Rekomendasi Aplikasi Transfer Uang yang Mudah Dipakai


Penggunaan aplikasi perbankan digital semakin diminati masyarakat. Kamu bisa dengan mudah melakukan layanan perbankan kapan saja melalui aplikasi yang terunduh di smartphone, salah satunya adalah layanan transfer uang untuk berbagai kebutuhan.


Dilansir dari situs finansial.bisnis.com pertumbuhan layanan transfer di aplikasi perbankan digital melalui BI-Fast yang diperkenalkan pada Desember 2021 mengalami peningkatan pengguna secara tajam sejak pertengahan 2022. Hingga saat ini, layanan tersebut terus mengalami pertumbuhan secara stabil sebanyak 20% hingga 30% transaksi yang terjadi di setiap bulannya.


Cara Kirim Uang Sebelum Era Teknologi Digital

Mengirim uang telah menjadi sangat mudah dan cepat melalui berbagai layanan perbankan dan keuangan digital. Namun jika menilik era sebelum gencarnya pertumbuhan teknologi digital, transfer uang bisa melalui apa saja? Yuk, bernostalgia menjelajahi jejak waktu dan melihat bagaimana orang mengirim uang sebelum teknologi mengubah cara bertransaksi keuangan. Berikut ini penjelasannya.

  1. Kirim uang melalui surat

Sebelum teknologi digital berkembang, orang-orang zaman dulu memasukkan sejumlah uang dalam surat yang dikirim melalui Kantor Pos sebagai satu-satunya cara mengirim uang. Cara ini digunakan oleh banyak orang yang tinggal di kota atau negara yang berbeda dengan keluarganya. Cara mengirim uang melalui surat tidak sepenuhnya aman, banyak kasus kehilangan atau surat tidak sampai ke tangan penerima menjadi hal yang sangat lumrah terjadi. Namun begitu, cara ini merupakan satu-satunya yang bisa digunakan saat itu.

  1. Wesel Pos

Perkembangan dan inovasi akhirnya menghadirkan layanan pengiriman uang yang lebih cepat dan lebih aman dibanding melalui surat. Wesel pos merupakan produk Kantor Pos khusus untuk pengiriman uang, baik dalam dan luar negeri. Hingga saat ini wesel pos masih digunakan banyak orang, terutama untuk masyarakat yang tinggal di daerah yang belum tersentuh layanan perbankan. 

  1. Transfer Bank

Sektor perbankan semakin maju dan masyarakat mulai menikmati berbagai layanan yang ditawarkan, termasuk urusan pengiriman uang, baik sesama bank, antar bank di dalam negeri, hingga ke luar negeri. Proses pengiriman uang dilakukan melalui teller bank dengan transaksi yang tercatat dalam buku rekening. Cara ini terbilang lebih mudah dan lebih cepat lagi dibanding penggunaan wesel pos, serta berkembang luas terutama di daerah perkotaan modern.

  1. ATM

Automatic Teller Machine atau Anjungan Tunai Mandiri mulai dikenal masyarakat Indonesia sejak tahun 1987. Melalui ATM, nasabah bisa melakukan beberapa layanan perbankan secara mandiri tanpa harus melalui teller bank. ATM masih terus digunakan hingga saat ini sebagai layanan yang mudah, cepat, dan aman. Beberapa ATM beroperasi 24 jam sehingga nasabah bisa mengakses kapan saja dan tidak terbatas jadwal operasional bank. Namun akibat tingkat kejahatan yang juga semakin canggih, banyak ATM khususnya yang berada di dalam lingkungan komersial, dibatasi akses penggunaannya dan disesuaikan dengan jam kerja lingkungan setempat.


Kirim Uang Lebih Mudah melalui Aplikasi Transfer Uang


Penggunaan internet secara meluas mendukung teknologi digital yang terus berkembang. Sejak awal tahun 2000an, masyarakat mulai mengenal internet banking dan dilanjutkan dengan mobile banking, layanan perbankan melalui hp. 


Aplikasi apa yang bisa transfer uang? Saat ini sudah tersedia banyak aplikasi perbankan digital, aplikasi keuangan, dan aplikasi dompet digital yang bisa kamu gunakan untuk mengirim uang dengan berbagai tujuan. Cara ini dinilai lebih praktis dan efisien, kamu tidak perlu khawatir kehilangan uang fisik atau kehilangan waktu akibat terlalu lama antre di bank. Aplikasi keuangan dan perbankan digital memungkinkan kamu bisa melakukan transaksi keuangan dengan nyaman melalui smartphone

Berikut adalah panduan cara mengirim uang melalui aplikasi transfer uang.

  1. Pilih Aplikasi Transfer Uang Terpercaya

Pilih aplikasi keuangan atau perbankan terbaik yang sudah dikenal masyarakat secara luas. Kamu bisa cari tahu lebih dulu aplikasi yang banyak direkomendasikan dan dipercaya banyak pengguna sebelumnya. Hal ini sangat penting agar kamu tidak terjebak dalam penipuan digital yang dilakukan oleh aplikasi bodong.

  1. Unduh dan Instal Aplikasi

Unduh aplikasi yang dipilih dari toko aplikasi resmi, melalui App Store atau Google Play. Instal aplikasi tersebut dan buat akun dengan mengikuti langkah-langkah pendaftaran yang diberikan dan penuhi persyaratan dokumen jika diminta. Lakukan verifikasi identitas akun dan tunggu sampai proses berhasil dilakukan.

  1. Hubungkan Metode Pembayaran

Jika kamu menggunakan aplikasi keuangan, maka harus menghubungkan akun aplikasi tersebut dengan akun bank atau kartu debit/kredit. Namun jika kamu menggunakan aplikasi perbankan, maka layanan pengiriman uang atau layanan perbankan lainnya bisa langsung dilakukan. 

  1. Layanan Kirim Uang 

Pilih fitur kirim uang pada aplikasi tersebut. Tambahkan informasi penerima dengan nomor rekening dan nama bank tujuan. Masukkan jumlah uang yang ingin kamu kirim ke rekening penerima.

  1. Pilih Metode Pengiriman Uang

Pilih metode pengiriman uang yang diinginkan. Beberapa aplikasi menawarkan opsi pengiriman instan dengan biaya transfer lebih mahal. Sedangkan pilihan lainnya membutuhkan waktu beberapa saat untuk proses pengiriman uang.  

  1. Tambahkan Pesan atau Catatan 

Beberapa aplikasi memungkinkan kamu bisa menambahkan pesan atau catatan pengiriman kepada penerima. Melalui catatan atau pesan, kamu bisa memberi penegasan atau informasi tambahan terkait tujuan pengiriman uang.

  1. Konfirmasi Transaksi

Periksa kembali semua detail transaksi. Pastikan jumlah dan informasi penerima sudah benar. Setelah yakin, kamu bisa melakukan konfirmasikan transaksi.

  1. Terima Bukti Transaksi

Setelah transaksi berhasil, kamu akan menerima bukti transaksi melalui aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi juga akan mengirimkan bukti digital melalui email atau SMS banking.

  1. Pantau Riwayat Transaksi

Kamu bisa pantau riwayat transaksi melalui fitur yang tersedia. Melalui fitur riwayat transaksi, kamu bisa melacak semua transaksi yang telah dilakukan dan memudahkan pencarian dan referensi di masa mendatang.


Rekomendasi Aplikasi Transfer Uang melalui Bank Digital

Menggunakan aplikasi transfer uang tidak hanya memudahkan proses pengiriman uang, tetapi juga memberikan keamanan dan kenyamanan. Kini tersedia aplikasi perbankan terpercaya yang sudah direkomendasikan banyak pengguna, yaitu digibank by DBS.


Kamu bisa mengirim uang tanpa ribet menggunakan digibank by DBS yang menawarkan keunggulan layanan sebagai berikut:

  • Gratis transfer tanpa kuota pakai BI-Fast

  • Real-time antar bank

  • Limit transaksi Rp250 juta/transaksi/hari

  • 24/7 lewat aplikasi


Kirim uang jadi semakin mudah dengan biaya transfer gratis tanpa kuota dengan digibank BI-Fast tanpa minimum saldo. Kamu bisa menggunakan layanan dari digibank by DBS ini untuk berbagai tujuan, misalnya belanja online atau kebutuhan lainnya supaya lebih cepat, praktis, dan hemat. Yuk, gunakan sekarang juga dan dapatkan informasi produk selengkapnya di sini.



Komentar

Postingan Populer