Meski Mobil Bekas, Tetap Lakukan Hal Berikut!

tips beli mobil bekas

Saat ini perilaku membeli produk mobil bekas bukan merupakan hal yang jarang terjadi di masyarakat. Membeli mobil bekas memberikan keuntungan dalam membeli mobil dengan kualitas baik namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Fenomena membeli mobil bekas ini tidak hanya terjadi pada kalangan yang memang mengerti otomotif, tetapi juga terjadi pada banyak kalangan bahkan tak terkecuali selebriti. Seperti yang kita ketahui, bahwa membeli mobil bekas tidak lagi menjadi perilaku membeli yang tidak kalah saing dengan perilaku membeli mobil baru.

Baca Juga

Cermat Pilih Ekspedisi Untuk Bisnismu

5 Pemenang Pahlawan IDN Media

Keuntungan Menjadi Agen PPOB dengan Aplikasi Akuntansi

Namun, apakah kamu sudah memberikan proteksi yang sama dengan ketika membeli produk baru? Tahukah kamu bahwa kamu bisa membelikan asuransi mobil untuk mobil bekas yang baru saja kamu beli? Berikut ini hal yang harus kamu lakukan untuk daftar asuransi mobil bekas mu!


  • Menghubungi pihak penyedia asuransi

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menghubungi pihak asuransi mobil yang ingin kamu beli produknya. Banyak produk asuransi mobil terbaik yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi pastinya. Namun, asuransi yang terbaik adalah yang memiliki manfaat sesuai dengan kebutuhanmu.


Pastikan kamu memahami poin-poin manfaat dari asuransi yang kamu pilih. Apabila pemilik sebelumnya menggunakan produk asuransi dan polisnya masih berlaku, kamu juga bisa menghubungi pihak perusahaan asuransi untuk memperpanjang dan menyesuaikan produk asuransi yang sudah ada dengan kebutuhanmu.


Kamu juga perlu menanyakan terkait besaran premi, nilai pertanggungan, dan dokumen wajib yang perlu disiapkan baik untuk balik nama atau membeli polis baru. Hal tersebut diperlukan agar kamu bisa segera menyiapkan hal yang diperlukan ketika proses selanjutnya. Jangan malu untuk bertanya dengan pihak penyedia asuransimu, ya!


  • Pengecekan kondisi mobil

Langkah selanjutnya yang akan dilakukan setelah menghubungi pihak penyedia asuransi adalah perusahaan asuransi akan mendatangi kamu untuk melihat lebih lanjut kondisi kendaraan kamu secara langsung. Perlu diperhatikan bahwa mobil bekas memiliki kondisi yang berbeda dengan mobil baru baik dari kondisi bodi, mesin, interior, dan kelistrikan.


Usia kendaraan juga mempengaruhi besar premi dan pertanggungan dari asuransi yang kamu pilih karena semakin berusia kendaraan semakin sulit mencari suku cadangnya dan resiko semakin besar.


  • Penentuan Premi

Langkah berikutnya adalah proses penentuan besaran premi. Pada umumnya besar premi asuransi untuk mobil bekas lebih besar dibandingkan dengan mobil baru. Hal ini tentunya karena faktor resiko yang lebih besar pula dibanding mobil yang masih baru dan belum banyak digunakan.


Model lama dari sebuah mobil juga sangat mempengaruhi karena akan membuat suku cadang sulit untuk dicari. Selain dari segi kondisi mobil, besar premi juga ditentukan dari peruntukan mobil, apakah akan digunakan untuk sewa/taksi online atau digunakan untuk kegunaan pribadi. 


  • Kasus balik nama

Apabila kamu membeli mobil bekas dengan status kredit atau pindah kredit, kamu juga harus mengurus kasus balik nama asuransi yang sudah terdaftar sebelumnya. 


  • Serah terima dokumen dan penandatanganan kontrak

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah dengan menyerahkan dokumen yang dibutuhkan oleh perusahaan asuransi seperti KTP, KK, STNK, BPKB, foto kendaraan, dsbnya. Kamu juga perlu menerima beberapa dokumen seperti bukti penyerahan kepada pihak asuransi sebagai tanda terima yang sah.


Setelah dokumen diproses, maka akan ada proses penandatangan kontrak yang perlu kamu pahami dan teliti lebih lanjut terkait pasal-pasal yang ada pada kontrak tersebut. Banyak orang yang merasa tertipu oleh asuransi padahal mereka sendiri tidak membaca klausul demi klausul secara teliti.


Kamu juga bisa menanyakan lebih lanjut kepada pihak asuransi apabila ada pasal yang tidak kamu mengerti dan cenderung beresiko salah tafsir. Setelah kamu setuju dengan isi kontrak tersebut, kamu dapat melakukan penandatanganan kontrak dan dilanjutkan dengan pembayaran premi. 


Nah, itulah hal-hal yang perlu kamu perhatikan dan ikuti dengan baik ketika kamu mendaftarkan mobil bekas yang kamu beli ke produk asuransi mobil. Jangan sampai kamu salah langkah ya dalam memproses pendaftaran asuransi!


Baca Juga

Asuransi dalam Perencanaan Keuangan Keluarga

Pentingnya Kemampuan Berkomunikasi di Dunia Kerja

Pemanfaatan Software pada Sistem Keamanan Gedung







Tidak ada komentar

Posting Komentar