Mencegah Cacingan Dimulai dari Ibu dan Konvermex

Sedari kecil, ibu mengajarkan saya untuk jaga kebersihan badan dan lingkungan. Ketika teman SD jajan bebas di luar sekolah, saya selalu teringat pesan beliau untuk jajan di kantin sekolah yang terjamin kebersihannya. Hingga sekarang bersyukur mewariskan kebiasaan baik tersebut pada keluarga.

Kedua anak saya tiap mandi memastikan semua bagian tubuh telah dibersihkan, sikat gigi, mereka risih saat bajunya kotor. Jika ingin jajan, kami memilih beli dari kenalan atau tempat yang kami yakini higienis. Lingkungan maupun makanan kotor merupakan sumber penyakit. Sejak tahun 2020, kita menghadapi pandemi Covid 19 yang sebabnya juga virus dari makanan kotor.

Penyakit lain yang tak kalah mengganggu karena benda kotor adalah cacingan. Mengakibatkan nafsu makan berkurang, gatal pada anus, ruam pada kulit, bahkan paling parah ada yang sampai anemia serta stunting. Wah! bahaya juga ya jika dibiarkan? Iya, sebab cacing dalam tubuh menyerap nutrisi dan darah.

Mencegah Cacingan pada Keluarga


Mencegah Cacingan Pada Keluarga

Tahu efek cacingan yang meresahkan seperti itu, saya punya cara untuk mencegahnya

1. Rutin memotong kuku seminggu sekali karena telur cacing bersembunyi di sela kuku

2. Pakaikan alas kaki saat anak bermain di luar rumah, telur cacing bisa menempel di sela jari.

3. Rajin cuci tangan dengan benar selama 20 detik sebelum dan sesudah beraktivitas apapun, terutama era Covid 19 sekarang  guna mengurangi resiko terkena atau menyegarkan telur cacing serta berbagai penyakit.

4. Memakai pakaian bersih setelah mandi

Alhamdulillah kebiasaan tersebut membawa anak-anak jadi jarang sakit, ceria dan punya nafsu makan baik. Ketika pembelajaran berlangsung di rumah pun, mereka antusias mengikuti dengan baik. Selain itu, tiap 6 bulan sekali anak-anak mengkonsumsi obat cacing pastinya.

Pentingnya konsumsi obat cacing


Di daerah saya, para petugas kesehatan dan kader posyandu aktif mensosialisasikan untuk konsumsi obat cacing secara rutin tiap Februari dan Agustus bersamaan pemberian vitamin A. Sebab tempat saya masih banyak lahan pertanian, anak-anak pun suka kalau main tanah sama temannya. Nah obat cacing andalan kami Konvermex, dia punya rasa jeruk favorit si kecil. 

Efektif membasmi cacing gelang, cacing kremi dan cacing tambang. Harganya terjangkau juga mudah didapat di apotek sekitar. Konvermex lagi ada activity seru di Instagram lho bun, bareng sama Panduan Bunda. Namanya #AyoSalingJaga.

Bermain Sambil Belajar Pakai Filter #AyoSalingJaga


Para ibu pasti sering was-was kalau lihat anak main kotor. Terus beberapa anak kudu drama dulu kalau disuruh minum obat cacing. Lewat filter #AyoSalingJaga anak dikenalkan bentuk cacing dan Konverman.

Hanya dengan mengedipkan mata, Konverman bisa digerakkan untuk membasmi cacing plus dapat poin deh. Selain bermain sambil belajar, ibu dan si kecil berpeluang memenangkan e-wallet voucher total hadiah jutaan rupiah. Games bisa dimainkan lebih dari 1x jadi kesempatan menang terbuka lebar. 

O iya bunda juga bisa melihat-lihat produk Konimex di website
https://www.panduanbunda.com/produk

Cek info #AyoSalingJaga di social media Panduan Bunda 
Instagram : @panduanbunda
Facebook: https://www.facebook.com/panduanbunda
Twitter: https://www.twitter.com/panduanbunda
Official website:
https://www.panduanbunda.com

Jangan lupa ya bun, ikut ramaikan activity #AyoSalingJaga bermain sambil belajar bareng anak juga bisa dapat tambahan uang belanja. Asik! Ajak juga teman dan kerabat supaya makin seru.


24 komentar

  1. Seneng rasanya kalau dalam keluarga semuanya taat menjaga kebersihan, berasa nyaman dan sehat. Penting banget terhindar dari penyakit cacingan, karena efeknya ke kesehatan tuh nggak main-main ya. Syukurlah sekarang ibu-ibu udah pinter jagain keluarganya, termasuk sedia obat cacing andalan.

    Keren ada filter #AyoSalingJaga, anak-anak jadi bisa dikenalkan tentang cacing lewat permainan.

    BalasHapus
  2. Cacingan ini sekilas tampak sepele, tapiii dampaknya dahsyaaat ya Mba
    Mari buibuuu kita semakin concern untuk jaga kesehatan keluarga, agar terhindar dari cacingan

    BalasHapus
  3. Ya ampun aku jadi inget kapan jadwal kasih obat cacing buat anak-anak ya? Penting banget yaa mb konvermex ini buat tumbuh kembang anak-anak biar sehat pencernaannya.

    BalasHapus
  4. saya paling parno kal menyangkut cacingan

    karena cacingan bisa mengambil gizi yang dikonsumsi anak-anak kita

    makanya secara periodik, anak-anak saya haruskan minum obat cacing

    BalasHapus
  5. Cacingan itu cenderung disepelein padahal bad impactnya luar biasa ke kesahatan. Apalagi pada anak usia tumbuh kembang. Aku sih rajin yaa 6 bulan sekali minu obat cacing gak anak aja tapi srluruh anggota keluarga

    BalasHapus
  6. Kebiasaan baik sesimple cuci tangan yang diajarkan dari kecil itu bermanfaat banget kedepannya. Cacingan ini ngeri juga ya buat tumbuh kembang anak.

    BalasHapus
  7. Sewaktu anak-anak saya berumur 1-10tahun, saya rutin memberikan obat cacing setiap 6 bulan sekali. Karena anak-anak saya sering berkegiatan luar ruang. Penting banget memang masalah cacingan ini karena bisa mempengaruhi tumbuh kembang mereka.

    Kalau sekarang, saat anak-anak sudah menuju dewasa, memang perhatiannya jadi lebih ke soal kebersihan ya. Wajib mandi 2x sehari atau bisa jadi lebih kalau keringat banyak dan dari luar rumah.

    BalasHapus
  8. Cacingan emang paling banyak terjadi di Indonesia, caranya hanya menjaga kebersihan dan rutin minum obat cacing sih.. konvermex nih salah satu solusi obat cacingnya..

    BalasHapus
  9. Memang ga jarang ortu khawatir anaknya bakal sakit karena berkotor-kotor ya Mbak. Padahal lewat bermain mereka belajar dan menemukan pengalaman unik. Yang penting tetap jaga kesehatan, bukan dilarang. Salah satunya minum Konvermex, jadi ingat duo Xi udah lama ga minum obat cacing. Makasih infonya ya :)

    BalasHapus
  10. Orang tua penting memperhatikan kesehatan anak terlebih pertumbuhan dan perkembangan. Obat cacing tersebut familiar oleh saya mulai kecil hingga dewasa ini masih teringat

    BalasHapus
  11. Saya waktu kecil sering dibiliangin, jangan main tanah, nanti cacingan. Padahal asal mencuci bersih tangan dan rajin potong kuku. Dan ternyata penyebab cacingan beragam ya, Mbak. Jadi intinya memang jaga kebersihan seluruh badan.

    BalasHapus
  12. Menjaga kebersihan baik itu perorangan ataupun lingkungan merupakan langkah mudah untuk mencegah terkena penyakit cacingan, plus akan lebih baik dengan penanganan yang tepat seperti obat yang aman dan baik untuk anak

    BalasHapus
  13. Hebat mbak Hani anak anaknya juga terbiasa bersih, pasti bundanya rajin mengingat kan Yasa

    Cacingan itu ngga enak blas, anakku pernah yang waktu itu masih TK dan rewel luar biasa, gatal pantatnya dan nafsu makan menurun. Kapok deh, sekarang pada rajin minum obat cacing

    BalasHapus
  14. Cacingan ini salah satu penyebab tersendatnya tumbuh kembang anak yang cukup serius. Akan tetapi saat ini yang aku rasakan, kayaknya penyakit cacingan dipandang sebelah mata aja. Padahal kalau dibiarkan cukup berbahaya lho.

    BalasHapus
  15. Hal yang sebenarnya paling ditakutkan para ibu. Cacingan. Seringnya nggak kedeteksi. Tiba-tiba udah mengganggu tumbuh kembang anak aja. Makanya sih ya mencegah cacingan memang lebih baik.

    BalasHapus
  16. Aku kira, obat cacing itu diminum pas cacingan aja. Eh ternyata juga penting ya stok untuk keadaan darurat. Big thanks for sharingnya, kakak ^^

    BalasHapus
  17. Cacingan ini sepertinya sepele tapi efeknya bahaya banget ya buat kesehatan anak-anak. Maka nggak heran kalau emak-emak setiap anaknya habis main, selalu rempong ingetin cuci tangan, cuci kaki, bahkan kalau perlu mandi sekalian biar terhindar dari virus, kuman, bakteri dan hewan-hewan berbahaya lainnya.

    BalasHapus
  18. Mencegah cacingan pada anak bukan berarti melarang mereka eksplore lingkungan ya kak. Lebih pada menjaga dirinya juga. Penting banget untuk memotong kuku, dll.

    BalasHapus
  19. Aku waktu kecil ya cacingan sih...wkwkwk...Lupa, dulu diobati apa ya...
    Untuk udah ada Konfermex ya. Semoga anak-anak Indonesia ga ada yg cacingan deh.

    BalasHapus
  20. Oiya ya batu ingat anak anakku sudah waktunya minum obat cacing, udah 6 bulan. Memang ibu mesti aktif menjaga kebersihan si kecil ya

    BalasHapus
  21. Iya lho Mba. Saya pun jarang jajan di masa sekolah. Kalau tempatnya nampak nggak bersih ya langsung merasa nggak nyaman saja.

    Sepakat dengan membiasakan di kecil cuci tangan dengan air mengalir selama 20 detik. Minum obat cacing setiap 6 bulan. Juga cobain mainan robot Konvermex dengan kedip kedip mata di filter Instagram Panduan Bunda #AyoSalingJaga

    BalasHapus
  22. obat cacing tuh emang wajib diberikan untuk anak-anak ya mbak.. untuk mencegah dan melindungi mereka dari cacingan yaaa, agar tumbuh kembangnya juga baik dan nggak terganggu

    BalasHapus
  23. Memberikan anak obat cacing emang kudu dijadwalkan para bunda ya Mbak Hanifah...agar selalu terjaga kesehatannya, suka banget dengan tagarnya tuh #AyoSalingJaga ya, abis baca ini langsung beli Konvermex ah, Tfs yaa

    BalasHapus
  24. Kalau di sekitar atau dekatnya itu lingkungannya rawan terkena cacingan, memang oenting nih untuk menjaga secara rutin kebersihan, bahaya manatau membawa telur cacing, plus rutin Konvermex 6 bulan sekali untuk pencegahan

    BalasHapus