Pakan Burung Berkicau yang Aman untuk Hewan Kesayangan

Pakan burung

Bagi Anda yang sibuk dengan rutinitas bekerja sehari-hari, memiliki hewan peliharaan bisa memberikan aneka manfaat. Anda dapat memilih peliharaan sesuai minat dan kemampuan merawat. Salah satu hewan yang perawatannya tidak terlalu adalah burung berkicau. 

Adapun memelihara burung berkicau bisa menjadi hiburan dan relaksasi bagi pemiliknya, mendengar kicauan burung membantu mengurangi stress juga meningkatkan suasana hati. Memiliki hewan peliharaan seperti burung berkicau mengajarkan tanggung jawab pada seluruh anggota keluarga sebab bersama-sama harus memberi makan dan menjaga kebersihan sangkar.

Suasana rumah pun terasa lebih menyenangkan sebab kicauan burung akan mengingatkan pada alam meski ada di dalam ruangan. Agar burung tumbuh sehat dan kicauannya merdu maka harus memperhatikan pakan yang tepat. Pemilihan pakan adalah faktor penting dalam perkembangan peliharaan.

Ada beberapa kriteria yang perlu dipertimbangkan saat mencari pakan burung berkicau yang sesuai. Artikel ini akan membahas tuntas, jadi simak sampai akhir.

  1. Jenis Burung

Setiap jenis burung memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda, penting untuk memilih pakan yang sesuai dengan spesies burung Anda. Burung pemakan serangga biasanya menyukai larva, ulat, cacing, atau serangga lain. Burung anakan biasanya menyukai telur ayam rebus. Jenis burung pemakan biji seperti merpati, perkutut, burung pipit sangat menyenangi biji gabah, biji jagung dan lainnya. Mengetahui jenis burung Anda akan membuat peliharaan makan dengan lahap jika diberikan makanan yang tepat.

  1. Kandungan Nutrisi

Pilih pakan yang memiliki kandungan nutrisi seimbang. Pakan harus memiliki protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral untuk memenuhi kebutuhan gizi burung Anda. Terutama protein, tiap pakan burung proteinnya berbeda. Protein berfungsi untuk menstabilkan birahi burung. Selain itu, protein membangun otot dan menjaga kesehatan bulu.

Selain nutrisi di atas, pakan burung juga sebaiknya mengandung serat. Serat merupakan komponen penting dalam pencernaan burung. Pastikan pakan mengandung serat cukup untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

  1. Rekomendasi dari Pakan Burung

Konsultasikan dengan dokter hewan atau ahli burung untuk mendapatkan rekomendasi pakan yang sesuai jenis burung Anda dan kebutuhan khususnya. Pertimbangkan juga anggaran Anda dan ketersediaan pakan di pasaran. Selain itu, pakan burung sebaiknya bebas dari kontaminan seperti bakteri atau jamur. Simpan pakan dengan benar untuk mencegah kerusakan atau penyebaran penyakit. 

Jika Anda ingin mengganti pakan burung berkicau, lakukan perubahan secara bertahap untuk mencegah gangguan pencernaan. Campurkan sedikit-sedikit pakan baru dengan pakan lama selama beberapa minggu. 

Salah satu website dapat membantu Anda mencari pakan berkualitas untuk hewan peliharaan adalah computindo.com yang merupakan produsen dan distributor pakan yang percaya bahwa hewan kesayangan pet pals yang sehat adalah hewan kesayangan yang bahagia.

Selain pakan untuk burung, di website tersebut tersedia pula pilihan pakan untuk ikan, kucing, dan anjing kesayangan. Telah meraih predikat Top Brand 2017 dan Superbrands Indonesia’s Choice 2018 sehingga terbukti kualitasnya dan diminati pet lovers. Dalam website tersebut juga terdapat aneka artikel informasi seputar hewan kesayangan yang dapat membantu pemilik hewan dalam menganalisa kondisi peliharaan mereka.

Lebih dari 20 merk diluncurkan oleh CPPetindo bagi Anda penyayang hewan. Tersedia di aneka marketplace yaitu blibli, tokopedia, shopee, lazada, bukalapak. Mereka tidak hanya menyediakan pakan hewan tetapi aksesoris untuk hewan juga seperti tali anjing. Harga cukup terjangkau dan tentunya jaminan berkualitas jadi tak perlu diragukan lagi.


Komentar

Postingan Populer