5 Ide Kegiatan Liburan Seru di Rumah

Hallo moms, anak-anak sudah mulai libur akhir semester ya? Kalau biasanya merencanakan pergi ke luar kota, mungkin tahun ini masih seperti tahun lalu harus sabar menghabiskan waktu di rumah untuk mencegah penyebaran virus. Walau begitu ada banyak kegiatan menyenangkan bisa dilakukan lho! 

Anak tak hanya suka dengan jenis kegiatannya, mereka akan bahagia jika dilakukan bersama seluruh anggota keluarga. Berikut adalah beberapa ide kegiatan untuk mengisi liburan

1. Berkebun

Diyakini berkebun memiliki berbagai manfaat bagi fisik dan mental antara lain meningkatkan daya tahan tubuh, membersihkan udara, aktivitas fisik yang baik, mengusir rasa jenuh dan stres, fungsi otak yang lebih baik, dan lain sebagainya. Moms dapat memilih bibit tanaman obat keluarga atau tanaman yang buahnya disukai anak-anak untuk dirawat. 

Nanti jika berhasil tumbuh dan berbuah manis, mereka pasti bangga dengan kerja kerasnya. Bayam, kangkung, buncis adalah contoh sayur yang cepat panen dan relatih mudah. Di toko online sudah ada pula, paket berkebun yang kids friendly dengan harga terjangkau. 

Ide Kegiatan Liburan

2. Memasak Bersama

Kegiatan ini dapat meningkatkan bonding antara orang tua dan anak. Pilih resep yang mudah dikerjakan bersama dan disuka keluarga seperti kue donat, pizza, burger, oreo milkshake, milo pancake. 

Sekarang kelas memasak anak juga mudah ditemukan di social media. Beberapa dilaksanakan online lewat zoom yang artinya moms dapat sekalian membantu. Anak diajarkan percaya diri dan berproses dalam memasak bersama. Manfaat lainnya yaitu mengasah kreativitas, mendorong kemampuan bekerjasama dengan tim serta menciptakan kenangan indah. 

Ide liburan seru

3. Membuat Kerajinan Tangan

Punya banyak barang bekas? Mungkin kegiatan membuat kerajinan tangan saat liburan bersama anak bisa dilakukan. Selain menyelesaikan masalah sampah dan melatih kreativitas, siapa tau saat masuk sekolah anak tertarik menjual hasilnya pada teman-teman. 

Pasti dia akan senang sekali mendapat uang jajan tambahan dari jerih payah sendiri. Hingga dia akan lebih semangat mencari ide lain yang produktif. Di YouTube maupun Google sudah tersedia ratusan tutorial yang dapat diikuti sesuai alat dan bahan. 

Kerajinan tangan

4. Renovasi Rumah Sederhana

Setelah libur, harapannya anak akan kembali segar dalam menerima materi pelajaran. Namun, bagaimana jika mereka ternyata bosan dengan suasana rumah yang sama? 

Ide menarik kalau liburan digunakan untuk mengubah tata letak perabot atau mengganti cat kamar anak supaya ada nuansa baru sehingga mereka gembira belajar di ruangannya. Tak perlu mahal, asal dikerjakan bersama supaya anak terbiasa bergotong royong di manapun berada. 

Beberapa hari ini, keluarga kami suka main game online di website solitaire.org. Pernah tau solitaire kan? Itu lho game kartu mengurutkan dari kartu king sampai as. Biasanya ada di komputer atau laptop. Tapi karena solitaire.org berupa website jadi dari smartphone juga bisa diakses. 

Tidak hanya permainan kartu, solitaire.org menyediakan aneka game lain seperti hidden object, mahjong, logic puzzle game, word game dan lainnya. Dua favorit kami yaitu hidden object dan match 3 games. 

Hidden Object Game

Permainan ini melatih ketelitian karena harus mencari benda hilang diantara banyak objek. Ada banyak atmosphere yang bisa dipilih. Paling kusuka yang hidden kitchen. Mencari peralatan dapur kecil yang berserakan. 

Tiap atmosphere terdiri dari 10 level. Kalau benar-benar kesulitan, tersedia hint juga buat bantu menemukan jawaban. 

Game online

Match 3 Games

Tipe permainan yang cocok untuk penghilang stres karena mudah, yaitu mengelompokkan item sama dalam satu baris. Tersedia 6 tema permainan. Salah satunya sangat legendaris dan mungkin kalian pernah memainkannya yaitu zuma ball


Website solitaire.org memiliki aneka kelebihan, selain permainan beragam juga tak memerlukan aplikasi khusus untuk diinstal. Sewaktu-waktu kalian mau main, kalian dapat mengunjungi webnya lewat laptop maupun smartphone. 

Jika website game lain loadingnya lama, pengalaman saya dengan solitaire.org buka pakai Wi-Fi amat cepat. Hanya butuh waktu 5-15 detik. Jika belum juga terbuka kalian dapat merefresh. 

Demikian referensi ide kegiatan dari keluarga kami. Semoga bermanfaat. Selamat liburan, moms. 

Baca juga
Mama's Choice Hair and Body Wash

1 komentar

  1. Poin nomer 5 tuh aq banget mbak, kalo lagi libur aq dan anak2 suka main game online juga tapi gak suka permainan yang berat2, aq sukanya main game jadul gitu

    BalasHapus