mampir untuk ibadah dan kalau ada acara resepsi nikah. tahu gitu bakal lebih sering ke sini, cuma sejam dari rumah

    BalasHapus
  16. oke juga yah, bisa beribadah bisa pula memperkaya khasanah dengan membaca

    BalasHapus
  17. Nyaman banget ya Mbak perpustakaannya juga bisa beribadah di sana dan aku pun baru tahu perpustakaan senyaman ini.. jdi mau kesana

    BalasHapus
  18. Senangnya yaa masjid juga menyediakan fasilita syang lengkap seperti perpustakaan. Impianku tuh masjid bisa lebih ramah anak, jadi mulai dari anak-anak pun mereka merasa happy datang ke masjid.

    BalasHapus
  19. koleksi bukunya banyak juga ya. jd pengen ke sana gak buat sholat ajah tp juga baca2 buku dg si kecil. santai bs selonjoran

    BalasHapus
  20. Duh aku jadi berasa nostalgia masa SMA waktu baca ini. Karena dulu waktu SMA pernah berkunjung ke masjid agung ini bersama teman-teman sekelas dan beberapa guru

    BalasHapus
  21. Wow memanfaatkan ruangan yang ada buat perpustakaan nih, keren bangeet

    BalasHapus
  22. wah ternyata di basement mesjidnya masih ada ruangan komplit dengan perpustakaan.. adem keknya ya mbak, btw sinyal bagus nggak kalau lai di basement mbak?

    BalasHapus
  23. Tempat masjidnya bikin nyaman yac, lengkap dengan ilmu nya. Bikin nyaman siapa aja yang datang ke masjid, nambah ilmu pula

    BalasHapus
  24. Aku baru tahu ada perpustakaan di bawah masjid. Bagus ya, jadi selain beribada bisa mampir untuk baca buku. Di tempatku nggak ada seperti ini si kak, semoga bisa berkunjung ke sana

    BalasHapus
  25. Aku belum pernah ke situ, jadi nih lah baru tahu kalau ternyata ada yang seperti ini. Keren tempatnya.

    BalasHapus
  26. Paket komplit banget ya ini mbaa Masjidny. Selain kemarin udah baca yang menara.

    BalasHapus
  27. Menarik sekali nih dengan kehadiran perpustakaan di dalam masjid apalagi posisinya di bawah tanah ya. Anak-anak makin semangat yang ikut mengaji disana yah karena bisa sambil membaca buku.

    BalasHapus
  28. Waaah menarik sekali kak perpustakaannya. Apalagi lokasinya di bawah masjid. jadi bisa bersantai tanpa takut ketinggalan sholat atau bisa jadi tempat menunggu jam sholat ya kak

    BalasHapus