Tips Memilih Peralatan Kantor

Hal penting dalam operasional kantor adalah memiliki peralatan yang menunjang produktivitas. Tentu saja ada berbagai pertimbangan sebab tersedia aneka jenis dan merk di pasaran. Sebaiknya peralatan tersebut bisa digunakan secara efektif dengan pengeluaran yang efisien. 

Sebagus apapun perusahaannya jika tidak didukung peralatan dan perlengkapan memadai akan mengganggu kelancaran bekerja. Jangan sampai karyawan menunggu berjam-jam untuk memakai sarana prasarana karena sering macet, rusak dan sebagainya. 

Bagaimana Memilih Peralatan Untuk Kantor? 

Jika kita adalah pemilik bisnis, maka penting untuk melakukan survei sebelum membeli peralatan kantor. Ada beberapa poin sebagai penentu keputusan yaitu

1. Sesuai Kebutuhan

Supaya anggaran tidak membengkak, catat dengan teliti apa saja kebutuhan selama kantor beroperasi. Selain itu, saat sudah dicatat bisa dilakukan pembelian dalam jumlah besar untuk mendapat potongan harga. 

Ada banyak toko atau vendor bersedia menawarkan diskon saat Anda membeli banyak. Hal tersebut mampu menekan pengeluaran. Kalian juga mesti disiplin menentukan budget, jangan sampai harga produk melebihi ekspektasi malah akan merugikan.

2. Pertimbangkan Membeli Barang Rekondisi

Jika perusahaan tidak memiliki cukup biaya membeli peralatan baru solusinya adalah membeli bekas tapi sudah diperbaiki. Saat ini menjamur toko yang melakukan perbaikan dan pembaruan terhadap barang bekas agar bisa dijual lagi layaknya baru dengan harga miring. 

Dengan begitu, kalian telah melakukan penghematan untuk kantor. Sebaiknya lakukan pengecekan ulang terhadap barang saat diterima supaya jika ada keluhan segera ditangani penjual. Lebih bagus lagi waktu membeli barang rekondisi kita lihat bagaimana layanan purna jual mereka. 

3. Harga dan Spesifikasi

Sebenarnya untuk poin ini bisa dikembalikan lagi ke poin pertama bagaimana kebutuhan perusahaan terhadap barang. Jika spesifikasi produk penting dan berguna bagi produktivitas kantor serta digunakan dalam jangka waktu lama tak ada salahnya mengeluarkan biaya lebih tinggi dibanding nantinya bolak balik melakukan penggantian peralatan. 

Jadi dalam hal ini, silakan berkonsultasi pada staf IT di tempat anda tentang merk dan type produk yang cocok. 

Rekomendasi PC dan Printer Terbaik

PC singkatan dari Personal Computer memiliki peran penting menyimpan data administrasi kantor. Sementara printer mencetak data-data tersebut agar bisa didistribusikan ke berbagai departemen yang membutuhkan. 

Maka dari itu, sebelum membeli perlu dipelajari spesifikasi produk yang sesuai keperluan kantor kita. Berikut rekomendasi PC dan printer terbaik menurut saya


HP ProDesk 400 G7 MT


HP ProDesk 400 G7 MT

PC ini memiliki gelar penjualan terbaik di website, spesifikasinya memang bagus untuk perkantoran. 
  • 10th Generation Intel® Core™ i5 processor
  • Windows 10 (free upgrade to Windows 11)
  • 512 GB PCIe® NVMe™ M.2 SSD
  • 8 GB
Menggunakan perlindungan tingkat lanjut yang didukung dengan AI untuk membantu bertahan dari ancaman yang belum pernah terlihat sebelumnya. Sensor intrusi bersama dengan kunci kabel aksesori terintegrasi membantu mengamankan mouse dan keyboard berkabel Anda dari pencurian. Garansi 3 tahun sparepart dan servis sehingga lebih terjamin.

NVME digadang-gadang memiliki kecepatan transfer lima kali lebih cepat jika dibandingkan dengan SSD SATA. Tentu akan memudahkanmu dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Untuk harga juga terjangkau kisaran 14 jutaan. 

HP Pro G6 MT

HP pro G6 MT
  • 10th Generation Intel® Core™ i7 processor
  • Windows 10 Pro 64
  • 256 GB PCIe® NVMe™ M.2 SSD
  • 8 GB
  • Intel HD
Core i7 memiliki kemampuan lebih unggul jika dibandingkan dengan i5 dan i3. Pengguna dapat menjalankan berbagai proses secara bersamaan, misalnya 3D Rendering, video editing, dan keperluan animasi. Tidak heran jika produsen komputer dan laptop Core i7 mematok harga yang fantastis untuk setiap unitnya yaitu kisaran 20 jutaan. 

Nah, urusan PC kalian bisa sesuaikan dengan pekerjaan. Jika butuhnya hanya untuk tugas ringan i5 cocok, tapi jika pekerjaan kalian butuh aplikasi-aplikasi berat maka processor i7 cocok. 

Sekarang kita bahas printernya. Saya kembali akan membandingkan dua type yang bisa jadi acuan kalian. 

HP Laserjet Pro M404dn

Seperti kita ketahui bersama, printer laser memiliki banyak keunggulan dibanding inkjet. Sangat cocok untuk keperluan bisnis. Dalam satu menit, bisa mencetak sekitar 20 halaman. Printer tipe ini pun merupakan penjualan terbaik dalam website HP. Sudah tidak diragukan lagi performanya. 

HP Laserjet Pro m404dn

HP ScanJet Pro 2000 s2 Sheet-feed Scanner

Selain mencetak dokumen dari PC,biasanya kantor perlu untuk scan dokumen. HP ScanJet Pro 2000 ideal untuk tugas tersebut. Dapat digunakan scan warna maupun hitam putih. Urusan harga juga boleh diadu hanya 5 jutaan. 

HP ScanJet Pro 2000 s2

Lalu jika ingin membeli peralatan tersebut mesti cari ke mana? Tenang saja, kalian dapat membeli online di Meora Prima Solusindo adalah perusahaan IT yang terpercaya dan memahami kebutuhan pelanggan. Menyediakan solusi dan produk IT berkualitas dengan harga kompetitif untuk meningkatkan produktivitas. 

Berpengalaman selama 20 tahun sebagai partner resmi HP. Telah mengantongi beragam penghargaan yang membuktikan bahwa Meora Prima Solusindo terbaik soal pelayanan. 

Baca juga










Komentar

Postingan Populer