Bolehkah Berhutang Untuk Tujuan Produktif?

 

Sejak dulu berhutang memiliki stigma buruk. Orang yang memiliki pinjaman dianggap kurang bisa mengelola keuangan, gaya hidupnya tidak sesuai pendapatan, kurang bersabar menabung, dan lain sebagainya.


Padahal hutang terbagi dua yaitu 

  • Hutang konsumtif yaitu berhutang untuk kegiatan pembelian barang-barang yang dipakai sendiri dan tidak menghasilkan. 

  • Hutang produktif yaitu berhutang untuk modal usaha atau aset yang nilainya dapat bertumbuh di masa depan. 


Jika kalian termasuk orang yang ingin mencapai kesehatan dan kebebasan finansial maka sebaiknya memilih hutang produktif. Selain memutar uang untuk dapat melunasi hutang, kalian akan memperoleh profit dari kegiatan usaha tersebut. Tentu ada berbagai faktor yang mesti diperhatikan saat memilih hutang produktif. 


Tips Agar Hutang Produktif Tepat Guna


Lakukan hal-hal berikut supaya hutangmu tidak menjadi beban keuangan dan tepat guna


  1. Persentase hutang maksimal 35% dari pendapatan bulanan. 

Sebagai awal mendirikan usaha, perhitungan besar pinjaman yang akan diajukan. Jangan sampai melebihi 35% dari pendapatan bulanan sehingga kalian tidak kesulitan saat pembayaran. 


  1. Usahakan Pendapatan Naik Setelah Berhutang. 

Saat memutuskan mengambil hutang untuk kegiatan produktif, berarti kita mesti punya rencana bisnis yang matang. Usahakan hutang tersebut dapat menaikkan pendapatan kita sehingga bisa digunakan membayar pinjaman, tagihan, juga memberi profit. 


  1. Kelola Aset yang Dibeli Dengan Hutang Untuk Kegiatan Produktif

Misal kalian berhutang untuk membeli gedung. Sebaiknya aset tersebut mampu menunjang produktivitas bisnismu supaya menghasilkan keuntungan berlipat. Lalu bagaimana saat kita berhutang KPR? Jadikan rumah sebagai kantor sementara tempat segala proses administrasi bisnis dilakukan atau jika belum urgent ditempati kalian dapat menyewakannya.


  1. Konsultasi dengan Financial Planner

Kalau merasa ragu-ragu memutuskan sendiri apakah kondisi keuangan kita mengizinkan menambah hutang. Kita dapat berkonsultasi pada financial planner atau biasanya customer service di lembaga tempat kita meminjam uang akan menyediakan layanan konsultasi sehingga keputusan yang diambil tepat guna. 


  1. Pilih Platform Pemberi Pinjaman yang Aman, Terpercaya, dan Memberikan Bunga Rendah. 

Hindari memilih kredit berbunga terlalu tinggi karena akan jadi beban saat mengangsur. Pilih platform yang terpercaya ditandai dengan memiliki izin lembaga pemerintah seperti OJK. Nah, satu platform kredit digital yang memiliki banyak fitur diantaranya pinjaman online yang saya rekomendasikan untuk mendapat hutang produktif aman dan berbunga rendah yaitu JULO


Dari Julo Untuk Indonesia. 


Julo

Sekilas terdengar unik, JULO adalah platform kredit digital dengan banyak fitur yang dapat diandalkan untuk segala keperluan. Asal nama JULO berasal dari istilah Julo-Julo di Sumatera Barat dan Utara. Ketika Julo-Julo dilaksanakan, pemilik modal dapat memberikan kredit kepada orang yang membutuhkan, seperti para pedagang tradisional.


JULO menggunakan alternative data, machine learning dan teknologi AI yang mutakhir. Didirikan pada akhir tahun 2016, JULO sudah mengantongi lisensi penuh dan izin OJK.


Keunggulan Aplikasi Kredit Digital JULO


Mungkin kalian penasaran mengapa saya merekomendasikan aplikasi ini, JULO punya berbagai kelebihan antara lain 


1. Fleksibilitas tanpa batas

Julo menawarkan kemudahan untuk kredit dengan mudah dan memberikan pilihan platform yang diinginkan termasuk pemilihan tenor yang diinginkan. Faktanya, tidak semua kredit memberikan kemudahan ini.


2. Platform menarik

Seperti pada aplikasi kredit lainnya, semakin baik pembayaran nasabah untuk melakukan transaksi pengembalian pinjaman sesuai dengan waktu yang dipilih, limit kredit akan semakin tinggi. Bahkan sampai 15 juta rupiah. Angka ini tentu menarik di tengah tingginya kebutuhan hidup. Tapi melakukan kredit haruslah memperhatikan kemampuan untuk membayar. Kredit untuk usaha dengan prospek menarik tentu lebih disarankan. Sementara kredit untuk kebutuhan konsumtif haruslah dihindari.


3. Mudah dan cepat

Saat kredit disetujui, proses pengiriman dana cukup mudah dan cepat. Dana akan dikirim langsung ke nomor rekening yang didaftarkan. 


4. One stop service

Zaman telah berubah, kini memiliki akun aplikasi kredit Julo dapat digunakan untuk kemudahan hidup seperti top-up e-wallet, e-toll, BPJS, tagihan listrik, Scan QRIS, Membeli pulsa, belanja online dan seterusnya. Cukup satu aplikasi untuk segala macam kebutuhan finansial digital Anda.


Cara Mendaftar Aplikasi JULO


Tertarik menggunakan JULO? Perhatikan langkah-langkah mudah ini


  1. Download Aplikasi JULO

  2. Daftarkan E-mail dan Nomor Telepon

  3. Isi Lengkap Identitas Diri

  4. Masukkan Kode Referral (Jika ada)

  5. Tunggu Verifikasi Data


Nah, mudah sekali bukan? Makanya segera coba aplikasi Julo dan nikmati kemudahan mendapat pinjaman untuk bisnismu. 

Tidak ada komentar

Posting Komentar