Jangan Lupa, Penuhi Kebutuhan Probiotik di 1000 Hari Pertama

 


Saat baru lahir, pencernaan anak masih rentan. Maka dari itu, MPASI baru boleh diberikan ketika usia 6 bulan. Banyak kasus bayi jadi sembelit bahkan ususnya luka karena mulai makan belum pada waktunya.


Ketika MPASI pun ibu mesti mengawasi apakah anak punya alergi terhadap makanan tertentu. Salah konsumsi, gangguan pencernaan dapat muncul. Gangguan cerna yang biasa dialami bayi antara lain kolik, diare, sembelit, mual, muntah akibat reaksi zat tertentu, kondisi perubahan cuaca, hygiene yang buruk, stress, maupun pemakaian obat yang berlebihan mengindikasikan bahwa ada peningkatan jumlah bakteri jahat (pathogen).


Untuk menjaga saluran cerna anak, ibu butuh tahu tentang manfaat probiotik dan prebiotik. Terlihat sama tapi ternyata keduanya berbeda lho Bun! Mari pelajari agar anak tetap sehat dan nyaman beraktivitas.


PERBEDAAN PROBIOTIK DAN PREBIOTIK


Sebelum belajar lebih jauh perbedaan probiotik dan prebiotik bunda perlu tahu terdapat dua macam bakteri dalam tubuh. Bakteri baik dan bakteri jahat.


Bakteri baik (Friendly bacteria) adalah bakteri komensal. Memberikan manfaat kesehatan, menstimulasi produksi antibodi, meningkatkan sistem imun, melawan toxin, alergen dan mikroorganisme berbahaya, membantu proses pencernaan.


Sedangkan bakteri patogen (Unfriendly bacteria) adalah bakteri yang bisa menyebabkan kerusakan usus, menghasilkan toxin, berisiko sebabkan efek karsinogenik dan menyebabkan sakit/gangguan saluran cerna.


Nah, di beberapa anak bisa jadi kekurangan bakteri baik sehingga perlu tambahan yang dimasukkan dalam tubuh agar pencernaannya kembali normal.


Di sinilah fungsi probiotik dan prebiotik. Probiotik adalah bakteri hidup yang diberikan dalam jumlah yang adekuat dapat memberikan efek kesehatan dengan cara memperbaiki keseimbangan mikroflora saluran cerna (WHO 2002). 


Sementara prebiotik adalah makanan probiotik yg tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan, mampu memicu aktivitas dan pertumbuhan yang selektif, terhadap bakteri penghuni kolon. Prebiotik pada umumnya adalah karbohidrat, contohnya oligosakarida/ fructooligosaccharide (FOS). Ada istilah lain lagi yaitu Sinbiotik (Eubiotik) adalah kombinasi probiotik dan prebiotik.


Jadi, sudah sedikit paham ya Bu. Probiotik artinya kita sedang menambah bakteri baik pada anak supaya saluran cerna mereka dapat diperbaiki. Sedangkan prebiotik adalah nutrisi untuk bakteri baik tersebut agar tidak mudah kalah dengan bakteri jahat sekaligus memperkuat imun anak.


SERBA SERBI PROBIOTIK DAN SALURAN CERNA 


Menurut WHO, bakteri yang memenuhi syarat sebagai probiotik contohnya Lactobacillus dan Bifidobacterium. Probiotik bukan obat, BPOM mengkategorikan probiotik sebagai suplemen makanan yang memegang peran penting dalam kesehatan dan pencegahan penyakit pada manusia.


Syarat-syarat probiotik anak yang baik menurut WHO:

• Berasal dari manusia

• Dapat tumbuh dan bertahan di mukosa saluran cerna

• Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu

• Menghasilkan zat antimikroba

• Mampu melawan mikroorganisme jahat (pathogen)

• Terdokumentasi penelitian klinis yang baik


FAKTOR PENTING DI 1000 HARI PERTAMA ANAK


Masa 1000 hari pertama kehidupan dimulai sejak kehamilan (270 hari) sampai anak berusia 2 tahun (730 hari). Periode 1000 hari pertama anak, mempunyai dampak yang luar biasa untuk kesehatan masa depan anak dan pertumbuhan anak secara fisik maupun kognitif.


Faktanya:

✓70% dari kesehatan masa depan anak ditentukan di 1000 hari pertama.

✓80% dari pertumbuhan otak anak terjadi di 1000 hari pertama.


Nutrisi, Genetik, dan Mikrobiota Usus adalah 3 faktor utama yang saling berkaitan dan sama pentingnya selama 1000 hari pertama anak. Perkembangbiakan bakteri baik di usus bayi memiliki kaitan erat dengan kesehatan di 1000 hari pertama. Sehingga, mikrobiota sehat pada ibu hamil adalah hadiah perlindungan terbaik. Namun, tidak semua ibu hamil memiliki kandungan bakteri usus yang baik.


Bayi lahir normal mendapatkan transfer bakteri baik dari ibu hamil saat proses kelahiran melalui vagina. Sedangkan, bayi lahir caesar tidak melewati vagina selama proses kelahiran, yang menyebabkan kondisi ketidakseimbangan pada kandungan bakteri baik dan buruk ususnya saat awal kelahiran (bakteri baik masih sedikit). Kondisi ketidakseimbangan tersebut dapat bertahan hingga 7 tahun.


Satu rekomendasi untuk ibu supaya dapat memenuhi suplementasi bakteri baik bagi ibu hamil maupun si kecil adalah Interlac Drops. Apa saja sih keunggulan Interlac? Kita bahas ya Bu.


INTERLAC DROPS UNTUK 1000 HARI KEHIDUPAN ANAK


INTERLAC Oral Drops adalah probiotik pertama dengan sediaan oral drops di Indonesia, yang cocok terutama untuk bayi baru lahir hingga berusia 2 tahun.


Beda dengan banyak probiotik lainnya, formulasi INTERLAC Oral Drops sama sekali tidak mengandung laktosa sehingga aman sebagai probiotik untuk bayi yang intoleransi laktosa. Interlac drops mengandung bakteri baik Lactobacillus reuteri DSM 17938, bukan tergolong dalam sediaan sirup dan tidak menggunakan bahan pelarut seperti produk sirup pada umumnya yang berpotensi mengandung cemaran EG dan DEG.


INTERLAC DROPS sudah teruji klinis dan jumlah bakteri baiknya sesuai dengan standar WHO. Cara penggunaannya sangat mudah:

✓ Kocok botol terlebih dulu.

✓ Tuang 5 tetes Interlac drop ke sendok lalu suapkan ke bayi.

✓ Tutup kembali yang rapat dan setelah digunakan simpan kembali di kulkas bawah (bukan di freezer).

✓ Interlac drops setelah dibuka, akan optimal manfaatnya hingga 3 bulan.


Saat ini marak beredar produk palsu di pasaran. Hati-hati ya Bu, berikut adalah cara membedakan Interlac drop asli dan Interlac drop palsu.



Pastikan belinya di Interbat Official Store di e-commerce kesayangan, atau secara offline di baby shop, viva health, watsons, guardian dan apotek terpercaya. Ibu juga bisa membeli di link berikut http://linktr.ee/interlacprobiotics





Komentar

  1. Dari tulisan ini aku baru ngeh kalo probiotik dan prebiotik itu beda. Selama ini denger iklan di TV dan kukira itu sama.

    1000 hari pertama emang masa-masa penting. Orang tua emang harus ngeh dengan apa yang dibutuhkan anak. Ibaratnya yaaa "investasi" di awal. Kalau anak sehat, ke depan lebih mudah membesarkannya.

    BalasHapus
  2. Kebutuhan probiotik di 1000 hari pertama kehidupan memang penting banget ya, karena sangat bermanfaat untuk pencernaan, di mana sangat berhubungan dengan penyerapan nutrisi anak untuk pertumbuhannya :)

    Btw Interlac selalu jadi andalan anak-anak saya

    BalasHapus
  3. 1000 hari pertama anak itu memang betul-betul masa emas pertumbuhan anak. Jadi semua yang dibutuhkan anak termasuk kebutuhan probiotiknya terpenuhi.

    Apalagi bentuknya sudah oral drops yang memudahkan pemberian kepada bayi.

    BalasHapus
  4. Yang saya cari nih
    Udah lama keluarga saya mengonsumsi probiotik
    Sebelum nya ragu untuk ngasih ke bayi, Untunglah sekarang ada INTERLAC Oral Drops

    BalasHapus
  5. Nah, ini harus diperjelas dan dishare ke ibu-ibu ya, Mbak. Kalau Probiotik dan Prebiotik itu berbeda. Dan Probiotik itu harus sudah diberikan 1000 hari pertama kehidupan. Jadi Insya Allah saat lahir, pencernaan anak tidak mengalami gangguan.

    BalasHapus
  6. MashaAllah informatif banget artikelnya Mbak Hani. Harus dibaca oleh banyak pasangan muda yang sedang membesarkan anak-anak yang sedang dalam usia keemasan dalam tumbuh kembangnya.

    BalasHapus
  7. Setuju, 1000 hari pertama kelahiran itu adalah waktu yang pas untuk dibooster dengan makanan bergizi tinggi dan juga ada suplemen dari luar. Salah satunya Interlac ini ya sangat bagus banget buat bayi tumbuh kembang menjadi pribadi yang sehat dan cerdas nantinya...makasih kak sharingnya..

    BalasHapus
  8. Info yang sangat penting dan berguna, khususny bagi parw ibu-ibu nih. Thanks sudah berbagi.

    BalasHapus
  9. Manfaat probiotik sangat besar dampaknya untuk si kecil, sehingga dalam pembelian produk interlac ini harus lebih teliti ya agar tidak terbeli yang palsunya

    BalasHapus
  10. Sebegitu urgen kepentingan asupan probiotik untuk tumbuh kembang anak terutama di 100 HPK-nya. Rasanya penting banget kenalan dan mencoba Interlac Drops yang mengandung probiotik alami.

    BalasHapus
  11. Dulu si bungsu lahir langsung masuk NICU seminggu, setelah boleh pulang dioleh-olehin INTERLAC Oral Drops loh mbak. Ternyata ini manfaatnya penting banget buat kesehatan bayi ya.

    BalasHapus
  12. 1000 hari pertama kelahiran itu perlu diwaspadai para ibu, karena saat ini makanan apa pun yang masuk ke tubuh anak, diserap dan berharap anak akan tumbuh kembang menjadi pribadi yang sehat dan cerdas

    BalasHapus
  13. Yup, aq setuju mbak soalnya di 1000 hari pertama kelahiran emang penting banget buat menjaga asupan nutrisi termasuk probiotik nya.

    BalasHapus
  14. Akhirnya jadi baru ngerti kalau probiotik dengan prebiotik itu beda.

    BalasHapus
  15. Kayaknya anakku butuh interlac. Meskipun sudah lewat 1000 hari pertumbuhannya, tapi tetap butuh asupan multivitamin untuk tumbuh kembangnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer