5 Pemenang Pahlawan IDN Media



Memaknai hari pahlawan memberi ruang pada kita untuk memperluas arti kepahlawanan secara berbeda. Pahlawan hari ini tentu tak sama dengan pahlawan di masa penjajahan, kemerdekaan, revolusi atau masa-masa awal pendirian bangsa. Pahlawan hari ini adalah mereka yang memberi manfaat pada orang lain dengan tetap mempertahankan orisinalitas dan kemandirian. Generasi milenial dan gen Z memerlukan pahlawan mereka sendiri supaya tetap berprestasi di masa pandemi ini dengan memberikan kontribusi terbaik pada kemajuan bangsa.

Pada tanggal 10 November 2021, IDN Media membuat sebuah program mengambil tema, “Satu Negeri Beragam Inspirasi, Pahlawan IDN” memberi apresiasi pada individu kompeten dan memiliki dampak untuk komunitas masyarakat, dengan kriteria khusus, dan menganugerahkan gelar “Pahlawan IDN 2021,” di beberapa bidang seperti: pendidikan, lingkungan, kesehatan, teknologi, proyek kreatif, dan komunitas. Pemenangnya adalah:

  1. Riliv, diwakili oleh Audrey Maximilian Herli

  2. Plana (Plastci for Nature), diwakili oleh Joshua Christopher Chandra

  3. Mataharikecil Indonesia, diwakili oleh Yasser Muhammad Syaiful

  4. BecomeMore Indonesia, diwakili oleh Agalia Sukanti Ardyasa

  5. Literasi Anak Banua, diwakili oleh Alvian Wardhana


Mereka diseleksi ketat melibatkan juri-juri ahli yaitu Winston Utomo (CEO IDN Media), Zefanya Deby (Head of Communication IDN Media), Uni Lubis (Editor in Chief IDN Times), Najelaa Shihab (Pendidik dan Pendiri Semua Murid Semua Guru), dan William Hendradjaja (Chief of Business Skilvul & Managing Partner of SIAP). Juri telah menilai dengan spesifik untuk mencari generasi muda yang fokus mengembangkan diri tanpa melupakan komunitas mereka untuk bertumbuh bersama. 

Kriteria penilaian termasuk orisinalitas dan keunikan ide, tujuan kegiatan, hasil dan sebaran dampak kegiatan di sektor terkait, serta keberlanjutan inisiatif kegiatan yang mereka kerjakan dalam waktu lama. Lima program di atas, dinilai mewakili semangat itu yaitu semangat satu negeri beragam inspirasi. 

Pemberian gelar diharapkan memberi semangat pada mereka mengevaluasi diri dan menciptakan program agar menghasilkan dampak lebih luas serta memberi contoh nyata pada generasi muda lain turut mengembangkan minat dan ide mereka lewat peningkatan kuantitas dan kualitas masyarakat secara bersama menjadikan Indonesia negara kuat, mandiri, sejahtera, makmur. 

Indonesia punya banyak talenta muda berbakat, berjiwa sosial, dan bisa membuat teknologi positif namun tetap menjaga keseimbangan alam dan lingkungan. Oleh karena itu, dorongan diharapkan lahir dari berbagai pihak (stake holder) agar mereka terus semangat menghasilkan program baik berdampak sosial.

Sebagai apresiasi, mereka yang terpilih berhak memperoleh hadiah sejumlah uang tunai serta dukungan IDN Media selama setahun penuh berupa publikasi secara masif untuk menginformasikan kegiatan dan program mereka agar dikenal masyarakat luas. Dengan begitu, proyek mereka bisa memberi inspirasi ke lebih banyak orang.

Mereka juga memiliki kesempatan langka gabung dalam Signature Event diadakan IDN Media yang memiliki jaringan luas. IDN Media memiliki peran menjembatani antara pemilik ide, pemilik modal, masyarakat sebagai subjek sekaligus objek dalam pembangunan fisik, moral, dan sosial ekonomi masyarakat.

Teknologi harus dikembangkan, tetapi alam harus terus lestari. Manusia boleh melakukan banyak hal, tetapi aspek moral mesti dipegang mencegah keserakahan.

Untuk tujuan itulah, manusia butuh sosok pahlawan sebagai uswah hasanah (contoh yang baik). Sebuah best practice memberi suri teladan kepada yang lain tetap positif, kreatif, inovatif, manusiawi, dan mencintai lingkungan. 


Mengutip salah satu pernyataan juri William Hendradjaja (Chief of Business Skilvul & Managing Partner of SIAP): “Saya sangat terinspirasi oleh teman-teman yang bahkan sudah berkomitmen untuk melakukan misi sosial dan lingkungan ini di usia yang masih sangat muda. Bahkan, beberapa ada yang masih duduk di bangku kuliah. Terima kasih atas partisipasi teman-teman dan akan apa yang sudah kalian lakukan sejauh ini. Perjalanan kalian masih sangat panjang. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencari support system yang dapat mendukung hal-hal baik yang telah teman-teman inisiasi."


Tidak ada komentar

Posting Komentar