Sampoerna Mobile Banking, Solusi Keuangan Generasi Z

Tiap generasi pasti ada tantangannya, tak hanya soal perkembangan teknologi tapi juga urusan mengelola keuangan. Jika dulu prinsipnya bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Sekarang yang populer adalah YOLO (You Only Live Once) artinya nikmati saja hidupmu saat ini, masa depan urusan nanti. Efeknya, mayoritas gen Z minim literasi keuangan apalagi soal investasi sebab uang gaji dihabiskan sekaligus tanpa memikirkan kebutuhan mendatang. 

Masalah Keuangan yang Dihadapi Gen Z

Sampoerna Mobile Banking

Saya antusias sekali waktu Sampoerna punya acara pada tanggal 27 Januari 2022 menghadirkan dua narasumber milenial yang mempunyai dampak besar terhadap pengikutnya yaitu Felicia Tjiasaka, Investment Storyteller dan Olga Agata, praktisi hidup minimalis. Mereka memaparkan masalah-masalah generasi sekarang antara lain

1. Kemudahan Mendapatkan Hutang

Maraknya aplikasi pinjaman online berlimit tinggi dan marketplace yang menawarkan program "beli sekarang bayar nanti" membuat kita kalap untuk hidup konsumtif. Apalagi jika punya sifat FOMO alias Fear Of Missing Out alias takut ketinggalan tren terbaru. Sangat bahaya bagi kesehatan keuangan. Jika tidak disadari, gaya hidup berlebihan seperti itu kelamaan menjerumuskan pada kebiasaan berhutang yang tidak baik. 

2. Tidak Sabar dalam Berinvestasi Cenderung Ingin Cara Instan

Biaya hidup tinggi kaum muda menuntut mereka ingin mendapat tambahan penghasilan dengan cepat. Berpengaruh juga pada gaya investasi berpola instan dan high risk high return. Ketidaksabaran ini mengkhawatirkan kalau mereka menaruh uang hanya karena ikutan teman tanpa punya ilmu. Terlebih jika uang yang dipakai bukan uang menganggur bahkan dari hutang. 

3. Penggunaan Social Media dan E-Commerce yang Meluas

Pergeseran cara belanja juga berpengaruh terhadap keinginan membeli. Dulu orang mesti pergi ke toko, sekarang cukup lewat e-commerce dan social media barang yang datang ke alamat kita. Kemudahan tersebut tanpa diiringi kesadaran merasa cukup akan membuat boros pada akhirnya. 

Peluncuran Sampoerna Mobile Banking dengan Berbagai Keunggulannya

Sampoerna Mobile Banking

Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) melakukan peningkatan layanan mobile banking sekaligus mempertegas identitas layanannya dengan memperkenalkan Sampoerna Mobile Banking (SMB). Sebelumnya layanan mobile banking ini bernama BSS Mobile. Peningkatan layanan ini dilakukan untuk mempermudah nasabah milenial dalam menabung serta melakukan berbagai transaksi perbankan. Lebih jauh, nilai lebih berupa undian setiap bulan dan triwulanan melalui tabungan Sampoerna Mobile Saving diharapkan menumbuhkan kebiasaan menabung nasabah.

“Di era yang serba digital ini, kebutuhan nasabah akan transaksi digital semakin meningkat. Sampoerna Mobile Banking merupakan jawaban atas setiap kebutuhan transaksi digital generasi milenial,” tutur Henky Suryaputra, Finance & Business Planning Director, Bank Sampoerna. 

Dana pihak ketiga berupa tabungan yang berhasil dihimpun Bank Sampoerna per September 2021 sendiri tumbuh sebesar 18% menjadi Rp1,4 triliun jika dibandingkan posisi yang sama pada tahun sebelumnya yang sebesar Rp1,2 triliun. Demikian pula pertumbuhan transaksi digital Bank Sampoerna menunjukkan tren yang sangat baik. 

Meski tidak terlepas dari dampak penurunan aktivitas ekonomi secara keseluruhan, jumlah transaksi digital terus bertumbuh dan hingga September 2021 mencapai sebesar 23,8 juta transaksi atau meningkat hampir 3 (tiga) kali lipat  dibandingkan dengan jumlah transaksi pada sembilan bulan pertama tahun 2020. Sampoerna Mobile Banking hadir untuk membantu generasi muda mengelola keuangan mereka secara digital dengan mudah dan praktis, serta mengajak mereka rajin menabung dengan menghadirkan produk tabungan Sampoerna Mobile Saving. 

Sampoerna Mobile Banking

Sampoerna Mobile Saving memiliki keunggulan yaitu :

- Gratis 30x tarik tunai di ATM Bersama/PRIMA.
- Tidak ada biaya admin bulanan. 
- Bebas setoran awal. 
- Transfer online murah tanpa batas via SMB dengan biaya hanya Rp 3000.

Selain itu, dalam aplikasi terdapat dua jenis tabungan lain yaitu tabungan hati yang difungsikan untuk beramal karena tiap bulan akan dipotong 2,5% didonasikan pada yayasan bekerjasama dengan Bank Sahabat Sampoerna dan tabungan saku yaitu tarik dan setor tunai yang dapat dilayani pada gerai Alfamart, Alfamidi berstiker AGEN TASAKU. Sementara tabungan saku hanya ada di wilayah Surabaya, Gresik, Malang, Sidoarjo. 

Baca Juga




Komentar

Postingan Populer