Peran Dokter Kecantikan Atau Estetika buat Perawatan Kulit


Dokter estetika


Dokter kecantikan ataupun dokter estetika merupakan dokter yang menangani permasalahan seputar perawatan kecantikan, baik buat kulit wajah sampai bentuk badan, dengan prosedur nonbedah (noninvasif) sampai prosedur kosmetik minimal.  Dokter kecantikan merupakan dokter yang mempunyai kemampuan serta keahlian mendalam terkait perawatan kecantikan, baik wajah ataupun badan, termasuk melangsingkan tubuh. Dokter kecantikan pula diketahui dengan istilah dokter estetika serta dapat berpraktik di klinik estetika ataupun rumah sakit.

Dokter kecantikan sering kali disamakan dengan dokter kulit padahal ada perbedaan antara keduanya. Dokter kulit berfungsi dalam menangani keadaan ataupun penyakit pada kulit. Walaupun demikian, berbagai prosedur perawatan kulit pula bisa dilakukan oleh dokter kulit. Kedudukan dokter kecantikan yaitu untuk melindungi serta membetulkan tampilan kulit melalui pemberian obat-obatan dan perawatan serta prosedur estetika, seperti tanam benang, suntik botox, ataupun terapi laser. Keberadaan klinik kecantikan saat ini semakin banyak diserbu oleh banyak orang yang mau terlihat lebih menawan dengan kulit sehat. 

Maka tak heran banyak perempuan yang melakukan perawatan di klinik kecantikan supaya tetap awet muda, Jakarta Science Academy merupakan lembaga kursus dan pelatihan estetika yang berfokus untuk membantu tenaga medis estetika agar dapat memberikan layanan kecantikan maksimal kepada para pasien. Dilakukan oleh tenaga medis profesional dan kompeten memiliki tujuan membentuk tenaga medis yang berkualitas, baik dokter maupun perawat menjadi wadah untuk memajukan industri estetika medis di Indonesia. Biasanya, dokter kecantikan ataupun dikenal juga dengan dokter estetika yang melakukan berbagai macam prosedur perawatan kecantikan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Untuk prosedur kecantikan ataupun estetika yang memerlukan tindakan operasi, pastinya akan ditangani oleh dokter bedah plastik. Keluhan lain yang juga ditangani oleh dokter kecantikan yaitu pelangsingan tubuh ataupun pembuatan bentuk badan. Tetapi, jika pasien mempunyai permasalahan kegemukan dengan penyakit penyerta yang membutuhkan diet khusus, dokter kecantikan akan merujuknya ke dokter spesialis gizi terlebih dulu.

Jenis Perawatan yang Dilakukan oleh Dokter Kecantikan

Terdapat sebagian prosedur perawatan yang bisa dilakukan oleh dokter kecantikan ataupun estetika, di antara lain:

1. Dermabrasi

Dermabrasi memakai perlengkapan alat khusus untuk mengikis permukaan kulit. Anda bisa melaksanakan dermabrasi bila mau menghilangkan sisa bekas luka, bekas jerawat, serta kerutan di wajah

2. Chemical peeling

Tata cara perawatan ini sama halnya dengan Dermabrasi yang bertujuan untuk mengangkut sel kulit mati, namun prosedurnya saja yang berbeda. Chemical peeling yaitu prosedur perawatan yang dilakukan untuk menghilangkan kerutan dan bekas luka pada kulit, termasuk bekas luka jerawat. Prosedur ini memakai bahan kimia sebagai bagian dari proses pengelupasan susunan atas kulit ataupun susunan kulit mati, sehingga merangsang terbentuknya susunan kulit baru yang nampak lebih muda dan lebih halus.

3. Tanam benang

Tanam benang yaitu prosedur perawatan kulit yang dapat dilakukan dengan metode menanamkan benang di jaringan dasar kulit. Penanaman benang bertujuan buat merangsang pembuatan kolagen serta mengencangkan jaringan penyangga kulit, sehingga kulit wajah nampak kencang dan juga awet muda.

4. Suntik botox

Suntik botox yaitu perawatan kulit memakai botulinum toxin yang disuntikkan ke kulit ataupun wajah. Bahan ini bekerja dengan cara melumpuhkan serta merelaksasikan otot untuk sementara waktu, sehingga dapat mrngurangi kerutan di wajah.

5. Dermal filler

Perawatan ini dilakukan dengan cara menyuntik cairan ataupun gel yang memiliki kandungan tertentu kekulit yang mengkerut dan keriput. Cairan ini akan mengisi susunan dasar kulit, sehingga permukaan kulit naik serta kerutan di wajah bisa nampak lebih halus. Perawatan ini bersifat sementara serta sanggup bertahan selama 4-12 bulan, tergantung dari jenis cairan filler yang digunakan serta tingkatan keparahan kerutan di wajah.

6. Laser resurfacing therapy

Perawatan ini bertujuan untuk menghaluskan kulit yang mempunyai banyak bekas luka ataupun bekas jerawat, kurangi kerutan pada wajah, dan juga dapat mengencangkan kulit wajah. Terapi laser pada wajah pula dapat digunakan buat menghindari serta memperlambat proses penuaan pada kulit.

Bagaimana tips untuk memilah dokter estetika yang tepat

Banyaknya salon dan juga klinik kecantikan yang menyediakan berbagai macam prosedur kecantikan pasti sering membuat Anda binggung untuk memilih dokter estetika terbaik. Ada pula sebagian tips untuk memilih dokter estetika yang tepat yaitu sebagai berikut.

1. Meminta saran dari dokter ataupun kerabat

Saat sebelum menjalani suatu prosedur kecantikan, Anda bisa meminta saran dari dokter, staf medis klinik, sahabat, ataupun saudara yang sudah pernah menjalani perawatan tersebut, mengenai pilihan dokter estetika yang sudah ahli dan kompeten dalam melakukannya.

2. Sesuaikan dengan budget

Melaksanakan perawatan secara teratur atau rutin di klinik kecantikan terbaik terkadang membutuhkan kocek yang tidak sedikit. Maka dari itu, penting untuk Anda menyesuaikan budget dengan klinik kecantikan yang akan dipilih

3. Pengalaman serta pelatihan yang dicoba dokter

Dengan memastikan pengalaman dan pelatihan yang dilakukan oleh dokter kecantikan. Langkah ini bertujuan buat memastikan keamanan prosedur yang akan dilakukan. Memilih dokter spesialis kecantikan yang telah menempuh pelatihan khusus buat melaksanakan prosedur tersebut. Misalnya, apabila Anda mau melakukan sesuatu prosedur kecantikan di wajah, maka memilih dokter kecantikan yang telah tersertifikasi buat melaksanakan tindakan tersebut.


Komentar

Postingan Populer