Belajar Kandungan Obat Lewat SehatQ.Com

SehatQ, website terpercaya direktori obat. Sejak kehamilan pertama, saya membekali diri belajar hal-hal yang menyangkut anak. Ilmu terus berkembang pasti ada pembaharuan mitos atau fakta.

Dulu orang percaya alkohol membantu penyembuhan kejang demam. Faktanya, kejang demam kurang dari 5 menit bisa diatasi dengan meletakkan anak di lantai sedikit miring agar tidak tersedak air liurnya sendiri, rutin kompres air hangat, longgarkan baju anak, cek pernapasan dan tunggu kejang mereda.

Tentu saja dalam mencari informasi mesti dari sumber terpercaya, salah penanganan bukan anak kembali sehat dikhawatirkan makin parah. Begitu pun soal menerima obat dari dokter, saya berusaha mencari tahu rasional atau tidak resep yang diberikan, apa efek sampingnya, apakah menimbulkan alergi.

Website atau aplikasi rekomendasi saya tentang kesehatan yaitu SehatQ, alasan saya memilih website/ aplikasi ini :

1. Fitur Chat Dokter SehatQ

Buat para ibu jujur deh, pasti pernah mengalami panik saat anak sakit. Apalagi jika anak sudah lemas tapi masih susah makan.

Menurutku, fitur chat dokter di SehatQ membantu mengurangi kepanikan sebelum memutuskan ke klinik. Musim pandemi seperti sekarang, agak ngeri ajak anak yang daya tahan tubuhnya kurang bagus ke lokasi rawan bakteri dan virus.

Kita dapat meminta saran pertolongan pertama di rumah agar kondisi anak membaik. Kemudian jika anak tak kunjung sehat pilihan terakhir ke klinik.

Layanan chat dokter tersedia Senin-Minggu dari jam 07.00 sampai jam 20.00. Tentu belum bisa 24 jam layanan ini difungsikan karena yang membalas konsultasi langsung dengan bapak atau ibu dokter bukan admin.

2. Kategori Penyakit dan Tindakan Medis

Berbeda dengan aplikasi lain, SehatQ menyediakan informasi lengkap tentang penyakit dan tindakan medis. Saya bilang lengkap karena mulai pengertian penyakit, dokter apa yang harus dihubungi, gejala, diagnosis, cara mengobati, cara mencegah, dijabarkan secara rinci.

Semua artikelnya pun ditulis oleh dokter yang kompeten di bidangnya dengan peninjauan dari dokter lainnya sehingga pengguna bisa tenang mendapat sumber bacaan terpercaya. Bahasa mudah dimengerti oleh orang awam, pengurutan penyakit berdasarkan alphabet memudahkan dalam mencari keterangan yang dibutuhkan.


Kategori Penyakit dalam SehatQ

3. Direktori Obat 

Ini fitur favorit saya, SehatQ menyediakan artikel seluk beluk obat sehingga kita bisa berkonsultasi secara tepat dengan dokter tentang resep. Para orangtua seperti saya yang peduli pentingnya penggunaan obat secara rasional namun tidak memiliki latar belakang ilmu medis, terbantu dengan hadirnya direktori obat dalam SehatQ.

Beberapa keunggulan fitur direktori obat :
 

1. Direktori Obat Disusun Berdasarkan Alphabet.

Seperti kamus, penyusunan artikel dibuat alfabetis sesuai huruf awal nama obat. Memudahkan saat scrolling mencari informasi yang dibutuhkan. 

Ada kolom search juga untuk mempercepat pencarian. Kita tinggal masukkan nama obat, maka hasil akurat langsung keluar.

2. Ditulis Oleh Ahli Farmasi atau Dokter.

Membaca sebuah artikel kesehatan termasuk deskripsi obat pasti muncul rasa penasaran siapakah penulisnya. Di website SehatQ kita bisa klik nama penulis, maka akan muncul keterangan singkat latar belakang penulis. 

Keterangan penulis direktori Obat

Keterangan latar belakang penulis artikel direktori obat

Hal ini dapat mengurangi hoax karena pembuatan artikel oleh orang yang bukan ahli di bidangnya. Hati jadi tenang memperoleh sumber yang terpercaya.

Baca Juga

3. Deskripsi yang lengkap.

Walau bukan ahli medis, rasanya membaca deskripsi di SehatQ membantu kita memahami karakteristik obat yang hendak kita atau keluarga kita minum. Mengurangi resiko komplikasi jika keluarga ada kontraindikasi atau alergi terhadap kandungan tertentu. 

Bahkan, nama produsen, harga, dosis dan aturan pakai tercantum lengkap seperti kita sedang membaca kertas dalam botol obat. Direktori obat SehatQ sangat kurekomendasikan bagi semua orangtua atau pihak-pihak yang membutuhkan informasi seputar obat.

Direktori Obat

Direktori Obat

4. Praktis dan Hemat Waktu

Bayangkan kita sedang traveling bersama keluarga, lalu salah satu anggota keluarga sakit dan lupa membawa obat yang biasa diminum. Saat ke apotek ditawarkan obat lain dengan khasiat sama.

Kita bisa gunakan direktori obat SehatQ sebagai rujukan tanpa mesti repot browsing ke berbagai macam website kesehatan mencari keterangan tentang obat pengganti tersebut. Buat saya, SehatQ ini sudah lengkap sekali. 

Kesimpulan
Para orangtua sebaiknya download aplikasi SehatQ karena semua fiturnya bermanfaat apalagi fitur direktori obat. Penggunaan obat secara rasional itu penting untuk menghindari kekebalan pada tubuh dan direktori obat SehatQ, cocok dipakai dengan tujuan tersebut.















22 komentar

  1. Aku suka ngecek di SehatQ kok informasi tentang obat. Kadang lagi sakit apa gitu, terus direkomendasikan obat yang aku baru denger, langsung cari tau kandungan dan efek sampingnya di web SehatQ

    BalasHapus
  2. Wah SehatQ makin berkembang nih. Bahkan detail obat obatan pun ada. Memudahkan bagi kita yang ingin mencari tahu lebih jauh soal obat yang dokter berikan ya.

    BalasHapus
  3. Jaman pandemi seperti ini, adanya SEHATQ positif banget, buat kita bisa konsultasi hingga belajar secara umum, perihal obat dan sakit yang ada di sekitar kita.

    BalasHapus
  4. Tulisan yg menarik, apalagi di saat sekarang yang pengobatan dan pencegah an dg multivitamin sangat penting untuk kesehatan. Membaca komposisi obat itu menjadi bagian yang kadang terlupakan, padahal itu hal wajib yg harus diketahui ketika membeli obat

    BalasHapus
  5. Wah, praktisbanget memang SehatQ ini, Mbak. Bukan cuma bisa konsultasi tapi bisa cek obat sesuai keluhan kita. Biasanya sih ortu kan cari-cari di Google kalau mau beli obat. Nah, ada direktori tepercaya gini ya membantu banget biar ga salah pilih, terutama pas buru-buru.

    BalasHapus
  6. Makasih infonya sangat bermanfaat. Baru tau ternyata pertolongan pertama mengatasi kejang pada anak.

    Sehatq memang top deh, informasinya lengkap dan valid, jadi gak perlu khawatir akan berita hoax yang banyak beredar di internet.

    BalasHapus
  7. wuah untung ya sekarang ada sehatQ
    bisa baca2 informasi kesehatan lewat hape, hanya di genggaman tangan
    aku juga bakal instal apps sehatq nanti

    BalasHapus
  8. Aku pingin cobain fitur chat Dokternya nih, soalnya kalau harus ke rumah sakit masih was-was ya. KAlau sewaktu2 butuh informasi obat aku juga suka cari di sini supaya tau indikasinya juga

    BalasHapus
  9. Di masa pandemi sekarang, di mana kita mau ke dokter juga waswas, website kesehatan semacam Sehatq ini pastinya sangat bermanfaat dan memudahkan kita ya. Praktis, online, dan bisa langsung dapet rekomendasi obat yang diperlukan.

    BalasHapus
  10. SehatQ andalan banget. Saya selalu pakai aplikasi ini buat nyari obat atau baca-baca gejala penyakit. Apalagi di musim pandemi gini. Daripada periksa ke RS, mending ke SehatQ aja deh.

    BalasHapus
  11. Sehat Q ini beneran solusi banget buat kita yang takut untuk berobat, bisa cari info kesehatan dan juga bisa ngobrol ama dokternya

    BalasHapus
  12. Fitur chat langsung sama dokter di website seperti SehatQ itu sangat-sangat membantu. Duh, teringat zaman internet belum selancar sekarang, belum ada chat interaktif gini... Nyari info yang valid tuh rasanya perjuangan banget.

    BalasHapus
  13. Kadang-kadang aku juga buka SehatQ buat baca-baca info sama cek obat. Enaknya karena kita bisa chat dokter. Pandemi gini kalau ada apa-apa baiknya Konsul dulu kan baru janji temu

    BalasHapus
  14. aku juga sesekali buka SehatQ mbak, kadang buat konsultasi sakit ringan gitu
    lengkap juga ya disana, ada info tentang kandungan obat

    BalasHapus
  15. SehatQ ini jadi salah satu rujukan saya dan isteri saya jika membutuhkan informasi tentang kesehatan. Artikelnya bagus dan sangat membantu. Begitu juga informasi lainnya, bisa dimanfaatkan. Misal fitur chat dengan dokter, sangat membantu, apalagi di jaman pandemi ini ya.

    BalasHapus
  16. Lengakap banget ya fitur yang ada di SehatQ ini.
    Jadi bisa tahu kandungan dan manfaat obat yang akan diberikan untuk semua anggota keluarga apalagi untuk anak.

    BalasHapus
  17. Saya juga suka aplikasi ini
    Bisa tahu lebih banyak soal dunia medis
    Bahkan bisa sambil rebahan aja

    BalasHapus
  18. Nambah lagi aplikasi recommended kategori kesehatan nih. Keren juga ya, utk layanan chat ya langsung dg dokter. Menurutku aplikasi kayak gini penting supaya kita bisa cari info kesehatan yg valid.

    BalasHapus
  19. Nah, solusi nih ya kalau takut ke rumah sakit buat cek langsung ke dokter. Bisa tanya dulu via chat di sehat Q

    BalasHapus
  20. Yes saya juga sudah unduh aplikasi Sehatq di smartphone saya. Emang membantu banget apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Mau cari obat juga gak rempong harus masuk dari satu apotek ke apotek lain tinggal pesan via Sehatq aja, karena obat yang tersedia cukup lengkap.

    BalasHapus
  21. Untuk akses informasi seputar bayi aku juga akses SehatQ, informasi nya lengkap dan up to Date

    BalasHapus
  22. waah saya blm pernah sih instal aplikasi sehatQ ini kak
    ada fitur chat sama dokter ya
    sangat membantu bgt ya buat konsultasi

    BalasHapus