Pijat Bayi Batuk Pilek di Lamongan

Ibu pasti pernah mengalami khawatir kalau anak batuk pilek, si sulung dulu jarang saya minumi obat sebisa mungkin dicarikan alternatif seperti pijat. Tentu tidak sembarang orang, kriterianya bukan seberapa lama beliau menjalani profesi tukang pijat tapi apakah punya ilmu tentang kesehatan organ manusia. Jadi saya selalu survei dulu latar belakang pendidikan sang pemijat, izin mendirikan praktek, rasanya kalau semua legal hati tenang.

Waktu masih berdomisili di Surabaya menemukan ahli pijat bayi bersertifikasi sangat mudah. Rumah sakit yang memiliki fasilitas persalinan pasti dilengkapi tenaga kesehatan untuk memijat bayi juga. Sementara saat pindah ke Lamongan kami kesulitan menemukan ahli pijat anak atau bayi. Jika ada, rata-rata tukang pijat tersebut hanya memiliki pengalaman turun temurun bukan ilmu kesehatan yang dipelajari secara resmi.

Selain faktor keahlian, beberapa faktor penting harus diperhatikan supaya bayi atau anak nyaman dan tenang saat dipijat antara lain


1. Kondisi Ruangan Hangat dan Sirkulasi Udara Bagus

Bayi pasti melepas pakaian ketika dipijat, maka pastikan ruangan cukup hangat selama pemijatan. Ruang yang terlalu dingin menyebabkan bayi bisa terkena flu. Sebaliknya ruangan pengap membuat bayi kegerahan dan tidak nyaman.

2. Tidak Berisik

Biasanya anak merasa relax kemudian tertidur. Sehingga tempat pijat sebaiknya tidak berisik. Selain itu, jika ibu memijat sendiri ananda maka waktu pijat adalah waktu membangun kedekatan bersama anak. 

Sentuhan serta kontak mata dapat mempererat hubungan ibu dan anak. Pemilihan tempat yang tenang bertujuan agar konsentrasi tidak terpecah. Jika ingin menggunakan musik bisa pakai musik relaksasi yang lembut.

3. Ruangan Terang

Bayi di bawah usia 3 tahun masih kesulitan berbicara, maka kita sebagai ibu hanya dapat mengetahui perasaan anak lewat mimik wajah atau tangisan. Gunakan ruangan terang agar dapat mengontrol respon anak saat dipijat. Selain dari ekspresi, kondisi kulit juga bisa digunakan sebagai indikator.

Jika kulit sudah kemerahan artinya pemijatan sebaiknya diakhiri. Supaya lebih sehat, penerangan alami berupa sinar matahari jadi pilihan tepat. Vitamin D merupakan hal yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh kembangnya.

4. Hindari Wewangian Menyengat

Beberapa bayi alergi terhadap aroma kuat seperti aroma yang timbul dari lilin aromaterapi. Menggunakan baby oil saja cukup, wangi lembutnya sudah disesuaikan untuk stimulasi indera penciuman. Apalagi saat anak batuk pilek, butuh terapi khusus yang tidak memicu batuk pileknya makin parah karena wewangian tertentu.

Pijat Bayi Batuk Pilek di Lamongan, Little Bhuu



Beruntung saya menemukan mom, baby, and kids Spa Little Bhuu di instagramnya @little.bhuu, semua kriteria di atas ada di sini. Saya akhirnya membuat janji untuk dua anak. Mereka punya banyak treatment yang cocok mulai bayi hingga ibu. Jujur aja nih, sebenernya saya kepengen coba juga totok wajah lain kali hahaha. 

Alamatnya ada di Jalan Panglima Sudirman no 157, Sukodadi, Lamongan. Dari perempatan lampu merah Sukodadi masih ke barat sekitar 1-2 km, bersebelahan dengan kantor pegadaian. Warna cat tembok pink yang eye catching akan mudah terlihat dari jalan.

Masker Coklat Untuk Adek

"Siapa yang duluan dipijat?" tanya bu Retno Susanti. Beliau ahli pijat bersertifikasi, gelar lengkapnya Ns. Retno Susanti, S. Kep. Makanya saya nggak ragu datang ke Little Bhuu.

"Aku, aku" sahut adek. Adek nih, biasanya nggak mau dipijat kalau bukan sama ayahnya. Tapi bu Retno friendly sekali dan dalam ruang pijat tersedia banyak mainan yang bisa menyenangkan hati anak. Penting kan ya bangun mood supaya nggak rewel waktu dipijat.


Proses pijat berlangsung sekitar 45 menit, dilanjut masker badan coklat supaya relax. Waktu dioles, berkali-kali adek terlihat ingin menjilat maskernya tapi urung karena tau itu untuk badan 😀😀😀


Step terakhir yaitu mandi busa, semua mainan yang bisa mengapung dimasukkan adek ke kolam plastik. Hal yang mungkin tidak kalian dapatkan di tempat pijat lain adalah kenyamanan seperti rumah sendiri. Bahkan setelah mandi tersedia handuk bersih yang lembut. Anak-anak pasti ketagihan minta pijat lagi.


Lulur Susu untuk Kakak

Tiba giliran kakak, saya lupa membawakan jarik atau selimut untuk penutup dada saat dipijat. Ternyata disediakan juga oleh Little Bhuu, jadi beginilah kondisi kakak


Sama seperti adek, proses pijat berlangsung sekitar 45 menit lanjut lulur susu. 


O iya saya lupa bercerita bahwa semua peralatan yang digunakan di Little Bhuu saya jamin bersih dan baru. Sebelum pijat bu Retno rutin mencuci tangan, ikhtiar dalam mencegah penyebaran virus. Selesai pijat badan segar sekaligus harum. 

Selain pengalaman treatment di atas, Little Bhuu menyediakan terapi moksibasi untuk bayi yang sedang batuk pilek. Terapi ini membantu mengeluarkan dahak, melancarkan jalan napas, mengurangi batuk, meningkatkan kapasitas vital paru, dan melancarkan peredaran darah. 

Webinar Up-Skill Pijat Bayi #dirumahaja

Nah, untuk ibu yang ingin belajar sendiri teknik pijat bayi, bu Retno buat kelas webinar bersama Ns. Reisy Tane, M.Kep, S.Kep.Anak, dosen dan perawat spesialis anak, founder edukasi ibu. Benefit yang bisa didapatkan antara lain panduan pijat bayi, demo cara pijat bayi, evaluasi praktek yang dilakukan saat webinar, sesi tanya jawab dan e-certificate. Kuota terbatas jadie segera kontak Little Bhuu ya



2 komentar

  1. wah sangat bermanfaat, terimakasih infonya ya kak :D

    BalasHapus
  2. wah iya ya mbak, kadang buat obatin batuk pilek bayi juga bisa dgn cara dipijat ya

    BalasHapus