Tips Renovasi Kamar Mandi dan Perhitungan Budgetnya


Ingin membuat kamar mandi yang lebih nyaman dan mewujudkan desain yang sudah terbayang-bayang di kepala? Kamu bisa melakukan renovasi kamar mandi yang ada saat ini sesuai desain yang diinginkan. Namun tentu saja kamu membutuhkan alokasi biaya untuk kegiatan renovasi ini. Biaya renovasi kamar mandi besarnya sesuai dengan banyaknya perubahan yang ingin dilakukan, semakin banyak perubahan maka akan semakin besar biaya yang dibutuhkan.

Untuk itu kamu harus melakukan perhitungan dengan benar dan tepat agar sesuai dengan budget yang sudah kamu tentukan. Sumber dana yang bisa kamu gunakan untuk melakukan renovasi salah satunya adalah tabungan.  Kamu bisa melakukan pengecekan apakah tabunganmu sudah mencukupi apa belum untuk melakukan renovasi. Jika budget sudah siap, maka kamu bisa menyimak tips renovasi kamar mandi di bawah ini agar efektif dan efisien:

Tips Renovasi Kamar Mandi

Memutuskan untuk renovasi kamar mandi sebaiknya dilakukan dengan hati-hati agar tidak terjadi kesalahan di dalam prosesnya nanti. Beberapa hal penting mulai dari penggunaan material, anggaran sampai proses finishing perlu untuk diperhatikan. Ini ada beberapa tips renovasi kamar mandi agar tidak menimbulkan penyesalan di kemudian hari:

  1. Lakukan Perencanaan dan Pengecekan Mendetail

Pengecekan harus kamu lakukan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk merenovasi kamar mandi. Kamu harus pastikan bagian mana saja yang harus diubah dan mana saja yang masih bisa dipertahankan. Hal ini penting dilakukan untuk meminimalisir pengeluaran. Setelah mengecek selanjutnya buat perencanaan renovasi dengan baik.

  1. Tentukan Anggaran Biaya

Setelah mengetahui apa saja yang dibutuhkan, selanjutnya kamu bisa menentukan anggaran biaya yang dibutuhkan untuk melakukan renovasi. Hitung secara tepat dan hati-hati agar memperoleh nominal yang sesuai dengan kebutuhan biaya yang sebenarnya atau paling tidak mendekati.

  1. Atur Pencahayaan dengan Baik

Kamar mandi biasanya posisinya terletak di tengah rumah atau bahkan bagian belakang rumah, maka dari itu kamu harus memperhatikan pencahayaannya. Atur pencahayaannya dengan baik, jika memungkinkan buatlah cahaya matahari agar bisa masuk ke dalamnya. Namun jika tidak bisa, maka perhatikan lampu yang digunakan.

  1. Pertimbangkan Tata Letak

Agar kamar mandi terasa lega dan luas, maka kamu harus perhatikan tata letak semua perabot yang ada di dalamnya. Mulai dari wastafel, lemari penyimpanan, dan lain sebagainya. Kamu harus buat desain ruangan dengan memperhatikan semua komponen yang ada di kamar mandi.

  1. Perhatikan Ventilasi

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah ventilasi. Keberadaan ventilasi sangat penting di kamar mandi.untuk mengatur aliran udara keluar masuk di kamar mandi. Selain itu tanpa ventilasi kamar mandi akan terasa pengap dan panas. Jika dibutuhkan kamu bisa pasang exhaust. 

Perhitungan Budgetnya

Dalam melakukan perhitungan biaya renovasi kamar mandi setidaknya ada beberapa komponen pokok yang harus diperhatikan mulai dari biaya dinding, lantai, furniture sampai biaya tukang. Misalnya saja ambil contoh perhitungan untuk renovasi kamar mandi dengan ukuran 1,5 m x 1,8 m, adalah sebagai berikut:

  1. Biaya Pelapisan Dinding

Kebutuhan keramik untuk pelapisan dinding kamar mandi dengan ukuran 1,5x1,8x3 dibutuhkan sekitar 17 box keramik dengan ukuran 30x60. Harga keramik per box nya adalah Rp 97.000, maka biaya yang dibutuhkan untuk keramik dinding adalah sekitar Rp 1.649.000.

  1. Biaya Keramik Lantai

Kemudian kebutuhan untuk keramik lantai kamar mandi dengan ukuran 1,5x1,8 dibutuhkan sekitar 3 boks keramik dengan ukuran 25x25. Harga keramik lantai per boks nya adalah Rp 56.000, maka total kebutuhan ya sekitar Rp 168.000. 

  1. Biaya Furniture

Ada banyak furniture yang dibutuhkan untuk kamar mandi. Jika memang harus diganti secara keseluruhan maka berikut ini rinciannya:

  • Jet shower Rp 90.000

  • Rak penyimpanan Rp 200.000

  • Kloset duduk Rp 850.000

  • Cermin minimalis Rp 150.000

  • Kipas exhaust Rp 300.000

  • Lampu gantung Rp 150.000

  1. Biaya Tukang

Idealnya renovasi kamar mandi harus dilakukan oleh dua orang tukang. Jika diasumsikan pengerjaannya membutuhkan waktu 5 hari untuk membongkar dan merenovasi kembali, maka biayanya adalah 2 x 7x 100 ribu = Rp 1.400.000.

Jadi estimasi total biaya yang dibutuhkan untuk renovasi kamar mandi dengan luas 1,5 M x 1,8 M adalah Rp 4.957.000.

Budget renovasi kamar mandi memang tergantung luasnya dan seberapa banyak yang akan diubah. Jika kondisinya parah maka akan mengharuskan kamu mengubah semua furniturenya dengan yang baru. Jika terjadi demikian maka akan dibutuhkan biaya yang semakin besar karena harga perabot kamar mandi yang berkualitas tinggi lumayan mahal.

Jika setelah melakukan perhitungan budget, kamu ketahui simpanan uangmu tidaklah cukup untuk merenovasi sesuai desain yang kamu inginkan maka persiapkan dulu dana yang dibutuhkan untuk renovasi. Kamu bisa menabung terlebih dahulu sebelum memulai renovasi kamar mandi. Buka saja tabungan digibank by DBS

Ketentuannya sangat mudah, kamu cukup membuka tabungan secara online tanpa harus pergi ke bank. Karena 100% prosesnya secara digital dan hanya perlu verifikasi dengan fitur face biometric yang bisa dilakukan lewat smartphone yang kamu pakai sehari-hari. Kamu cukup menyediakan e-KTP dan swafoto dalam proses pembukaan rekening tersebut. 


Selain ketentuan yang mudah, kamu juga akan mendapatkan keuntungan gratis transfer dan bisa melakukan tarik tunai ke berbagai ATM. digibank by DBS juga memiliki produk tabungan Maxi yang bisa dimanfaatkan untuk mengelola keuangan karena bisa membuka dompet digital hingga 20 Dompet Maxi untuk mempermudah alokasi dana secara lebih rapi. Sehingga pengeluaran kamu dipastikan tidak akan mengganggu dompet tabungan yang kamu siapkan untuk renovasi. Cek informasi selengkapnya hanya di sini


Komentar

Postingan Populer