Jenis Investasi Reksadana yang Perlu Pemula Tahu, Mana yang Menguntungkan Saat Pandemi?

Investasi Reksadana

Sejak awal tahun 2021, jumlah investor reksadana terus mengalami peningkatan. Efek pandemi yang membuat sebagian besar orang harus beraktivitas di rumah memberikan dampak tersendiri bagi dunia investasi. Investasi reksadana menjadi salah satu yang paling diminati karena kemudahan dan keramahannya untuk investor pemula. 

Banyak aplikasi reksadana seperti digibank by DBS yang dapat memudahkan calon investor untuk mulai berinvestasi. Kemudahan inilah yang menjadikan reksadana banyak dipilih dibandingkan dengan jenis investasi yang lain. Reksadana cocok untuk pemula karena memang untuk memulainya tidak membutuhkan modal besar.

Meski sebenarnya mudah untuk dilakukan, masih banyak orang yang merasa khawatir untuk memulai berinvestasi. Hal ini tak lepas dari banyaknya pemberitaan miring yang diberitakan oleh media. Maka dari itu, jika kamu ingin investasi reksadana, lebih baik gunakan aplikasi terpercaya. Uang yang kamu investasikan akan lebih aman dan terjamin, sehingga bisa menghasilkan keuntungan nantinya.

Aplikasi reksadana akan memudahkan kamu untuk melakukan setoran hingga memilih jenis reksadana. Pastikan kamu menggunakan aplikasi yang mudah digunakan, sehingga waktu tidak terbuang hanya untuk mempelajari aplikasi tersebut.

Jenis-Jenis Investasi Reksadana

Karena ada banyak jenis produk reksadana, kamu harus memahaminya satu per satu agar pilihan sesuai dengan tujuan investasi.

Reksadana Pasar Uang

Buat kamu yang pertama kali mencoba investasi reksadana, produk reksadana pasar uang bisa menjadi pilihan yang tepat. Dibandingkan dengan yang lainnya, instrumen yang satu ini jauh lebih aman dan minim resiko. Tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian besar jika memilih instrumen ini.

Reksadana Pendapatan Tetap

Pilihan yang kedua, kamu bisa memilih jenis reksadana pendapatan tetap. Tidak perlu bingung dengan istilahnya, yang jelas investor bakal mendapatkan return besar dan risikonya yang terbilang kecil. Jenis investasi ini berhubungan dengan sektor utang jangka panjang, sehingga jauh lebih aman. Opsi ini bisa jadi pilihan jika ingin lebih tenang dalam berinvestasi.

Reksadana Campuran

Jenis reksadana yang satu ini seringkali menjadi pilihan investor yang sudah memiliki pengalaman. Bukan tanpa alasan, dibandingkan dengan kedua jenis sebelumnya, reksadana campuran dikenal memiliki risiko yang lebih tinggi. Ini disebabkan karena dana investor tidak hanya dialihkan ke satu sektor saja, melainkan beberapa sektor seperti saham, pasar uang hingga obligasi.

Reksadana Saham

Ini merupakan jenis reksadana yang memiliki risiko paling tinggi diantara lainnya. Meski begitu, return yang bakal kamu dapatkan jika memilih jenis ini akan lebih besar. Produk reksadana saham ini memang kurang cocok untuk pemula, biasanya hanya investor yang memiliki karakter agresif yang memilihnya. Dana investor nantinya bakal dialihkan ke sektor saham yang diketahui sangat fluktuatif pergerakannya.

Investasi Mana yang Paling Menguntungkan Saat Pandemi

Investasi reksadana mengumpulkan uang atau dana dari banyak investor lalu menginvestasikan uangnya kembali dalam sekuritas seperti saham, utang jangka pendek, obligasi dan sebagainya.

Dari sekian banyak jenis reksadana, banyak yang berpendapat bahwa jenis reksadana pasar uang adalah investasi yang lebih minim risiko saat pandemi berkepanjangan ini. Hal ini dikarenakan sebagian besar uang atau dana investor akan dialokasikan ke dalam surat berharga dengan jangka waktu jatuh tempo di bawah satu tahun. 

Reksadana pasar uang berhasil membuat siapa saja percaya untuk menginvestasikan dana mereka karena kinerja reksadana pasar uang cenderung positif dan stabil sejak permulaan tahun 2020.

Reksadana

Sedangkan reksadana saham dan reksadana campuran dianggap bukan pilihan yang tepat saat pandemi seperti ini. Lembaga riset Infovesta telah mencatat bahwa kinerja reksadana dalam negeri sendiri mayoritas negatif sejak 2020 awal, yaitu saat awal pandemi mulai melonjak. Dan hal ini ternyata berdampak langsung pada pasar modal dalam negeri dan juga luar negeri.

Keuntungan Investasi Reksadana Melalui digibank by DBS

Di Indonesia, ada banyak aplikasi reksadana yang bisa kamu pakai. Kamu juga bisa mulai investasi lewat digital banking dari digibank by DBS. Digital banking saat ini memang punya beragam manfaat, tak hanya untuk mengecek mutasi rekening atau untuk transfer semata, tapi keberadaan digital banking bahkan bisa untuk berinvestasi. Digital banking dari digibank by DBS sangat direkomendasikan karena menawarkan beberapa keuntungan, diantaranya:

Semua Bisa Dilakukan Dengan Satu Aplikasi


Masih menganggap bahwa investasi reksadana itu sulit ? Kamu wajib tahu aplikasi yang bernama digibank by DBS. Aplikasi ini akan membantu kamu melakukan pembelian, penjualan maupun switch investasi hanya dengan beberapa sentuhan saja. Aplikasi ini juga bakal memberikan berbagai informasi yang bakal memudahkan kamu mengelola produk investasinya.

Membantu Dalam Memilih Jenis Reksadana

Mungkin kamu bingung saat memilih jenis reksadana yang bakal dijadikan profil investasi. Kamu bisa dengan mudah memiliki kategori reksadana berdasarkan kinerja terbaik, terpopuler dan scoring terbaik dengan aplikasi digibank by DBS. Apalagi jika ingin memilih reksadana saham, kamu harus lebih berhati-hati agar tidak mengalami kerugian. digibank by DBS menggunakan data yang up to date, sehingga tidak akan salah saat ditampilkan.

Pembelian Lebih Fleksibel

Kamu hanya perlu melakukan satu kali pendaftaran Single Investor Identification atau SID untuk melakukan pembelian. Untuk pembelian berikutnya, kamu tidak perlu mendaftar lagi, sehingga jauh lebih fleksibel dan menghemat waktu. Aplikasi ini juga akan membantu untuk kamu mengatur nominal investasi reksadana per bulan sekaligus tanggal pendebetannya. Investasi jauh lebih praktis, ini sama sekali tidak akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Modal Investasi Kecil

Sekarang, untuk memulai investasi tidak perlu mengeluarkan modal besar. Kamu bisa menggunakan uang sisa belanja untuk berinvestasi melalui digibank by DBS. Hanya dengan aplikasi ini, siapapun bisa mulai investasi dari Rp. 100.000 saja. Ini menjadi awal yang bagus untuk kamu yang ingin belajar, sebelum mencoba jenis investasi yang lebih berisiko. 

Pilihan Produk Reksadana Beragam

Terdapat lebih dari 50 produk reksadana yang bisa kamu beli dengan mudah. Semua proses pembelian maupun penjualan bisa dilakukan dimana saja, baik dari rumah, kantor atau saat sedang liburan. 

Hanya dengan satu aplikasi, semua bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Maka dari itu, yuk segera download digibank by DBS untuk mulai berinvestasi. Jangan terus menunda untuk berinvestasi, karena ini bisa membantumu mewujudkan apa yang sudah menjadi impian.

Nikmati sajian lengkap investasi ala rumah padang aplikasi digibank by DBS. Semua orang bisa melakukannya dengan mudah, aman dan cepat. 

Tidak seperti dulu lagi yang mengharuskan investor pergi ke bank, itu sangat membuang-buang waktu. Kini semua bisa dilakukan hanya dari rumah saja. Prosesnya 100% digital, kamu tidak perlu menunggu lama untuk segera memiliki portofolio investasi.

Yuk mulai berinvestasi, kamu bisa memulainya dengan men-download aplikasi digibank by DBS menggunakan smartphone iOS maupun Android untuk mengelolanya. Tidak perlu menunda-nunda lagi, segera wujudkan impianmu memulai berinvestasi reksadana dengan lebih mudah melalui digital banking dari digibank by DBS. 




Tidak ada komentar

Posting Komentar