Definisi Bunga Tabungan Hingga Keunggulannya

Bunga Tabungan


Saat ini mungkin sudah jarang sekali orang yang menabung di celengan yang ditaruh di dalam kamarnya. Selain tingkat keamanannya yang rendah, menabung menggunakan celengan tidak akan menghasilkan bunga tabungan. Hal itulah yang membuat bank menjadi tujuan banyak orang menyimpan uangnya.

Definisi Tabungan dan Bunga Tabungan

Berdasarkan Undang-Undang No. 10 tahun 1998 tentang perbankan, Tabungan merupakan simpanan yang penarikannya bisa dilakukan dengan berbagai syarat tertentu yang sudah sesuai kesepakatan. Namun, tabungan tersebut tidak bisa ditarik menggunakan bilyet giro, cek serta alat lain yang disamakan dengan itu.

Sebagai nasabah, Anda hanya diperbolehkan untuk melakukan penarikan tabungan melalui slip penarikan, buku tabungan, anjungan tunai mandiri (ATM), serta fasilitas lain seperti internet banking, formulir transfer, mobile banking maupun fasilitas lainnya.

Tiap orang pasti mempunyai tujuan yang berbeda-beda saat menabung. Meski berbeda-beda, umumnya saat menabung di bank, nasabah bertujuan untuk menyiapkan dana cadangan di masa yang akan datang. Selain itu, ada juga yang mempunyai tujuan sebagai alat transaksi digital semata.

Baca Juga

Apapun tujuannya, nasabah yang menabung di bank akan memperoleh bunga tabungan, yaitu keuntungan yang diberikan pihak bank kepada nasabahnya dalam jangka waktu tertentu berdasarkan persentase dan jumlah dana yang ditabung oleh nasabah tersebut.

Ada juga yang mengartikan bunga tabungan sebagai balas jasa yang diperoleh nasabah dari bank berdasarkan prinsip konvensional. Dengan begitu, jumlah dana yang Anda tabungkan di bank akan mempengaruhi bunga tabungan yang Anda dapatkan tiap periode tertentu.

DBS

Keunggulan Bunga Tabungan

Setelah Anda mengetahui definisi dari tabungan dan juga bunga tabungan. Berikut ini beberapa kelebihan dari bunga tabungan tersebut.

1. Mengembangkan Dana Pokok Nasabah

Dengan adanya sistem floating rate akan memungkinkan nasabah memperoleh bunga tabungan sesuai dengan jumlah saldo yang dimilikinya. Semakin banyak jumlah tabungan, akan berbanding lurus dengan jumlah bunga yang akan didapatkan oleh nasabah tersebut.

2. Bisa Melakukan Perhitungan Sendiri

Nasabah juga bisa memanfaatkan bunga tabungan yang ditawarkan oleh bank guna melakukan perhitungan bunganya sendiri menggunakan tiga metode, yaitu berdasarkan saldo terendah, saldo rata-rata dan juga saldo harian.

3. Mudah Dicairkan

Bank akan langsung memberikan bunga tabungan ke rekening nasabah. Sehingga Anda bisa mengambilnya kapan saja tanpa terikat berbagai kebijakan waktu tertentu.

Perhitungan Bunga Tabungan

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa bunga tabungan bisa dihitung sendiri menggunakan tiga metode. Adapun metodenya seperti berikut:

1. Berdasarkan Saldo Terendah

Jumlah saldo terendah pada bulan laporan akan dikalikan dengan suku bunga per tahun. Kemudian akan dikalikan lagi dengan jumlah hari pada bulan laporan tersebut. Selanjutnya dibagi dengan jumlah hari dalam setahun.

2. Berdasarkan Saldo Rata-Rata

Perhitungan berdasarkan saldo rata-rata dihitung menggunakan saldo rata-rata tabungan dalam bulan berjalan. Untuk cara menghitungnya sendiri sebagai berikut: sebagai jumlah saldo akhir tabungan setiap hari dalam bulan berjalan dengan jumlah hari dalam bulan tersebut.

3. Berdasarkan Saldo Harian

Metode berikutnya adalah dengan menjumlahkan bunga harian yang didapatkan oleh nasabah. Nasabah akan mendapatkan penghasilan dari bunga setiap hari selama sebulan berjalan. Serta akan diberikan pada akhir bulan melalui rekening nasabah.

Setelah Anda mengetahui apa itu bunga tabungan dan kelebihannya. Tunggu apa lagi untuk segera membuka rekening tabungan guna meningkatkan passive income Anda. Jika hal tersebut masih kurang menguntungkan, Anda bisa melakukan investasi berisiko rendah dengan membuka tabungan deposito yang ditawarkan DBS Indonesia melalui aplikasi investasi terbaik.

tabungan DBS

Keunggulan Tabungan Online Digibank by DBS 

DBS Indonesia hadir dengan segala kemudahan untuk para nasabahnya dalam melakukan berbagai transaksi finansial. Baik itu untuk membuka tabungan hingga melakukan investasi dengan mudah menggunakan satu aplikasi saja, yaitu aplikasi digibank by DBS. Adapun keunggulan yang ditawarkan oleh DBS Indonesia sebagai berikut:

1. Buka Rekening Secara Online

Sudah tidak zamannya lagi buka rekening tabungan harus datang ke kantor cabang, mengikuti antrian panjang dan mengisi dokumen berlembar-lembar. Dengan menggunakan aplikasi investasi terbaik dari digibank by DBS, Anda bisa membuka rekening tabungan baru dengan lebih mudah dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

2. Verifikasi dengan e-KTP dan Sidik Jari

Untuk proses verifikasi pembukaan rekening baru yang anda lakukan juga cukup mudah. Dimana Anda hanya memerlukan e-KTP dan juga sidik jari saja.

3. Gratis Transfer dan Tarik Tunai

Fitur unggulan yang ditawarkan oleh DBS Indonesia adalah gratis transfer dan tarik tunai di ATM mana saja. Tentunya hal ini ada ketentuannya. Dimana saldo rata-rata bulanan Anda harus di atas Rp. 1 juta.
Nah itu dia beberapa informasi mengenai bunga tabungan dan juga aplikasi investasi terbaik yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan keuntungan Anda saat ingin menabung dengan digibank by DBS.

Baca Juga 


Tidak ada komentar

Posting Komentar