Bahaya Menyepelekan Asam Lambung

Sereal obat maag

Sering mengalami sensasi terbakar atau sakit di area dada? Jangan abaikan. Itu gejala asam lambung yang bisa makin parah kalau tidak ditangani. Asam lambung belakangan menjadi momok generasi milenial maupun gen Z sebab pola hidup serba cepat sehingga proses cerna makanan kurang baik.

Selain itu, trend skip sarapan dan menggabungkan dengan makan siang yang dikenal brunch (breakfast lunch) tidak cocok bagi semua orang. Pada jam 07.00–09.00 pagi merupakan jam kerja terkuat bagi lambung. Pencernaan makanan paling optimal berlansung di jam ini. Maka dari itu, sangat disarankan untuk sarapan pagi untuk proses pembakaran energi agar dapat tetap segar dalam beraktivitas.

Kebanyakan orang menganggap asam lambung dapat sembuh sendirinya. Padahal ada beberapa komplikasi dapat menyerang jika dibiarkan.

Penyakit Komplikasi Asam Lambung 

Nutriflakes

Lambung adalah organ penting saat makan. Organ ini bertugas memecah makanan menjadi partikel-partikel kecil zat gizi. Maka jika terjadi luka atau sakit pada area lambung patut juga diperhatikan, sebelum terjadi hal-hal berikut

1. Kerusakan Gigi

Asam lambung atau cairan lambung yang naik ke kerongkongan dan mulut dapat mengikis email gigi (lapisan terluar gigi). Tanpa pemeriksaan teratur, orang tidak menyadari bahwa giginya rusak karena penyebab dari dalam. Padahal bukan hanya malas menggosok gigi yang mengakibatkan gigi rusak.

2. Masalah Pernapasan

Asam lambung juga bisa memperparah penyakit asma atau pneumonia hingga menyebabkan sesak napas. Hal ini bisa terjadi bila asam lambung yang naik ke kerongkongan secara tidak sengaja masuk ke tenggorokan saat bernapas, dan masuk hingga ke paru-paru.

3. Radang Kerongkongan 

Asam lambung yang naik kembali ke kerongkongan (GERD) bisa menyebabkan iritasi pada dinding-dinding kerongkongan. Iritasi ini kemudian memicu terjadinya peradangan pada kerongkongan atau yang biasa disebut esofagitis.

4. Esofagus Barett

Jika tidak diobati selama bertahun-tahun, asam lambung yang terus naik ke kerongkongan berpotensi menyebabkan esofagus Barret. Bahaya asam lambung yang satu ini merupakan komplikasi serius dari penyakit GERD.

Mencegah Asam Lambung Agar Tak Makin Parah

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar lambung aman dan menjalankan tugasnya dengan baik

1. Jangan Lewatkan Sarapan

Meski hanya roti tawar dengan topping selai atau nasi dengan telor ceplok lebih baik dibandingkan melewatkan sesi sarapan. Selain beresiko asam lambung, anda bisa kehilangan fokus saat beraktivitas karena kekurangan energi.

2. Kelola Stress

Stress adalah salah satu pemicu asam lambung naik. Beri jeda pada tubuh ketika dirasa lelah. Bisa dengan tidur sejenak, berjalan-jalan ke wilayah berhawa sejuk, atau sekedar menonton drama favorit yang menghibur di televisi. Anda yang paling tau apa yang menyenangkan untuk anda.

3. Sedia Camilan ke manapun Anda Pergi 

Lambung memang punya ritme kerjanya sendiri. Namun, saat tubuh beraktivitas cukup intens, kerja organ dalam pasti juga menyesuaikan sehingga bisa saja sewaktu-waktu anda merasa lapar sebelum jam makan. Segera keluarkan camilan untuk mengganjal perut dan lambung pun nyaman. 

Rekomendasi sereal obat maag enak dan terjamin kualitasnya ada Nutriflakes. Terbuat dari 5 bahan alami yaitu Umbi Garut, Psyllium Husk, Gula Aren, Daun Kelor Timur, Susu Etawa yang diformulasikan mengatasi masalah lambung.

Cara penyajiannya cukup mudah
1. Tuangkan Nutriflakes 3 sendok makan ke dalam gelas. 
2. Lalu tambahkan 150 ml air panas ke dalam dan aduk hingga merata. 
3. Sereal pun siap disantap. 

Untuk menjaga kualitasnya, sebaiknya simpan Nutriflakes di wadah yang kering dan suhu ruang yang sejuk.

Sumber : 
Foto freepik
alodokter.com

Komentar

Postingan Populer