Tips Merawat Mobil

Dari data BPS, yang diambil dari Kepolisian Republik Indonesia, jumlah kendaraan di Indonesia meningkat tajam dari tahun 2018 ke 2019. Jumlah mobil penumpang pada tahun 2019 berjumlah 15.592.419, padahal tahun 2019 hanya berjumlah 14.830.698.  Peningkatan jumlah mobil penumpang hampir satu juta dalam setahun. 

Jumlah kendaraan roda dua jauh lebih banyak. Pada tahun 2018, jumlahnya baru 106.657.952 sementara tahun 2019 naik besar sekali menjadi 112.771.136. Dalam setahun saja, naik 6 juta kendaraan turun ke jalan. Secara total, jumlah kendaraan tahun 2018 sebanyak 126.508.776 sementara tahun 2019 menjadi 133.617.012. (Informasi lebih lengkap lihat tabel). 

Bagaimana dengan kendaraan yang turun ke jalan saat mudik lebaran tahun 2022? Ada banyak rekor tercipta pada mudik 2022. Salah satunya, disebutkan kompasdotcom, arus balik kendaraan menuju Jabodetabek pada Sabtu,7 Mei 2022 mencapai rekor tertinggi dalam satu hari yaitu mencapai 170.078 kendaraan.

Fakta di atas tidak dibarengi dengan kenaikan ruas jalan. Dampaknya macet tetap terjadi. Kecelakaan di jalan rawan terjadi. Jalan sempit dan volume kendaraan yang luar biasa juga mengakibatkan kendaraan rawan bersenggolan, lecet, dan mengalami kerusakan baik berat pun ringan. Nah, kejadian yang terduga seperti itu membutuhkan kesiapan mental juga materi.

baret mobil

Oleh karena itu, disarankan untuk pemilik kendaraan memiliki asuransi yang bisa diandalkan serta perawatan tepat. Ada beberapa tips untuk mengatasi baret mobil yang dalamSimak ya.

1. Poles Body Mobil

Poles body mobil sebenarnya bisa dilakukan sendiri, tapi ingat pekerjaan ini membutuhkan alat khusus juga skill yang mumpuni. Takutnya bukan baret hilang malah tekor bandar. Jika Anda merasa tak bisa sendiri, pilih bengkel poles yang berpengalaman. Coba join grup sosmed pecinta mobil, ada banyak rekomendasi bengkel poles yang bisa Anda coba dengan hasil yang tak mengecewakan. Saat keluar bengkel, dijamin Anda puas. Mobil kinclong seperti baru. Uang juga tak keluar banyak. 

2. Ketok Magic

Ketok magic adalah bengkel spesialis mobil penyok. Mereka miliki kualifikasi, pengalaman, dan metode khusus untuk mengembalikan kondisi body penyok ke kondisi semula. Nah, mereka juga bisa melakukan perbaikan pada baret body dalam kendaraan Anda. Mereka biasanya melakukan pendempulan dengan bahan khusus untuk membuat baret kendaraan Anda tersamar seperti kondisi semula. Hasil kerja mereka memang luar biasa. Mengingat banyak bengkel ketok magic, pastikan Anda tidak salah pilih. Coba cari referensi dari teman komunitas atau pemilik travel, mereka pasti memiliki langganan ketok magic yang terpercaya. 

Ketok magic

3. Cat Ulang 

Beberapa pemilik mobil atas saran pegawai bengkel melakukan cat ulang. Hasilnya memang sangat memuaskan tetapi dengan risiko biaya tidak bisa murah. Mengecat body mobil membutuhkan tenaga profesional juga cat dengan kualitas baik. Ada pemilik mobil yang sudah mengeluarkan banyak uang karena tergiur dengan janji-janji manis untuk melihat mobil mereka kembali sempurna, alih-alih puas, mereka justru kecewa karena pilihan cat yang asal-asalan juga dikerjakan oleh tenaga yang tak profesional. 

Pastikan Anda pilih bengkel cat yang recommended. Banyak ulasan di internet yang bisa Anda jadikan referensi. Untuk tenaga profesional, mereka biasanya menghilangkan secara menyeluruh cat lama, setelah dibersihkan baru diaplikasikan cat yang baru. Jika ada baret dalam, mereka melakukan dempul. Dijamin hasilnya luar biasa. 

Banyak keluhan bahwa menyamarkan baret mobil warna silver cukup susah padahal cara dan metode yang bisa digunakan tidak jauh berbeda dengan yang sudah dijelaskan di atas. 

Tentu juga harus melihat, apakah goresan yang dialami mobil silver ini cukup dalam atau hanya ringan (halus). Apabila baret mobil ringan, bisa diatasi dengan menggunakan pasta gigi, kompon, atau lotion anti nyamuk. Selain itu, kamu bisa coba mengatasi baret pada mobil silver dengan bantuan minyak rem. 

Siapkan dulu minyak rem yang akan digunakan. Oleskan minyak rem pada baret menggunakan kanebo atau lap kering. Jika sudah diolesi minyak rem, gosok pada bagian yang baret secara perlahan dengan gerakan melingkar. Bersihkan area tersebut menggunakan lap bersih. Ulangi langkah yang sama jika masih terdapat baret

Komentar

Postingan Populer