Resep Sehat JSR - Zaidul Akbar


Memiliki buku resep menjaga kesehatan di rumah tentu jadi barang penting saat pandemi seperti sekarang. Apalagi jika menggunakan bahan yang mudah ditemukan. Bagi umat muslim, contoh hidup sehat sudah ditunjukkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Beliau rutin konsumsi madu, kurma, dan sayuran agar badan tetap fit. Hasilnya, menurut cerita terdahulu nabi sangat jarang terkena penyakit dan selalu hadir saat aktivitas dakwah. Pola hidup ini akhirnya menginspirasi Ust. Zaidul Akbar.

Beliau menggagas istilah Jurus Sehat Rasulullah dan rutin mengunggah konten resep makanan dan minuman menyehatkan di instagram. Pada akhirnya banyak orang mencoba dan merasakan manfaat positif dari resep beliau. Dibuatlah buku Resep Sehat JSR yang berisi 200 resep berguna bagi kesehatan tubuh. 

Identitas Buku Resep Sehat JSR

Buku Resep Sehat JSR diterbitkan oleh PT. Sygma Media Inovasi merupakan bagian dari Syaamil Group. Selain Sygma Media Inovasi, Syaamil Group memiliki berbagai anak perusahaan yaitu Sygma Daya Insani yang memproduksi Halo Balita, Syaamil Quran yang memproduksi Al-Quran, ada pula Madina Quran, Tourizy, Sekolah Bintang Madani, dan beberapa lainnya.

Cetakan pertama buku Resep Sehat JSR yaitu Januari 2021 dengan 524 halaman. Buku ini memiliki sampul hardcover dengan isi berupa art paper full colour terdapat foto-foto cantik karya fotografer berbakat, Ismailia Shara.


Review Buku Resep Sehat JSR

Bisa dibilang buku ini sangat eksklusif, biasanya dr. Zaidul Akbar hanya membagikan resep lewat laman instagram tapi sekarang beliau merangkum semua resep tersebut menjadi satu buku supaya pengikut lebih mudah menerapkannya di rumah. Daftar isinya jelas disusun berdasarkan kelompok organ tubuh seperti misal sistem jantung dan pembuluh ada resep menguatkan jantung, pemulihan tumor dan pemulihan leukemia. 

Yang menarik, dalam buku ini tak hanya berisi resep tapi juga penjelasan mengapa orang perlu kembali ke obat alami dan manfaat dari berbagai tumbuhan baik itu sayur, buah, maupun bumbu dapur yang digunakan sebagai bahan. Dilengkapi daftar pustaka di akhir buku sebagai bukti bahwa buku ini disusun secara serius berdasarkan banyak referensi ilmiah.

Tiap resep pasti ada alternatif, contoh di halaman 200 Resep Menyehatkan Usus ada 5 cara dengan bahan berbeda. Hal tersebut dikarenakan tidak semua orang cocok mengkonsumsi bahan tertentu, jika ada penderita asam lambung tentu agak kesulitan mencerna lemon atau jeruk nipis maka dapat memakai bahan lain yang jadi alternatifnya.

Bagian saya suka dalam buku adalah ilustrasi fotonya, penempatan properti dan sudut pengambilan ditata sangat apik. Dibalik gambar tersebut ada fotografer Ismailia Shara dan Heru Erlangga. Ismailia Shara cukup terkenal dalam dunia fotografi, sering menjadi pemateri workshop untuk food photography.

Keunggulan Buku Resep Sehat JSR

1. Melalui QC Passed

Dalam buku, ada label yang menarik perhatian saat membukanya ternyata keterangan siapa petugas yang melakukan quality control. Kita dapat melakukan komplain jika ada kerusakan pada buku. Ini adalah pelayanan after sales sangat baik menurut saya.


2. Resep Bervariasi dan Lengkap

Dibanding buku resep tradisional lain, buku ini cukup lengkap untuk panduan di rumah bagi keluarga yang ingin memulai hidup sehat dengan bahan alami. Dilengkapi pula tips agar resep bisa mendatangkan hasil maksimal.

3. Berdasarkan Pengalaman Pribadi Penulis

Resep-resep dalam buku tentunya sudah diuji coba sendiri oleh penulis. Sejak 2019 beliau mempraktekkan dan membagikan resep tersebut dalam laman instagramnya. 

Kekurangan buku ini, mungkin hanya masih terbatas tempat penjualannya. Kalian dapat memesan di instagram @tokobukujsr atau @jsrstore.

Tidak ada komentar

Posting Komentar