Masak Hemat Waktu Berkat Kobe

Saya penasaran bagaimana awal mula teknik memasak krispi ditemukan. Sekarang hampir semua makanan yang digoreng kurang afdol kalau tidak mengeluarkan bunyi kriuk. Saya menduga, pengaruh masuknya restoran cepat saji dengan menu andalan ayam goreng berlapis tepung membuat lidah ketagihan menciptakan menu tersebut di rumah. 

Namun, proses pembuatan tidak segampang kita kira. Dibutuhkan campuran tepung tapioka, terigu, tepung beras dengan perbandingan tepat. Supaya lebih renyah ada pula yang menggunakan air es untuk melarutkan adonan. Belum lagi menunggu minyak harus benar-benar panas agar hasil bagus. 

Terbayang repotnya, untung telah hadir teknologi memudahkan para ibu supaya cepat dalam menghasilkan gorengan garing yaitu tepung bumbu. 🤣Pasti semua setuju penggunaan produk tersebut sangat bermanfaat apalagi di pagi hari menyiapkan sarapan keluarga. 

Pernahkah terpikir siapa pelopor tepung bumbu? Nah, saya juga baru tau bu kalau tepung bumbu pertama di Indonesia yaitu dari Kobe. 

Mungkin banyak yang kira kalau Kobe buatan Jepang. Namanya mengingatkan pada kota di sana. Ternyata KOBE adalah akronim dari "Kata Orang Banyak Enak" dan punya tagline : Kobe Ahlinya Tepung Bumbu! 

Di tulisan ini saya ingin bahas Kobe saja. Kalian cukup tau, jika ke supermarket ketemu BonCabe, Selera Saus Tiram atau Bali Kitchen kualitasnya pasti bagus sebab berasal dari satu induk. 

Kobe punya beberapa varian ada untuk tempe, ayam, tepung bakwan dan perkedel, sampai tepung pisang goreng. Masih kurang legit? Tersedia Kobe Tepung Serbaguna untuk gorengan renyah berempah serta Kobe Tepung Bumbu Putih yang terbaru agar gorengan renyah bertekstur kristal. 


Paling sering keluarga kami pakai Kobe Tepung Tempe Kriuk dan Kobe Tepung Bakwan untuk memasak di rumah. Anak-anak suka sekali tempe, dicampur Kobe rasanya makin enak dan lebih renyah. Belum selesai masak, kadang mereka menunggu-nunggu dekat meja dapur ingin incip. 

Keunggulan Kobe Tepung Tempe Kriuk

Kobe Tepung Tempe Kriuk


Dari sekian banyak merk kenapa pilih Kobe? Saya yakin muncul pertanyaan itu di benak kalian. Alasan pertama, Kobe Tepung Tempe Kriuk diracik khusus untuk menghasilkan tempe goreng sempurna jadi lebih kriuk dan pas berbumbu. 

Kedua, kalau pakai merk lain biasanya setelah agak dingin hilang kerenyahannya. Sementara pakai Kobe, tempe jadi renyah tahan lama. 

Ketiga, mengandung ketumbar asli sehingga gurih dan lezat. Apalagi masak buat orangtua yang masih lekat dengan bahan alami. Pakai ini cocok deh. 

Keempat, diproses dengan teknologi modern namun tanpa bahan pengawet dan pewarna buatan. Higienis dan aman. 

Resep Keripik Tempe Goreng Renyah

Tempe Kriuk Kobe

Masa pandemi asupan protein harus dijaga, konsumsi tempe merupakan sumber protein nabati yang baik. Selain mengandung berbagai nutrisi, harganya terjangkau. Makanya, tempe digemari masyarakat kita. Dan saya suka sekali makan tempe yang garing seperti keripik tempe, karena enak sekali dimakan bareng nasi hangat. Saya mau berbagi tips resep Keripik Tempe Goreng Renyah ala Kobe

Bahan Keripik Tempe Goreng Renyah

  • ½ Papan Tempe ukuran sedang (potong tipis-tipis)

  • 125 ml Air

  • 1Bks Kobe Tepung Tempe Kriuk (70gr)

  • 3 Lembar Daun Jeruk, iris halus

  • 500ml minyak goreng


Cara Membuat Keripik Tempe Goreng Renyah


  • Iris tipis tempe, lalu goreng sampai matang dan kering, tiriskan

  • Campurkan 1 bungkus Kobe Tepung Tempe Kriuk dengan air, aduk hingga larut

  • Tambahkan irisan daun jeruk, aduk rata

  • Masukkan tempe yang sudah digoreng  kedalam adonan basah

  • Goreng dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan

  • Angkat dan biarkan dingin, setelah dingin simpan dalam toples. 


Disandingkan dengan sambal terasi makin lezat. Terasi bubuknya pakai punya Kobe juga dong. Ada satu lagi nih resep yang disukai sama keluarga saya yaitu Bakwan Bayam Kobe. Cara membuatnya mudah banget hanya 2 bahan saja, bayam dan Kobe Tepung Bakwan Kress. Dijamin mulai anak-anak sampai orang dewasa suka, karena rasanya gurih berbumbu, teksturnya renyah di luar empuk di dalam. Bisa jadi solusi agar anak suka makan sayur nih. Ini dia resep Bakwan Bayam Kobe.

Bakwan Bayam Kobe

Bahan Bakwan Bayam Kobe

  • 1 bungkus Kobe Tepung Bakwan Kress (70gr)

  • ½ ikat bayam (± 90 gram ) (potong kecil-kecil)

  • 10 sdm air (±80 ml)

  • Minyak goreng secukupnya


Cara Membuat Bakwan Bayam Kobe

  • Campurkan Kobe Tepung Bakwan Kress dengan air

  • Tambahkan  ½  Ikat Bayam, aduk sampai rata

  • Goreng dalam minyak panas, sesendok demi sesendok hingga kering

  • Angkat dan sajikan


Mudah sekali kan Mom, yuk coba dua resep praktis dan rasanya lezat pakai tepung Kobe pastinya. Masak jadi hemat waktu berkat Kobe.




10 komentar

  1. Wah Leh uga nih dicoba,
    Aku suka Tempe tepung soalnya. Mantapp 😘

    BalasHapus
  2. Kreasi yang menarik nih untuk bikin gorengan kriuk-kriuk. Jadi pengen coba deh bikin gorengan sehat apalagi di kondisi pandemi saat ini. Tepungnya bisa jadi rekomendasi juga

    BalasHapus
  3. Wah Kobe, brand pilihanku

    saya selalu memilih KOBE dibanding brand lain karena gurihnya bukan karena kebanyakan MSG

    dan ownnernya (maaf kalo salah) seorang ibu rumah tangga yang punya racikan tepung yang nendang

    Produknya sukses, dan seperti biasa kalau ada produk sukses akan muncul pengikut :D

    BalasHapus
  4. KOBE adalah akronim dari "Kata Orang Banyak Enak"

    Baru tau akuuuu

    Memang enak sih kalo goreng2 pake tepung Kobe. Makin mantuuullll!

    BalasHapus
  5. kalo aku dari dulu penasaran dg bayam goreng yg selembar2 itu loh. mana sekarang jarang pula yg jual di swalayan

    BalasHapus
  6. Anak kosan neh suka banget goreng-goreng pake tepung bumbu yang praktis gini mbak..

    BalasHapus
  7. Nah aku juga mengira kalo Kobe itu asalnya dari Jepang. Ternyata asli produk lokal dan menjadi pelopor tepung bumbu di Indonesia. Tapi kalo tagline nya sih udah apal dong, Kobe ahlinya tepung bumbu

    BalasHapus
  8. aku pernah nyobain tepungnya nih, tapi lupa yang varian apa dulu pas ikut acara dapat goodie bag produk kobe. Beneran baru tahu kalau kobe kepanjangannya itu wkwkwkw

    BalasHapus
  9. Tepung Kobe memang andalan banget yaah..bikin makanan yang sederhana jadi favorit.
    Kaya anakku gak suka sayur, tapi karena digoreng kriuk pake tepung kobe, jadi lahap makan kripik sayurnya.
    Juara banget, Tepung Kobe.

    BalasHapus
  10. aku juga kalau bikin makanan bertepung andalannya ya tepung bumbu, mba soalnya praktis. hehe. belum pernah sih nyobain tepung bumbu kobe ini. Ntar coba ah siapa tahu hasilnya lebih oke dari yang sering kupakai

    BalasHapus