Selasa, 17 November 2020

Stimulasi Kecerdasan dengan Curio Safari

Curio Safari bantu stimulasi kecerdasan - Jadi orangtua itu nggak ada sekolahnya, tiap hari adalah belajar memahami anak. Makanya saya ikut komunitas parenting yang memberi pengetahuan seputar keluarga.

Ada satu bab menempel di kepala tentang membangun karakter lewat dongeng. Kami diminta membuat cerita dari sebuah gambar. 

Baru saya paham ternyata membacakan cerita banyak manfaatnya terutama untuk anak usia dini. 

  • Bisa membangun kedekatan, 
  • Mengasah imajinasi, 
  • Media penyampaian pesan, 
  • Menjadi hiburan, 
  • Mendidik karakter, 
  • Menambah kosa kata baru, 
  • Menambah ilmu pengetahuan, 
  • Serta membantu proses identifikasi diri dan perbuatan.

Media cerita disesuaikan usia dan kesukaan anak. Untuk anak saya yang berusia 4 tahun, dia sedang suka gambar dan cerita binatang.

Sebelum tidur kami punya ritual khusus main ABCD menebak nama hewan atau membaca buku kisah hewan pada zaman nabi. Sampai suatu hari kami menemukan channel YouTube PlayCurio. 

PlayCurio adalah pengembang konten pendidikan dari Korea Selatan. Penonton videonya sudah mencapai jutaan orang. 

PlayCurio singkatan dari Play Your Curiosity, dalam Bahasa Indonesia artinya Mainkan Rasa Ingin Tahumu. Memiliki value :

Curiosity

Rasa ingin tahu anak-anak adalah sumber terpenting untuk belajar. PlayCurio menumbuhkan rasa ingin tahu anak-anak.

Creativity

PlayCurio melakukan upaya berkelanjutan untuk mengembangkan konten kreatif yang menumbuhkan imajinasi anak-anak.

Connection

Hubungan antara masa kini dan masa depan, online dan offline, bermain dan pendidikan - PlayCurio adalah pusatnya.

Mereka telah menciptakan berbagai mainan edukasi. Paling terbaru adalah Curio Safari, kartu belajar observasi alam.

Variasi Curio Safari
Satu Set Curio Safari

Seru banget mainnya! Adik sempat penasaran dengan video Curio Safari di YouTube PlayCurio. Beberapa keunggulan Curio Safari :

1. Curio Safari Dapat Digunakan Sebagai Simulasi Kebun Binatang di Rumah

Menggunakan aplikasi Curio Safari AR, orangtua dapat menciptakan kebun binatang mini dalam rumah. Fitur di aplikasinya terdiri dari Animal Play AR, sebagai scanner; AR Zoo, kebun binatang AR yang bisa kita buat setelah scan semua kartu; serta library, tempat menyimpan informasi kartu.

Tampilan aplikasi menarik dengan animasi lucu. Ada 4 kategori hewan kartu Curio Safari yaitu mammalia, dinosaurus, unggas atau bangsa burung dan serangga dengan total 64 binatang. 


Binatangnya bergerak dan bersuara seperti aslinya saat discan. Anak-anak pasti antusias memainkannya. 

Acara belajar pun lebih menyenangkan karena informasi di kartu membantu mengenal hewan terkait. Apalagi buat adik yang memang tertarik dunia hewan.

2. Tersedia Bantuan dalam Bahasa Inggris untuk Curio Safari

Jangan khawatir kesulitan bahasa, walau produk berasal dari Korea Selatan tersedia penjelasan binatang dengan penutur bahasa asing asli memungkinkan pembelajaran mendalam. Sementara ini, hanya tersedia dua bahasa, Inggris dan Korea Selatan.

Curio Safari Setting Bahasa
Setting Bahasa Aplikasi Curio Safari AR

3. Harga Curio Safari Terjangkau

Sejujurnya saya kaget waktu tahu harganya karena dibanding teknologinya, harga satu set Curio Safari cukup terjangkau. Hanya 9800 won Korea Selatan atau sekitar  Rp 125.000 rupiah saja (harga bisa berubah sewaktu-waktu).

Harga Curio Safari
Harga Curio Safari

Saat ini sedang promo dari harga normal 12.000 won atau Rp 153.000. Bisa dibeli di website PlayCurio atau 
e-mail contact@play-curio.com

Selain teknologi AR Zoo, dua kartu atau lebih bisa dibandingkan satu sama lain agar anak belajar mengetahui ukuran hewan yang lebih besar dan lebih kecil. Pasti nggak akan nyesel punya Curio Safari di rumah. 

Ukuran hewan Curio Safari seperti nyata
Membandingkan Dua Hewan

Rasa ingin tahu anak usia 3-7 tahun tinggi. Potensi ini harus dimanfaatkan optimal. Cara terbaik adalah membawa imajinasi ke dunia nyata. 

Berpetualang dengan Curio Safari membawa keseruan mengenal lebih dekat hewan masa lalu dan masa kini lewat cara yang menyenangkan. Bagaimana ayah ibu? Tertarik memiliki?


22 komentar :

  1. edukatif dan inovatof banget nih. Salah satu sisi positif dari pandemi, banyak inovasi dan inspirasi yang tercipta akibat dari masa sulit.

    Thanks for sharing this awesome story mbak

    Jadi tertarik sama Curio Safari habis baca tulisan ini... huhuhu

    BalasHapus
  2. Seru banget sih permainannya ya anak jadi banyak tahu tentang binatang, ada suara dan tampilannya bisa bergerak pula

    BalasHapus
  3. Menarik sekali, kukira ini ada di app store yaa.. Tp ternyata harus beli dulu ya mbak. Saya masih mengenalkan bnyk hewan lewat buku aja nih, blm pernh ngasih video2 dr youtube, coba besok tengok deh channelnya, saya catat dlu nih.

    Makasih ya mba hanifah infonya. 👌

    BalasHapus
  4. wahh mainan edukatif ya. saya pernah beli buat adik AR card untuk bantu belajar ngaji. Makin keren ya era teknologi sekarang

    BalasHapus
  5. Sepertinya anakku suka banget nih dikasih mainan edukasi seperti ini, secara selama masa pandemi belum pernah ke kebun binatang untuk melihat hewan dan mengenali sesuai namanya

    BalasHapus
  6. Metode pembelajaran secara visual memang lebih mudaj diterima anak-anak ya. Apalagi kalo dikemas menarik seperti Curio ini, anak makin bersemangat belajar

    BalasHapus
  7. Yang kayak gini yang lebih disukai anak-anak, jadi lebih mudah untuk diserap sama anak. Harga juga terjangkau sih, bisa dicoba :D

    BalasHapus
  8. Karena pandemi saya belum berani ajak anak ke kebun binatang. Trus tau tentang curio safari ini jadi kaya solusi banget buat bermain sama anak sambil mengenalkan hewan-hewan.

    BalasHapus
  9. Anak-anak pasti senang sekali bisa mengenal Curio Safari. Mereka bisa belajar sambil bermain tentang hewan yang ada di zaman dulu dan masa sekarang ya...

    BalasHapus
  10. Anakku juga suka lihat hewan-hewan. Kalau punya ini pasti senang sekali . Oya harga 125 ribu itu untuk satu set artinya satu box kartu atau 4 box kartu mbak?

    BalasHapus
  11. Wah... keren juga ya teknologinyahh.

    Btw, Ini bayarnya bisa pake rupiah kan, mbak?

    BalasHapus
  12. Asyiiiiikkk ada temennya. Mainan edukasi banget ini ya kak.

    Bisa bikin kebun binatang kayak beneran. Teknologi AR nya juga keren banget. Bisa ajak anak, adek bahkan cucu berpetualang meski bukan sungguhan ^^

    BalasHapus
  13. Anakku 2 tahun lebih dan lagi sukaaa banget sama apa yang dia lihat termasuk hewan hewan. Dia pasti amazed banget kalau liat hewan di kartu ehh bisa hidup. Mauuu beli juga ah Mba, thank you for sharing

    BalasHapus
  14. Menarik sekali. Anak-anak pasti suka. Belajar rasa bermain ini. Bisa jadi hiburan saat tidak bisa ke mana-mana.

    BalasHapus
  15. kartu AR Curio safari ini keren banget yaaaa.. Ada versi dinosaur nya juga yaaa, kesukaan anak aku nih, hihi. Mau kepioin produknya dulu ah. Makasi infonya yaaaa

    BalasHapus
  16. Wah Curio keren banget, berasa langsung safari binatang padahal lagi di rumah.Harganya juga cukup terjangkau.

    BalasHapus
  17. UWuww.. AR semakin menarik aja ini yaa. ANakku punya AR tapi yang jenisnya buku. KAlau kartu seperti Curio ini belum pernah punya sih. Hmm... apakah kami harus punya juga?
    wkwkwkw

    BalasHapus
  18. Permainan edukasi ini ya, harganya pun sepertinya masih terjangkau mengingat manfaatnya yang bagus untuk anak-anak ya. Seri safari untuk pengenalan binatang, berarti banyak seri lainnya dong Curio ini. Keren.

    BalasHapus
  19. Menarik sekali permainannya buat anak-anak, jadi banyak tahu tentang binatang, bahkan ada suara dan tampilan yang bisa bergerak juga ya...

    BalasHapus
  20. Wih.. Jaman sekarang ya. Mainan anak udah pake teknologi AR. Daebak.

    BalasHapus
  21. permainan yang sangat menarik ini...
    anak anak kan selalu suka sama dunia binatang...
    ini nggak sekadar main, tapijadi sarana belajar juga ya mbak

    BalasHapus
  22. Wah asik juga nih kalo punya curio ini di rumah. Apalagi anakku yang nomor dua suka banget binatang kan... Hmmm pasti sumringah bahagia deh kalo dibeliin ini.

    BalasHapus

Back to Top