6 Kota Tujuan Road Trip yang Layak Jadi Favorit

Liburan ke luar kota dengan menggunakan mobil pastinya sangat menyenangkan. Bukan hanya seru, model liburan road trip ini bakal lebih fleksibel karena destinasi wisata bisa dijelajahi dengan kendaraan sendiri. Namun, bagaimana jika kamu tidak memiliki mobil pribadi sehingga kesulitan untuk melakukannya? Tak perlu khawatir, kamu bisa cek rental mobil lewat Traveloka di sini.

Di Pulau Jawa, ada sejumlah kota yang menarik untuk dikunjungi dan dieksplorasi dengan kendaraan roda empat. Nah, sebagai rekomendasi bagi kamu yang sedang menyusun rencana liburan, simak terlebih dahulu artikel berikut.

1. Yogyakarta

Road trip Jogja

Yogyakarta merupakan kota tujuan wisata yang sangat populer. Banyak wisatawan dari seluruh penjuru Indonesia yang datang ke kota ini untuk merasakan suasana yang istimewa. Kuliner di kota Yogyakarta pun tidak kalah menarik dan menggugah selera. Baik makanan tradisional maupun kekinian bisa ditemukan di sini.

Meskipun wilayahnya tidak terlalu luas, menjelajahi kota Yogyakarta dengan mobil rental lebih disarankan. Selain praktis saat bepergian, kamu bisa lebih bebas mengatur jadwal tanpa terkendala sarana transportasi. Kamu pun bisa menjangkau lokasi tujuan yang tidak berada di dalam kota, misalnya saat berkunjung ke pantai.

2. Bandung 

Berencana untuk road trip ke Bandung tahun ini? Mengapa tidak! Bandung adalah kota tujuan wisata yang juga memiliki keunikan tersendiri. Objek wisata yang bisa dijumpai di kota ini pun sangat beragam. Mulai dari Trans Studio Bandung, Saung Angklung Mang Udjo, Jalan Braga, dan masih banyak lagi.

Dari kawasan kota, kamu juga bisa menuju Lembang yang terkenal dengan aneka destinasi alamnya. Ada Farmhouse Lembang, Orcid Forest Cikole, The Lodge Maribaya, dan De’Ranch. Selain menghemat waktu dalam perjalanan, kamu juga pasti akan lebih hemat energi apabila memilih menggunakan mobil rental.

3. Banyuwangi

Banyuwangi

Nama Banyuwangi mungkin terdengar kurang populer sebagai destinasi wisata. Namun, jangan salah, ternyata kota ini juga memiliki sederet tempat liburan yang sangat menarik. Salah satu yang cukup terkenal adalah Kawah Ijen yang sebenarnya merupakan danau kawah di puncak Gunung Ijen. Destinasi ini menawarkan panorama alam yang sangat indah.

Selain itu, Banyuwangi juga memiliki destinasi Pantai Pulau Merah, Grand Watu Dodol, Pantai Cacalan, dan beberapa objek wisata lain. Untuk menjelajahi semua tempat itu dengan mudah, kamu disarankan untuk menggunakan mobil rental. Pasalnya, jarak antara lokasi masing-masing tempat tidak terlalu dekat. 

4. Malang dan Batu

Selanjutnya, ada kota Malang dan Batu. Kedua kota ini identik dengan suasana yang sejuk. Banyak orang datang ke Malang dan Batu untuk refreshing atau untuk menikmati suasana baru. Jarak antara Malang dan Batu bisa dikatakan tidak terlalu jauh, yaitu sekitar 20 km. Jadi, wisatawan yang ke Malang biasanya juga akan melanjutkan perjalanan ke kota Batu.

Nah, untuk menempuh jarak tersebut, kamu sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Dengan demikian, kamu tidak perlu repot mencari jenis transportasi lain yang cocok. Apalagi jika kamu berlibur bersama keluarga, menggunakan kendaraan sendiri akan lebih nyaman. Beberapa objek wisata di Batu adalah Batu Flower Garden, Jatim Park, Museum Angkut, Eco Green Park, dan lain-lain.

5. Semarang

Kamu juga bisa berkunjung ke Semarang, ibu kota Jawa Tengah. Semarang identik dengan wisata sejarah yang ikonik seperti Kota Lama. Kawasan ini menawarkan pengalaman yang unik karena masih adanya bangunan-bangunan khas tempo dulu. Tempat menarik seperti Lawang Sewu dan Sam Poo Kong pun tak kalah mengesankan.

Dekat dengan Semarang, ada beberapa daerah yang bisa dieksplorasi seperti Ambarawa, Bandungan, dan Kopeng. Semuanya menawarkan panorama alam yang indah dan sejuk. Nah, dengan menggunakan mobil, kamu bisa lebih fleksibel menjelajahi tempat-tempat itu. 

6. Purwakarta

Cikao Park

Salah satu kota yang dekat dengan Bandung dan Bogor adalah Purwakarta. Kota ini bisa menjadi pilihan menarik untuk road trip. Ada berbagai tempat wisata yang hits di Purwakarta, misalnya Hidden Valley Hills, Bukit Katumbiri, dan Cikao Park. Suasana daerah ini juga masih sejuk dan asri. Tidak heran jika banyak orang yang menjadikan Purwakarta sebagai destinasi wisata alternatif.

Nah, demikian beberapa rekomendasi kota tujuan wisata yang bisa dieksplorasi saat mengendarai mobil. Jangan lupa, lakukan persiapan yang matang sebelum keberangkatan agar kamu lebih nyaman dalam perjalanan.

Baca juga

Pengalaman Beli Karpet Online 109Pillow

Rajin Menyetrika Berkat Panasonic Cordless Iron

Pengalaman Belanja SGM di Alfagift

Komentar

Postingan Populer