Rekomendasi Wisata Menarik di Ancol

Hallo travelers

Senang sekali kita berhasil melewati pandemi dengan kondisi sehat dan dapat bepergian lagi. Saya jadi ingat keseruan travelling ke Jakarta bersama anak yang belum sempat ditulis di blog ini. Tepat usia Fira, anak pertama memasuki 6 tahun, saya berniat memberi pengalaman naik pesawat untuk pertama kalinya. Kebetulan, ada urusan bisnis di Rawamangun, Jakarta tanggal 13 Januari 2019.

Akhirnya saya buat itinerary short trip dibantu beberapa teman, soal rencana keberangkatan dan pulang, akomodasi penginapan, serta lokasi wisata mana saja yang akan dikunjungi. Kami berencana naik kereta api berangkat dari stasiun Pasar Turi Surabaya pukul 21.00, tiba di stasiun Pasar Senen pukul 09.00. Pulangnya baru naik pesawat pagi. Untuk pilihan menginap, kami cari hotel yang ekonomis namun kredibel di sekitar Jakarta Barat dekat dengan stasiun, Fave Hotel LTC Glodok. 

Event pertama yaitu gathering diselenggarakan di Ancol, tempat legendaris berdiri sejak dulu dan awet terjaga hingga sekarang. Ancol adalah salah satu tempat wisata di Jakarta Utara yang cukup populer. 

Berikut beberapa tempat wisata rekomendasi Ancol yang bisa kalian kunjungi

1. Pantai Ancol

Jadi karena Ancol ini adalah kawasan wisata terpadu. Kita akan dikenai tiket di gerbang masuk. Harga per April 2023 rinciannya

  • Tiket Masuk Ancol (Individu) - Rp 25.000
  • Tiket Kendaraan Mobil - Rp 25.000
  • Tiket Kendaraan Motor - Rp 25.000
  • Tiket Kendaraan Bus - Rp 45.000

Karena waktu itu kami naik taksi online maka gratis tiket untuk driver dan kendaraan. Hanya dihitung jumlah orang dalam mobil. Nah, pantai termasuk destinasi gratis di area Ancol. Kami kumpul di resto yang saya lupa namanya, untuk gathering pada sore hari lalu berjalan-jalan melihat sunset. Ternyata sunset Ancol cukup indah. Cocok ajak keluarga atau pasangan. 

Pantai Ancol

2. Sea World

Harga tiket masuknya sekitar 80ribuan, berbeda dengan tiket dari gerbang masuk. Di dalamnya kalian dapat belajar mengenal aneka satwa laut. Koleksi hewan di sini cukup lengkap sekitar 7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 Jenis ikan, 1 jenis reptil sampai biota perairan laut yang terdiri dari 11.500 ekor biota yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata serta 3 jenis reptil. Biota-biota tersebut ditampilkan dalam 28 display yang terbagi atas 9 akuarium perairan tawar dan 19 akuarium serta 4 kolam terbuka. 

Ada beberapa wahana menarik, 

a. Antasena Tunnel

Kalian bisa merasakan sensasi dikelilingi biota laut di atas kepala. Menampung hingga lima juta liter air laut serta ratusan jenis biota. 

Antasena tunnel

b. Shark Aquarium

Kalian dapat melihat pertunjukkan live feeding shark atau pemberian makan hiu secara langsung setiap hari jam 14:30 WIB. Terdapat berbagai jenis ikan hiu diantaranya adalah hiu sirip hitam, hiu pari barongsai, hiu kepala martil dan lainnya. 

C. Interactive Aquarium

Di sini kalian bisa menyentuh ikan-ikan maupun biota laut lain seperti penyu atau rumput laut. 

Sea World

Selain itu, ada beberapa wahana menarik lain yang bisa dikunjungi. Di pintu keluar Sea World, terdapat ruangan pembelian oleh-oleh. Ada boneka, baju, topi, dan lainnya. Sea World tutup pukul 16.30 ya tapi paling lambat datang ke sini kalau bisa pukul 15.30 agar puas dan tidak terburu-buru. 

Sea World ini kami kunjungi sebelum ke pantai, estimasi waktu saat kami selesai mengelilingi Sea World dan jadwal acara gathering masih lama. Jadi kami memutuskan makan dulu, saat tiba hotel kami memang belum sempat menyentuh nasi. Di food court Sea World pilihannya beragam. Mulai seafood hingga menu sederhana seperti nasi goreng dan nasi plus ayam goreng. Saya selalu takut makan di tempat wisata karena khawatir mahal. Tapi di area food court Sea World harganya masih terjangkau. 

3. Dunia Fantasi

Harga tiketnya mulai dari 187 ribuan. Sayangnya, waktu kami ke sana, dufan sedang tutup karena maintenance. Hiks. Jadi kami tidak bisa bercerita banyak tentang wahana ini. Padahal sangat direkomendasikan kalau ke Ancol harus ke dufan juga. 

Sekian ceritaku bepergian ke Ancol, tempat wisata di Indonesia yang menarik. Semoga bisa jadi referensi kalian. Selamat berlibur! 

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer