Tips dan Cara Mempercantik Tampilan Website

Tips mempercantik website

Website yang menarik dapat membuat pengunjung betah berlama-lama membaca artikel di dalamnya. Apalagi jika kalian memiliki bisnis online yang mengandalkan web untuk mendongkrak penjualan makan dibutuhkan tampilan user friendly supaya omzet meningkat. 

Ada beberapa elemen perlu diperhatikan untuk mempercantik tampilan website yang bisa kalian terapkan. Baca tulisan ini sampai habis. 

Cara Mempercantik Website Agar Disukai Banyak Orang

Sebelum kalian membuat website tentu ada bayangan bagaimana desain atau konsep yang digunakan nantinya. Beberapa poin mesti diperhatikan agar desain kalian menjadi lebih disukai. 

Menggunakan Pilihan Warna yang Tepat

Banyak orang mengakui bahwa keputusan mereka membeli sesuatu adalah karena warnanya. Warna juga berhubungan dengan branding seseorang. Warna dapat mempengaruhi suasana hati untuk melakukan sesuatu. 

Maka dari itu, pemilihan warna dalam web tidak boleh sembarangan. Perpaduan kurang bagus bisa membuat sakit mata dan berdampak pada kurangnya pengunjung. Saat ini yang populer golongan warna pastel memberi kesan lembut dan elegan. Kalian dapat menyesuaikan sendiri warna dengan karakter ingin dibangun.

Pemilihan warna web

Berikut adalah contoh warna pastel di website sweez.com.br. Dalam memadukan jangan lupa memperhatikan teori warna dan siapa target pembaca artikel kita. 

Tiap golongan usia biasanya punya ketertarikan terhadap warna tertentu. Warna pastel cocok untuk pengunjung berusia di bawah 50 tahun, jika target pembaca lebih tua dari 50 bisa gunakan warna yang lebih tegas seperti merah, hitam, dan putih. 

Memperhatikan Navigasi

Menu navigasi website adalah seperangkat link yang pada umumnya mengarah ke halaman internal yang diatur dan disusun sehingga pengunjung dapat berinteraksi secara mudah dengan web kita. Adanya navigasi membuat tampilan situs menjadi lebih profesional dan berpeluang meningkatkan konversi. 

Sebaiknya letakkan navigasi pada area yang sudah umum digunakan seperti header atau sidebar. Jangan lupa tambahkan search bar untuk memudahkan pengunjung menemukan artikel yang mereka cari dengan cepat.

Membangun Layout Pada Halaman

Layout menurut KBBI adalah tata letak. Jadi layout halaman web maksudnya kerangka tampilan dari suatu halaman web yang diatur untuk memudahkan pengunjung mengakses isi dari website tersebut. 

Membuat layout harus ditentukan dulu rancangannya. Mulai dari bagian atas situs, samping, sampai bawah. Kita dapat menggunakan berbagai tool dan script yang bisa dicari di google dan diunduh gratis. Pembuatan layout identik dengan bahasa HTML, maka dari itu jika ingin layout buatan sendiri kita mesti belajar juga tentang HTML. 

Fokus Menggunakan Elemen Desain Website yang Penting

Elemen yang dimaksud terdiri dari font  yaitu pemilihan huruf untuk web berbeda dengan huruf untuk materi cetak seperti majalah, brosur, pamflet dan lain sebagainya. Membaca di layar, mata cenderung lebih cepat lelah sehingga dibutuhkan penyesuaian. 

Selain itu, kita mesti memperhatikan white space ialah ruang kosong yang memisahkan antara satu elemen dengan elemen lainnya. Berfungsi memberi jeda agar informasi dalam situs dapat diolah dengan baik oleh pembaca. Perhatikan pula kualitas gambar yang digunakan dalam web, supaya terlihat profesional sebaiknya pakai resolusi terbaik high definition.

Kesimpulan

Ada banyak hal perlu diperhatikan untuk membuat website kita lebih menarik sehingga mendatangkan kenaikan traffic bahkan konversi penjualan. Kita juga mesti melihat kecepatan website saat diakses. Jangan sampai pengunjung menunggu terlalu lama untuk website agar terbuka sempurna. Sebaiknya, situs kita mudah pula dibuka lewat handphone. 

Maka dari itu, pilihlah hosting berkualitas sebab kecepatan situs sangat berpengaruh terhadap betah tidaknya pengunjung berlama-lama mengulik semua info dalam situs. Niagahoster sebagai penyedia VPS Indonesia memberikan fitur terlengkap dan harga termurah bagi kalian yang ingin memiliki kontrol penuh atas server dan tidak berbagi sumber daya dengan website lain. 

VPS Indonesia

Baca juga 

Komentar

Postingan Populer