Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat dan Rekomendasinya

Asuransi Mobil

Asuransi mobil adalah produk jaminan finansial yang menawarkan ganti rugi andai kendaraan yang ditanggung mengalami kerusakan atau kehilangan akibat pencurian.

Dengan memiliki jaminan dari asuransi mobil, kita tidak perlu khawatir lagi dengan mahalnya biaya perbaikan di bengkel atau andai kita mengalami pencurian/perampasan kendaraan karena perusahaan asuransi mobil yang akan menanggungnya.

Ada berbagai pilihan perusahaan asuransi mobil yang bisa dipilih. Salah satunya adalah Asuransi Garda Oto.

Asuransi Garda Oto adalah salah satu produk asuransi mobil di Indonesia yang dikelola oleh PT Asuransi Astra Buana. Garda Oto menawarkan berbagai keunggulan, mulai dari manfaat polis yang lengkap, layanan antar jemput ke dan dari bengkel, hingga garansi suku cadang asli. 

Namun, sebelum membeli premi asuransi mobil, apakah kamu sudah mengetahui bagaimana cara memilih asuransi mobil yang tepat?

Jika belum, ada baiknya kamu menyimak ulasan mengenai cara memilih asuransi mobil yang tepat di bawah ini. 

Baca juga

Kontainer Depo

Tips Memilih Jasa Digital Marketing

5 Rekomendasi Hunian Smart System

Cara Memilih Asuransi Mobil yang Tepat 

Mobil adalah salah satu aset yang memiliki nilai cukup tinggi. Karena itu, untuk melindunginya dari kerusakan hingga pencurian, tak sedikit orang yang membeli asuransi kendaraan. 

Namun, dalam pembelian asuransi mobil ini tidak dilakukan secara sembarangan karena akan memberatkan kamu ketika harus membayar rutin premi. 

Agar tidak salah pilih, kamu bisa menerapkan beberapa cara berikut ini untuk memilih asuransi mobil yang tepat. Dilansir dari Okezone Otomotif, berikut caranya. 

1. Lakukan survei

Melakukan survei terhadap perusahaan asuransi merupakan langkah pertama dan terpenting yang harus kamu lakukan. Pastikan perusahaan asuransi tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 

Selain itu, perusahaan asuransi terbaik biasanya memiliki jumlah nasabah yang tidak sedikit. Hal ini menandakan bahwa perusahaan asuransi tersebut terpercaya. 

Pastikan juga prosedur klaim asuransi bisa dilakukan dengan jelas dan cepat. Prosedur klaim yang tidak jelas dan lambat hanya akan merugikan kamu saat proses pengklaiman nanti. 

Perusahaan asuransi terbaik juga pastinya memiliki berbagai jenis produk berkualitas yang bisa ditawarkan ke calon nasabah. 

Sebagai contoh, asuransi Garda Oto menyediakan beberapa jenis produk, seperti Garda Trip untuk asuransi perjalanan, Garda Home untuk asuransi kebakaran rumah, Garda Me untuk asuransi kecelakaan diri, hingga Garda Edu untuk asuransi pendidikan anak. 

Perhatikan dengan saksama setiap produk yang ditawarkan dan bandingkan dengan perusahaan asuransi lainnya. 

2. Pilih sesuai kebutuhan

Perusahaan asuransi mobil biasanya menawarkan dua jenis produk, yaitu asuransi all risk dan Total Loss Only (TLO). Kamu tidak perlu memilih keduanya, cukup pilih salah satu saja yang sesuai kebutuhan. 

Asuransi all risk (comprehensive) adalah jenis asuransi yang akan menanggung 100 persen biaya kerusakan mobil, baik kerusakan  ringan, rusak berat, hingga kehilangan. Sementara, asuransi TLO hanya akan menanggung biaya kerusakan dengan total kerusakan minimal 75 persen. 

Jadi, kalau mobil kamu hanya lecet ringan, perusahaan asuransi tidak bisa membayarkan klaim karena kerusakan tidak mencapai 75 persen. 

3. Sesuaikan dengan kemampuan bayar

Pastikan besaran premi yang akan dibayarkan nanti sesuai dengan kemampuan keuanganmu. Jangan memaksakan diri untuk membeli sejumlah premi diluar kemampuan keuanganmu.

Hal ini hanya akan menyulitkan kamu saat proses pembayaran premi nanti. Jadi, sesuaikan saja dengan kemampuan bayar. 

4. Perhatikan kontrak kerjasama

Cara memilih asuransi yang tepat berikutnya adalah perhatikan kontrak kerjasama yang diberikan dengan teliti. Sebab, bila kamu sudah menandatangani dokumen kerjasama tersebut, maka proses pembayaran premi dan klaim asuransi akan berjalan mutlak sesuai dengan yang tertera pada kontrak. 

5. Memiliki bengkel rekanan yang luas

Perusahaan asuransi yang memiliki bengkel rekanan yang luas serta berkualitas dan terpercaya akan memudahkan kamu saat hendak memperbaiki mobil, seperti asuransi Garda Oto yang memiliki 170 bengkel rekanan di Indonesia.

Asuransi Garda Oto

Beberapa Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik

Setelah mengetahui cara memilih asuransi yang tepat, kini saatnya kamu memilih asuransi mobil. Berikut adalah beberapa rekomendasi perusahaan asuransi mobil terbaik.

1. Asuransi Garda Oto

Anak perusahaan asuransi Astara Buana ini menawarkan dua jenis polis mobil, yaitu asuransi all risk dan asuransi Total Loss Only (TLO) dengan harga yang terjangkau. Berikut informasinya. 

Harga premi : mulai dari Rp38.916/bulan untuk TLO dan Rp218.833/bulan untuk all risk

Bengkel rekanan : 170 bengkel

Cara klaim : melalui aplikasi kurang lebih diproses 1 hari

Usia mobil maksimal : 10 tahun

Keuntungan spesial: manfaat polis lengkap, layanan antar jemput ke dan dari bengkel, serta garansi suku cadang asli

2. Asuransi Mobil Sinarmas

Asuransi mobil Sinarmas menawarkan dua jenis polis, yaitu asuransi Total Loss Only (TLO) dan asuransi all risk. Keduanya memiliki biaya premi yang berbeda, tapi masih dalam kisaran biaya yang terjangkau. 

Berikut informasi singkat mengenai asuransi mobil Sinarmas yang disadur dari laman resminya. 

Harga premi : mulai dari Rp35.000/bulan untuk TLO dan Rp175.000/bulan untuk asuransi all risk

Bengkel rekanan : 584 bengkel

Cara klaim : melalui aplikasi kurang lebih diproses 1 hari

Usia mobil maksimal : 12 tahun

Keuntungan spesial: menanggung usia mobil tua

3. Asuransi Mobil ACA

Sama dengan asuransi mobil Sinarmas, asuransi mobil yang satu ini juga menyediakan dua jenis polis, yaitu asuransi all risk dan asuransi Total Loss Only (TLO). Berikut informasi singkat mengenai asuransi mobil ACA yang disadur dari laman resminya. 

Harga premi : mulai dari Rp48.000/bulan untuk TLO dan Rp218.000/bulan untuk all risk

Bengkel rekanan : lebih dari 400 bengkel

Cara klaim : melalui aplikasi kurang lebih diproses 1 hari

Usia mobil maksimal : 7 tahun

Keuntungan spesial: nasabah akan diberikan fasilitas mobil pengganti selama perbaikan di bengkel

Asuransi Kendaraan

4. Asuransi Tugu Pratama Indonesia

Perusahaan yang menawarkan proteksi mobil ini memiliki asuransi kendaraan all risk dan Total Loss Only (TLO) dengan ringkasan produknya sebagai berikut.

Harga premi : mulai dari Rp35.000/bulan untuk TLO dan Rp175.000/bulan untuk all risk

Bengkel rekanan : 307 bengkel

Cara klaim : melalui aplikasi kurang lebih diproses 1 hari

Usia mobil maksimal : 10 tahun

Keuntungan spesial: voucher bensin Pertamina

Itulah beberapa rekomendasi perusahaan asuransi mobil terbaik yang bisa kamu pilih. Jika bingung memilih perusahaan asuransi yang tepat, ikuti beberapa cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. 

Baca juga

Mengelola Keuangan Keluarga dengan blu

Definisi Bunga Tabungan

Pengertian dan Cara Menabung Deposito

Komentar

Postingan Populer