8 Tips Sukses Berbisnis dengan Modal Kecil

Penjual pulsa

Menggeluti dunia bisnis merupakan idaman banyak orang. Namun tak semua orang bisa melakukannya. Selain karena tidak memiliki skill dan jaringan, untuk memulai bisnis juga membutuhkan modal yang besar. Jadinya, di mata mereka, bisnis hanya untuk golongan orang yang mampu saja.

Menjadi penjual pulsa adalah contoh dari bisnis yang tidak perlu modal yang besar. Modal bisa disesuaikan dengan omzetnya. Jika omzetnya besar, barulah diperlukan modal yang besar. Namun tentu keuntungannya sebanding. Sama halnya dengan menjadi agen PPOB terbaik di Mitra Bukalapak, modal awal yang diperlukan juga relatif tidak terlalu besar.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan bagi kamu yang ingin sukses dalam memulai bisnis tanpa modal. Dengan tips yang diberikan ini, kamu bisa berkesempatan untuk mengembangkan bisnis kamu tersebut sehingga menjadi lebih cuan. 

Tips Memulai Usaha dengan Modal Kecil

1. Jangan Resign dari Pekerjaan yang Utama

Bisnis dengan modal yang kecil, pada awalnya akan menghasilkan keuntungan yang kecil pula. Nah saat berada di fase awal, kamu jangan buru-buru berhenti dari pekerjaan utama kamu. Sebab, keuntungan yang diberikan bisnis kamu masihlah kecil. 

Jika dibandingkan dengan biaya hidup yang akan kamu tanggung jika keluar dari pekerjaan utama, tentu tidak akan sebanding. Ujung-ujungnya, kamu malah nanti akan menggunakan modal sebagai biaya untuk hidup. 

Kelangsungan bisnis kamu pun akan terganggu. Jika sedikit kesulitan dalam mengatur waktu, kamu bisa bekerja sama dengan pasangan kamu. Misalnya saat kamu bekerja, pasangan kamu yang menjaga dan mengelola bisnis kamu.

2. Fokus Pada Bisnis yang Digeluti

Di awal kamu berbisnis, kamu harus fokus dengan bisnis yang kamu geluti. Pelajari semuanya dengan baik. Banyak belajar kepada teman atau orang lain yang sudah lebih dulu sukses. Jangan tergoda bisnis lain. Meskipun bisnis lain tersebut terlihat menggiurkan. 
Ingat, kamu menggunakan modal yang kecil, jika tidak fokus, modal kamu bahkan bisa melayang. Pelan-pelan saja. Jika nanti bisnis kamu berkembang, apalagi maju pesat, barulah kamu bisa menjajaki jenis bisnis yang lain. Jadinya, modal yang kamu miliki menjadi lebih besar pula.
3. Perhatikan Kompetitor
Dalam berbisnis, kamu harus selalu memperhatikan kompetitor. Hal ini akan membuat daya saing kamu meningkat. Tak hanya itu, kreativitas berinovasi kamu juga diuji. Supaya kamu bisa lebih unggul dari kompetitor. 
Tapi tentu, selain memperhatikan kompetitor, fokus juga pada produk atau jasa dari bisnis kamu. Jangan sampai kompetisi dengan kompetitor hanya fokus untuk menjatuhkan. Memberi value yang lebih pada produk sendiri akan jauh lebih penting di mata konsumen kamu. 

4. Selalu Menguji Coba Ide

Memiliki ide yang banyak dan inovatif memang bagus. Namun, sebelum kamu menerapkan ide yang kamu temukan pada produk bisnis kamu, pastikan kamu menguji cobakan terlebih dahulu. Ada kalanya konsumen bersifat konservatif. 
Mereka tidak mau dengan perubahan. Mereka lebih menyukai produk versi lama kamu. Namun jika sudah diuji coba, misalnya kepada banyak konsumen, dan disukai, barulah kamu bisa mengubah jenis produk bisnis kamu. Atau menambahkan varian versi ide barunya.

5. Selalu Belajar

Dunia bisnis sangatlah dinamis. Apa yang dipelajari hari ini, belum tentu masih berlaku untuk besok. Supaya kamu menjadi pelaku bisnis yang update, pastikan kamu selalu belajar. Belajar secara harfiah. 

Misalnya dengan ikut kursus, workshop, atau yang lainnya yang bisa mengembangkan bakat dan ide kamu. Nah nantinya, ketika skill kamu bertambah, maka kualitas produk dan value dari produk bisnis kamu juga akan meningkat.

6. Memulai Bisnis dengan Sangat Irit

Rumus bisnis yang menguntungkan adalah menekan biaya produksi namun menjual dengan harga yang tinggi. Apalagi pada bisnis yang modalnya kecil. Rumus tersebut harus bisa diaplikasikan secara lebih lagi. 
Menekan biaya produksi seirit mungkin. Supaya ongkos produksinya rendah. Namun pun begitu, hal tersebut tidak lantas membuat produk yang asal-asalan dengan bahan baku yang jelek. Tetap saja, seirit mungkin di dalam menghasilkan produk berkualitas.

7. Memperlakukan Karyawan dengan Sebaik-baiknya.

Hal ini dimaksudkan pada pemberian upah karyawan. Meskipun kamu harus mengirit dan harus menekan biaya produksi, ini tidak lantas berarti membayar karyawan dengan murah di bawah yang seharusnya.
Tetap saja, kamu harus bisa memperlakukan karyawan dengan sebagaimana mestinya. Supaya karyawan bahagia sehingga bisa menghasilkan produk bisnis yang berkualitas. Karyawan yang bahagia dan puas pastinya akan memberikan dedikasi terbaik di saat bekerja.

8. Memasarkan Produk Pada Target Pasar yang Pas

Menjual produk bisnis di masa seperti sekarang sebenarnya tidak susah. Kamu tidak harus menjualnya door to door. 
Sekarang ini kamu bisa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada. Dari mulai media sosial, marketplace, atau mungkin toko online yang dibuat sendiri. Dan tentu, menjual langsung ke pasar secara offline juga bisa dilakukan.
Itu dia 8 tips sukses untuk berbisnis dengan modal yang kecil. Selain tips di atas, banyak lagi sebenarnya tips yang lain. Pokoknya kamu cukup fokus, berikan value yang lebih pada produk bisnis kamu, selalu mau belajar, dan memanfaatkan semua yang ada untuk penjualan. 
Dan jangan lupa untuk selalu disiplin dan ulet di dalam menjalankan bisnis kamu tersebut. Kalau mau coba untuk jadi penjual pulsa, dapat kamu lakukan dengan gabung jadi mitra Bukalapak, ya!

    Komentar

    Postingan Populer