Ide Perayaan 17 Agustus, Tetap Meriah Meskipun di Rumah Aja


Tidak seperti tahun tahun sebelumnya, kemerdekaan Indonesia tahun ini harus kembali dirayakan secara virtual. Karena pandemi dan kembali melonjaknya kasus harian penularan virus corona, setiap penduduk Indonesia dihimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan menghindari kerumunan.


Meskipun begitu, jangan biarkan hal ini memadamkan semangat kemerdekaan kita! Biarpun terhalang jarak, kamu tetap bisa menyemarakkan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76, lho! Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini adalah ide dan cara seru perayaan 17 Agustus bersama keluarga dan orang terdekat.


  1. Merayakan bulan kemerdekaan melalui Rumah Digital Indonesia

Dalam rangka perayaan 17 Agustus sebagai hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia, pemerintah meluncurkan Rumah Digital Indonesia, sebuah platform digital yang berisi beragam acara seru khas lomba-lomba yang biasa diadakan di bulan Agustus. Berkat platform ini, seluruh masyarakat Indonesia tetap bisa berpartisipasi dalam memeriahkan bulan kemerdekaan secara virtual. 


Melalui situs web rumah digital indonesia.id, pengunjung laman ini dapat mengikuti bermacam-macam lomba 17-an seperti lomba balap karung, makan kerupuk, tarik tambang, hingga panjat pinang. Lebih menariknya lagi, laman ini dilengkapi dengan konsep 360° virtual view dengan latar Taman Monumen Nasional di Jakarta. 


Tidak hanya itu, terdapat Ruang Literasi Digital, Pasar Lokal yang menawarkan pernak pernik ciri khas daerah-daerah di Indonesia, Petualangan Nusantara & Wajah Indonesia, sampai Panggung Nasional. Asyik sekali bukan? Yuk mampir ke Rumah Digital Indonesia! Eksklusif hingga akhir bulan Agustus.


  1. Nonton upacara bendera 17 Agustus 

Mengikuti upacara pengibaran dan penurunan bendera merah putih adalah kegiatan yang identik dilakukan pada tanggal 17 Agustus, bahkan merupakan kegiatan yang wajib diikuti bagi yang masih bersekolah dan beberapa golongan tertentu. Dalam situasi yang mengharuskan kita untuk tetap di rumah saja, kamu tetap bisa mengikuti upacara hari kemerdekaan lho! Kamu hanya perlu menyalakan TV di rumah atau streaming di Youtube untuk menyaksikan tayangan langsung dari Istana Negara di pagi dan sore hari. Agar suasana kemerdekaan lebih terasa, jangan lupa mengibarkan bendera merah putih di depan rumah, ya!


  1. Melakukan kegiatan kreatif bersama keluarga

Meskipun merayakan kemerdekaan dalam secara social distancing, kamu tetap bisa membuat perayaan 17 Agustus terasa lebih meriah. Kamu bisa mengajak anggota keluarga untuk melakukan kegiatan kreatif seperti mengadakan lomba berkreasi dengan barang daur ulang, menggambar dan melukis gambar pahlawan, atau mendekor rumah dengan perabot dan pernak pernik serba merah putih warna kemerdekaan. Sebagai contoh, kamu bisa mengganti taplak meja dan gorden rumah menjadi warna merah putih atau mengisi vas bunga di ruang tamu dengan bunga berwarna merah dan putih. Sangat simple dan tentunya aman karena di rumah aja!


  1. Lomba kecil-kecilan 

Opsi lain dari perayaan 17 Agustus di rumah adalah dengan menggelar lomba kecil-kecilan di rumah bersama anggota keluarga. Kamu bisa mengadakan perlombaan sederhana namun tetap seru yang bisa dilakukan di halaman rumah maupun di dalam rumah seperti lomba makan kerupuk, sambung lagu daerah dan lagu nasional, kuis kebangsaan, lomba memasak, foto selfie, hingga lomba menyanyi. Tidak hanya bisa diikuti oleh anggota keluarga serumah, lomba kecil-kecilan ini bisa diikuti oleh keluarga besar dan teman teman jika dilaksanakan secara virtual. 


  1. Foto bareng keluarga

Selain melakukan berbagai kegiatan seru yang telah disebutkan. Masih ada ide perayaan 17 Agustus lainnya seperti foto bersama keluarga. Meskipun terkesan sederhana, tapi pastinya akan sangat seru untuk memadukan pakaian serba merah putih kompak dengan keluarga. Agar lebih meriah, kamu bisa menambahkan properti dan dekorasi bertemakan kemerdekaan untuk berfoto. Kamu bisa mencoba berbagai macam gaya foto dan bebas berekspresi mulai dari foto serius semacam outfit of the day edisi kemerdekaan, hingga foto lucu-lucuan! Setelah berfoto, jangan lupa untuk mengunggahnya di akun media sosial milik kamu. Kamu juga bisa mengajak teman-temanmu untuk berpartisipasi dan berkolaborasi agar lebih meriah lagi. 


  1. Nonton bareng film Indonesia

Setelah seharian melakukan aktivitas menyenangkan bersama keluarga, kamu bisa menutup rangkaian perayaan 17 Agustus dengan menonton film Indonesia. Untuk kamu yang merayakan sendiri, ide ini sangat cocok karena kamu bisa marathon menonton film Indonesia dari pagi hingga petang. Film-film lokal Indonesia kini dapat dinikmati di platform streaming seperti Netflix. Film-film lokal tersebut terdiri dari bermacam-macam genre sehingga kamu dapat menyesuaikannya dengan seleramu. Dalam suasana kemerdekaan, tentunya akan lebih menyenangkan apabila menonton film biografi tokoh-tokoh Indonesia atau film Indonesia yang dapat memupuk rasa semangat dan cinta tanah air seperti Laskar Pelangi, Garuda di Dadaku, dan masih banyak lagi. 


PermataME adalah produk tabungan dari PermataBank yang didesain untuk memenuhi kebutuhan anak muda masa kini. Tabungan yang mendukung gaya hidup kekinian ini tentunya memiliki proses pengajuan rekening online yang cepat, mudah, dan dapat dilakukan secara online melalui aplikasi mobile banking, sangat cocok untuk anak muda yang anti ribet!


Nasabah PermataME juga bisa mendapatkan cashback 10% setiap transaksi transportasi online, cashback 20% saat belanja online, dan cashback 30% untuk transaksi ngopi dan nonton. Selain itu, keuntungan lain yang dapat dinikmati adalah promo eksklusif dari merchant-merchant ternama serta kartu debit PermataME yang di desain sangat eksklusif bagi seluruh nasabah PermataME.


Kelebihan lain dari jenis tabungan ini adalah gratis biaya tarik tunai di seluruh ATM dalam maupun luar negeri berlogo VISA/PLUS untuk saldo sebelum transaksi minimal Rp 1 juta. Pengguna tabungan PermataME juga dibebaskan biaya transfer online via PermataMobile X, PermataNet, dan ATM. Tidak hanya itu, tabungan PermataME juga dilengkapi dengan tawaran gratis biaya administrasi bulanan dan gratis biaya kartu per bulan, hanya dikenakan fall below fee sebesar Rp 5.000 jika saldo rata-rata bulanan di bawah Rp 1.000.000. 


PermataBank menawarkan berbagai manfaat dalam satu jenis tabungan PermataME. Produk ini secara khusus didesain untuk milenial menabung sekaligus tetap mendapatkan manfaat untuk gaya hidup mereka. Menggunakan PermataMobile X, nasabah tabungan ini juga akan merasakan kepraktisan dan all in one karena dilengkapi dengan fasilitas lain seperti pembayaran rekening online, investasi, maupun pengajuan pinjaman KTA.


Lebih mudahnya lagi, semua aktivitas perbankan nasabah PermataME dapat dilakukan melalui aplikasi PermataMobile X yang dapat dengan mudah diunduh di google play store bagi pengguna android dan app store bagi pengguna iOS. Sudah saatnya juga untuk kamu merdeka secara finansial. Yuk, rayakan 17 Agustus yang kekinian versi kamu bersama PermataME. Daftar sekarang juga!




Anak membawa bendera


       

Tidak ada komentar

Posting Komentar