Serba-Serbi Penyakit Asam Lambung

Nutriflakes

Kesibukan dan gaya hidup buruk dapat mempengaruhi kesehatan. Di era serba cepat, banyak orang kurang memperhatikan makanan serta proses mengunyah yang mestinya dilakukan 32-33 kali sebelum ditelan. Penyakit umum muncul jika pola makan tidak teratur salah satunya asam lambung. 

Biasanya mereka yang melewatkan sarapan berpotensi tinggi terserang asam lambung sebab tubuh dipaksa bekerja tanpa bekal energi. Selain itu, hobi makan pedas dan asam memicu penyakit ini muncul. Zat yang dikenal dengan asam hidroklorida (HCl) merangsang perut untuk memberikan tanda agar Anda mengisi makanan. Jika dibiarkan maka gejalanya makin parah dan makin sering. 


Mengenali Gejala Asam Lambung. 

Umumnya penderita mengalami gejala tidak nyaman di lambung seperti:

- Di malam hari mengalami batuk kering kronis

- Nyeri di area ulu hati

- Frekuensi bersendawa menjadi lebih sering

- Mual terus menerus bahkan ingin muntah berulang-ulang

- Tenggorokan terasa nyeri, sehingga sulit menelan sesuatu

- Muntah-muntah

- Perut terasa seolah-olah menolak makanan yang masuk

Dari gejala tersebut akan muncul rasa pahit dan asam di lidah, tubuh melemah, dan nyeri perut hebat. Inilah yang disebut gejala produksi naiknya asam lambung. 

Asam Lambung

Makanan yang Boleh Dikonsumsi Penderita

Pada pasien asam lambung di rumah sakit, jenis makanan memang harus diperhatikan. Mereka tidak boleh mencerna tekstur yang terlalu kasar serta bersantan. Beberapa makanan ini disarankan jika kalian memiliki penyakit asam lambung

1. Probiotik
Zat yang dapat ditemukan pada yoghurt, memberi efek menenangkan dan membantu mencegah ketidaknyamanan pada perut. Mengandung bakteri baik bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta kemampuan tubuh untuk mencerna makanan dengan baik. 

Yoghurt bisa dikreasikan menjadi campuran makanan penutup atau minuman sehingga meredakan heartburn serta masalah pencernaan lain. 

2. Oatmeal
Oatmeal memiliki serat tinggi, dapat membantu mencegah gejala refluks asam. Banyak manfaat saat rutin konsumsi oatmeal diantaranya, meningkatkan kesehatan usus, mencegah sembelit, juga membuat kenyang lebih lama. 

Dengan begitu, kalian tidak makan berlebihan, sehingga resiko asam lambung naik ke kerongkongan berkurang. Cocok untuk sarapan dicampur susu rendah lemak atau almond. Sebab keduanya rendah lemak dan sangat basa. 

3. Pisang
Pisang adalah golongan buah rendah asam, dapat membantu melapisi lapisan esofagus yang teriritasi sehingga ketidaknyamanan di perut bisa berkurang. Seperti oatmeal, pisang memiliki serat tinggi cegah gangguan pencernaan. 

Sejak dulu pisang digunakan sebagai  alternatif mengobati susah buang air besar. Makin lama sisa makanan tinggal dalam pencernaan manusia, akan terus menghasilkan asam. 

Cara Alami Redakan Asam Lambung

Menghindari makan pedas dan asam sebenarnya cukup efektif menjaga agar asam lambung tidak naik. Ubah gaya hidup menjadi lebih sehat seperti minum air putih 8 gelas sehari atau sesuai kebutuhan, jangan merokok jika kamu punya penyakit ini. 

Porsi makan juga mesti diperhatikan, terlalu banyak mencerna dalam satu waktu membuat lambung bekerja keras. Lebih baik ambil porsi kecil tapi sering agar lambung terjaga. 

Nutriflakes, Sereal untuk Asam Lambung. 

Seperti penjelasan di atas bahwa oatmeal atau sereal merupakan makanan yang aman dikonsumsi penderita asam lambung. Beberapa hari ini saat cek marketplace cari sereal untuk asam lambung suami yang sedang kumat, saya menemukan Nutriflakes. Terbuat dari bahan alami seperti umbi garut, daun kelor, dan tanaman psyllium husk.

Sudah berlabel BPOM, Nutriflakes aman dikonsumsi anak dari usia dua tahun hingga lansia. Cocok juga dikonsumsi untuk program diet. Kalian bisa cek website nutriflakes.id, Tokopedia Nutriflakes, Shopee Nutriflakes, maupun instagram @nutriflakes.official


Komentar

Postingan Populer